Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & Trik

Motor Korekan Spek Harian Touring Bisa Tetap Aman

Korek mesin motor sudah menjadi hobby mulai untuk penggunaan harian, touring bahkan balap. Banyak kegunaan dari meningkatkan performa sang tunggangan, yang paling sederhana adalah sebagai penyemangat untuk “berduaan” di akhir pekan. Berikut beberapa tips motor korekan atau balap yang bisa diterapkan di motor harian. Selain kencang, mesin pun aman dan sehat. Budgetnya relatif lebih murah.

 

1. Menata Deck Clearances Motor Korekan

deck clearances motor korek spek harian touring

Penataan permukaan piston terhadap atap silinder blok menjadi sangat krusial setelah proses pencarian kompresi ideal. Posisi mendem piston untuk spek harian maksimal 0,8mm dari atap silinder. Nggak boleh lebih kecil dari nilai tersebut biar seher nggak nabrak silinder head

Begitu pula saat menata deck clearances jangan mengandalkan paking blok bawah yang berlapis, maksimal 1 lapis. Ini untuk menghindari kondisi paking yang makin gepeng, alhasil seher jadi makin mepet dan rawan nabrak head.

Deck clearances ini berguna biar nggak gampang detonasi (pre-ignition). Istilah ini terjadi karena bahan bakar terkompres dan meledak sebelum busi menyala. Namun sebaliknya, clearances nggak boleh lebih dari 1,5mm, sebab ini juga akan mempengaruhi rasio kompresi.

Deck clearances yang aman akan memberi ketentraman hati ketika motor korekan diajak touring. Pemuaian dan sisa kerak pembakaran nggak terlalu mereduksi performa mesin nantinya.

 

2. Membentuk Piston, dan Atur Gap Ring

dome piston jenong
Piston jenong dengan profil coakan klep

Bentukan desain dome (kubah) piston yang baik adalah hemi-sphere. Profil ini mencerminkan bentuk kubah ruang bakar, agar densitas bahan bakar tersebar merata saat akan diledakkan. Namun, untuk motor korek harian sebisa mungkin tinggi dome piston nggak dipaksakan untuk lebih dari 2mm.

Untuk coakan klep atau relief pada piston harus presisi menampung bukaan klep pada saat proses overlaping (pembilasan). Jarak bebas klep saat overlap terhadap kedalaman coakan piston minimal 2mm untuk motor korek harian. Berjaga-jaga apabila klep sedikit terlambat menutup atau floating pada saat high RPM.

 

Bonus :

celah gap ring piston mesin motor korekan
Celah ring piston kompresi sebesar 0.18mm

Masih seputar piston, celah alias gap ring piston yang baik juga berpengaruh pada performa, terutama suhu yang dihasilkan. Untuk mesin yang kompresinya nggak terlalu tinggi sebaiknya gap ring kompresi ditata agar nggak lebih besar dari 0,15mm. Antara dinding liner dan ekor piston pun musti dikasih celah kurang lebih 0,3 – 0,4mm. Jadi ketika menerima hasil kolter, gerak piston dari TMB ke TMA harus lancar dengan gap ring yang relatif rapat.

 

Ring Piston Motor, Dari Fungsi Hingga Tanda Kerusakan

 

3. Ukur Kompresi Mesin Motor Korekan

Wajib hukumnya meskipun budget nggak memungkinkan untuk dilakukan porting, menghitung kompresi ideal harus dilakukan. Tujuannya untuk mengetahui bahan bakar apa yang nantinya bisa diisikan ke tangki BBM. Jangan sampai mesin korekan dengan kompresi 15:1 dipaksa minum premium, atau justru mau bikin mesin balap kompresinya 10:1 dikasih avgas. Ya meskipun bisa saja motornya dikasih judul balap dengan bahan bakar premium, asal patokan kompresinya sesuai oktan

mengukur rasio kompresi mesin motor korekan
Pengukuran rasio kompresi mesin dengan buret (flat piston)

Caranya, buka kepala silinder dan pastikan piston berada di TMA, lapisi celah piston dengan liner silinder pakai gemuk/grease. Tujuannya, agar cairan nggak tembus atau mengalir ke crankcase dan cairan tetap berada di ruang bakar. Jangan tertinggal, lapisi juga bagian klep in dan ex. Lalu isikan cairan atau bisa pakai bensin dengan suntikan maupun buret melalui lubang busi saat TMA. Lalu hasilnya (banyaknya cairan yang disuntikkan) dikurangi 0,8cc untuk mereduksi hitungan yang mengisi lubang busi. Yang terakhir, hasil tersebut baru bisa dipakai untuk perhitungan dengan rumus kompresi sederhana.

