Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
aliran modifikasi motor custom
Modifikasi

5 Aliran Modifikasi Motor Klasik Cocok Jadi Inspirasi

Tren modifikasi motor tahun ini bisa “diterawang” nggak bakal jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Tren modifikasi di tahun ini masih akan dihiasi dengan aliran klasik. Aliran klasik ini dinilai sebagai salah satu aliran modifikasi yang nggak bakal sepi. Selain mudah mencari referensi, aliran modifikasi klasik ini juga mudah untuk membeli spare part-nya. Mengapa modifikasi motor aliran klasik ini bakal tetap ngetren? Representasi sebuah motor modifikasi dianggap sebagai hal penting bagi para pemilik kendaraan ini.

Berikut adalah beberapa macam aliran modifikasi klasik yang bisa kalian jadikan referensi.

 

Aliran Modifikasi Chopper Klasik

motor custom chopper klasik presiden jokowi

Motor modifikasi bergaya Chopper adalah jenis aliran modifikasi yang muncul pertama kali di California, Amerika Serikat. Aliran ini muncul pada akhir 1950-an. Aliran modifikasi Chopper ini mungkin yang paling ekstrim dari semua motor modifikasi. Untuk modifikasi jenis ini bisa dibuat dari sepeda motor asli yang diubah atau dibangun dari awal, mulai dari chassis hingga bodi logamnya.

Beberapa karakteristik Chopper adalah bagian ujung depan yang panjang dengan garpu yang juga diperpanjang. Selain melihat bagian suspensi depan yang panjang, aliran Chopper ini memiliki bagian belakang yang pendek. Biasanya ban belakangnya besar, dan cenderung ceper. 

 

Konsep Motor Bobber

motor custom bobber

Aliran Bobber ini awalnya disebut ‘bob-job’ di tahun 1930-an sampai 1990-an. Konstruksi khas dari Bobber ini adalah pengurangan beberapa bagian yang ada di motor. Biasanya ada beberapa bagian yang dikurangi untuk mendapatkan tampilan Bobber ini sehingga tampil agak trondol. Salah satu cara membentuk Bobber adalah dengan memperpendek fender depan dan belakang.

Pemotongan ini biasanya disebut ‘bobbed’ (seperti di bob-tail). Dan semua bagian yang berlebihan dihapus untuk mengurangi beratnya. Aliran Bobber ini cukup mudah diidentifikasi. Karena aliran ini nggak memiliki bagian spatbor di bagian belakang. Posisi setang juga tak terlalu tinggi, sehingga masih nyaman dikendarai.

 

Scrambler, Aliran Modifikasi Motor Penggaruk Tanah

aliran modifikasi scrambler klasik

Gaya modifikasi Scrambler bisa dibilang nggak jauh berbeda dibanding dengan flat tracker. Hanya saja, scrambler ini biasanya memiliki khas yakni di bagian knalpot. Jika flat tracker memiliki desain knalpot yang standar, scrambler memiliki letak knalpot lebih sedikit ke atas. Bentuk knalpot ini biasanya sedikit memutar ke atas dan sejajar dengan jok.

Jok di bagian tengah dibuat rata satu garis lurus dengan tangki. Ciri lain dari motor ini adalah penggunaan ban radial atau ban pacul. Scrambler ini juga kerap digunakan sebagai motor balap di lintasan trek tanah. Pastinya motor ini bakal lebih asyik digeber di trek offroad.

 

Baca juga : Harley Yang Menyalahi Kodrat Modif Aliran Scrambler

 

Aliran Modifikasi Flat Tracker

flat tracker motor modifikasi

Flat tracker saat ini menjadi salah satu gaya modifikasi yang cukup digemari beberapa tahun belakangan. Selain punya tampilan sporty, flat tracker juga sangat bisa dihandalkan buat melibas segala medan. Gaya modifikasi flat tracker ini sebenarnya menganut gaya sepeda motor balap di era 1960-an.

Pada tahun tersebut, banyak orang yang melakukan balapan di lahan yang terbatas. Seperti tanah, pantai berpasir dan jalan bergelombang. Secara tampilan, motor ini punya tampilan yang nggak terlalu mencolok. Karena jika dilihat sepintas masih mirip dengan motor sport yang ada saat ini. Hanya saja, flat tracker ini memakai ban traksi untuk digunakan di trek tanah.

Selain itu, di bagian depan juga memakai tameng yang diratakan tanpa memakai lampu. Di bagian belakang, buntutnya serupa dengan cafe racer. Hanya saja buntut dari flat tracker ini terlihat lebih mengotak dan rata dengan jok. Setang yang digunakan pada gaya modifikasi ini mirip dengan setang gaya Bobber.

 

Baca juga : Megapro Lawas Buat Bahan Modif Tracker, Siap Budget Minim!

 

Cafe Racer Ala Motor Balap

aliran modifikasi cafe racer

Gaya modifikasi yang satu ini juga menjadi salah satu aliran yang digemari. Tampilannya keren, gagah, macho dan sporty. Untuk membuat sepeda motor menjadi cafe racer biasanya memakai basis dari sepeda motor sport. Atau sepeda motor yang menggunakan tangki di bagian depan. Tapi, beberapa orang pernah membuat motor bebek dan matik menjadi gaya cafe racer.

Desain cafe racer sendiri berasal dari sepeda motor balap di tahun 1960-an. Pembalap ini kerap ‘nongkrong’ di cafe buat pamer motor miliknya. Cafe racer biasanya memakai setang jepit yang diposisikan rendah. Selain untuk posisi duduk di kecepatan tinggi, setang rendah ini juga menandakan sebagai motor balap. Di bagian belakang inilah yang menjadi ciri khas dari cafe racer. Cafe racer memiliki ekor yang dibentuk seperti buntut tawon atau lebah. Desain ini memang sengaja dibuat demikian karena motor ini memang dibikin khusus jomblo, sob.

Youtube Belipart