 

      Rk = Vs / (Vk – Vb) + 1

 

Vk: volume cairan terpakai

Vb: volume derat busi

Vs: volume silinder

Rk: rasio kompresi

 

Misal, diketahui Vk = 15 cc. Vb = 0,6 cc.

Vs = 150 cc. Dengan rumus di atas.

 

Rk = 150 / (15 – 0,6) + 1 

         150 / 14,4 + 1

      = 11.416666666666666666666666666667

 

Jadi, rasio kompresi 11,4 : 1

 

Untuk harian mantap kompresi segini aja sudah lumayan. Nah, kompresi yang terlalu rendah atau yang terlampau tinggi bisa diatur ke rentang 11-12 : 1 saja sudah josss.

Oktan Bensin (Angka RON) Yang Sesuai Kompresi Mesin Itu Penting!

 

Sebenarnya, ada satu metode hitung kompresi yang lebih akurat. Tapi nanti ya, gue jelasin caranya di channel YouTube Belipart. Subscribe aja dulu!

 

4. Setting Basah

Setingan karburator atau injektor yang setingkat lebih basah akan memberi reliabilitas lebih pada performa mesin. Bisa menggunakan main jet setingkat lebih besar atau injektor yang satu level lebih banyak lubangnya. Tujuannya agar densitas campuran bahan bakar dan udara lebih padat sehingga ledakan juga makin besar. Indikator terlalu boros atau nggaknya, bisa kalian lihat di ujung elektroda busi. Hasil pembakaran yang pas bisa perhatikan warna busi yang merah kecoklatan. 

Karburator PE 28 motor korekan Satria FU Bore up

Apabila dibandingkan dengan setingan kering yang menyebabkan elektroda berwarna keabu-abuan yang bikin mesin jadi cepat panas. Jika settingan terlalu kering, akibatnya piston bisa macet pada liner karena memuai. 

 

5. Pir Klep yang Lebih Keras Mencegah Floating

klep floating valve
Ilustrasi klep floating (ngambang) karena momentum tumbukan lobe noken as

Tugas komponen yang satu ini memang sepele, mengembalikan posisi klep pada dudukan semula. Namun yang perlu dijadikan fokus adalah kecepatan klep untuk kembali ke posisi awal. Sebab bila sang per klep gagal atau terlambat mengembalikan klep, piston akan dengan mudah menabrak payung klep. Apalagi saat mesin berkitir di RPM tinggi, kemungkinan mesin motor korekan untuk jebol juga makin besar.

Caranya menanganinya simpel, yaitu dengan mengganti per klep atau katup dengan yang lebih keras. Selain meminimalisir terjadinya valve floating, dengan ganti per lebih keras, mesin juga mampu berkitir lebih tinggi dari sebelumnya.

 

6. Tambahan : Oli Mesin Berkualitas

ganti oli lebih encer

Karena fungsi oli selain sebagai pelicin antara benda-benda yang bergesekan juga berfungsi sebagai pendingin. Kualitas oli yang bagus akan membuat daya tahan mesin lebih optimal meski sering dipacu. Banyak perdebatan tentang kualitas oli, dan nggak ada yang perlu diperdebatkan masalah itu. Patokan sederhana, merk apa yang lolos uji atau sering dipakai balap akan memiliki kualitas lebih baik. Yang perlu diingat, perhatikan usia pakai oli mesin! Pada mesin korek harian, interval penggantian oli akan sangat mungkin jadi lebih singkat dibanding rekomendasi pabrikan.

 

Kelebihan & Kekurangan, Ini Perbedaan Oli Mineral Dan Sintetik!

Youtube Belipart