Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
hal yang bisa dilakukan bikers saat work from home
Tips & TrikUmum

5 Hal Yang Bisa Bikers Lakukan Saat Work From Home

Hai Sobat Bikers,, sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya Kita mendukung kebijakan Pemerintah untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Meskipun #dirumahaja pastinya bikin bosen dan bete, nyatanya masih banyak hal yang bisa kalian lakukan sama motor kesayangan di rumah. Misalnya nyuci motor, biar motor juga lebih steril dari virus corona. Dan nggak cuma itu yang bisa kalian lakukan untuk mengusir rasa bosan di rumah. Di bawah ini sudah ada 5 hal yang bisa bikers lakukan saat work from home. Buruan cek!

 

1. Perlu Manasin Motor Saat Work From Home

kick starter motor matic ngelos

Meski terdengar sepele, banyak orang beranggapan kalau manasin motor sekarang sudah nggak perlu lagi. Terlebih motor dengan teknologi fuel injection zaman sekarang yang bisa “adaptasi” meski kondisi mesin baru dihidupkan. Tapi dengan kondisi saat ini, manasin motor justru sangat penting buat motor injeksi yang jarang dipakai selama WFH. Hal ini diperlukan biar kinerja mesin saat pertama kali dihidupkan tetap optimal.

Biasanya, motor jenis apapun kalau lama nggak dipanasin akibatnya aki motor jadi tekor. Selain motor nggak bisa distarter secara elektrik, kelistrikan motor juga bisa terganggu loh. Ini dikarenakan aliran listrik yang dari aki kurang dari 12 volt (tegangan minimal sesuai rekomendasi). Sebab motor injeksi memerlukan daya yang cukup untuk inisiasi lampu speedometer, fuel meter, fuel pump dan mengaktifkan ECU. Bayangin aja sob, tegangan aki yang sudah lemah dipakai untuk mengaktifkan beberapa instrumen tersebut. Alhasil, listrik yang masuk ke ECU juga nggak genap 12 volt. Lama kelamaan hal ini ditakutkan bakal merusak ECU motor kalian. Serem!

 

2. Cek Tegangan Rantai

setel kekencangan rantai

Setelah motor tiap hari digunakan untuk mobilitas, kesempatan #dirumahaja bisa digunakan untuk perhatikan kondisi motor kalian. Salah satunya rantai dan gir. Mumpung motor lagi nganggur dan nggak kemana-mana, mending diperiksa aja bagian ini. Syukur kalau kondisi fisik rantai dan gir masih bagus, kalian bisa setel lagi ketegangan rantainya biar makin awet.

Jarak bebas rantai bisa naik turun biasanya berkisar 2-3 Cm. Kalau lebih dari itu, kalian bisa kendurkan sedikit baut as roda biar setelan rantai bisa dengan mudah disetting. Lalu, silahkan setel mur pengunci di bagian setelan rantai sebelah kiri dulu hingga dirasa ketegangan rantai sudah pas. Perhatikan garis-garis yang ada pada swing arm (tepat di atas baut as roda), ingat-ingat posisi di garis keberapa agar setingan sebelah kanan disesuaikan dengan garis yang sama. Ini diupayakan agar ban belakang bisa center dan rantai serta gir bisa awet.

Begini Cara Terbaik Merawat Rantai Motor Dengan Mudah

(catatan : beberapa motor nggak pakai setelan rantai model baut) seperti Yamaha Vixion atau MX-King yang gunakan setelan rantai model lingkaran. Dan tentu motor matic, karena nggak punya rantai.

 

3. Ganti Oli Motor

jalur pembuangan oli mesin

Social distancing dengan work from home memang mengharuskan Kita untuk menjaga jarak dengan orang lain. Yang mana ini sangat susah sekali dilakukan jika kalian pergi ke bengkel untuk mengganti oli. Yang namanya bengkel atau tempat umum sangat berpotensi terjadi kontak dengan virus ini, sob. Mending kalau mau ganti oli, kalian lakukan dirumah saja. Demi meminimalisir penularan COVID-19 ini, ya.

Cara ganti oli sebenarnya cukup simple, kok. Kalian tinggal siapkan wadah buat penampung oli bekasnya dan kunci untuk buka baut tap oli. Pertama, parkir motor dengan posisi standar tengah lalu buka baut tap oli di bagian bawah mesin, biasanya pakai kunci ukuran 12, 14 atau 16 (untuk motor keluaran lama). Lalu tiriskan oli sampai benar-benar habis, kalian bisa memiringkan motor ke kanan dan kiri biar semua sisa oli keluar. Kedua, tutup baut tap oli dan pastikan kencang. Kemudian yang terakhir buka tutup inlet oli pakai tang lalu tuang oli baru hingga tutup kembali inlet oli dengan kencang.

 

4. Nyuci Motor Buat Luruhkan Virus

nyuci motor di rumah saat work from home

Nggak cuma tangan aja yang butuh dicuci bor! Setelah berkelana mengarungi jalanan, sudah saatnya motor kesayangan dicuci segera. Apalagi musim pandemi seperti saat ini, motor perlu dibersihkan secara rutin selagi kalian ada dirumah. Sobat bisa mencuci motor saat work from home kayak gini, agar kotoran lumpur atau virus luruh bersama air. Jangan coba-coba menyemprotkan hand sanitizer (yang berbasis alkohol) pada motor kalau nggak mau warna cat jadi belang. Hal tersebut secara nggak sengaja terjadi pada motor Beat gue, sob. Kronologi yang konyol bikin malu kalau diceritain. Wkwk.

 

Nyuci Motor Cara Pintar Dengan Beberapa Hal Ini

 

5. Poles Bodi Mengisi Kebosanan Karena Work From Home

perawatan bodi motor agar lebih mengkilap

Kalau di salon mobil, setelah dicuci biasanya bakal dipoles bodinya biar makin kinclong. Nggak ada salahnya hal ini kalian lakukan pada motor kalian, sob. Sehabis dicuci bersih, pastikan motor sudah kering sempurna tanpa meninggalkan air sama sekali. Lalu, lakukan pemolesan dengan wax atau obat poles khusus bodi plastik, nggak bisa pakai sembarang wax apalagi kompon. Sebab obat poles atau kompon buat bodi mobil biasanya lebih abrasif (kasar), bisa-bisa cat motor kalian jadi gundul dan berakhir makin pudar.

Detailing Bodi Motor Sendiri Hasilnya Nggak Kalah Kinclong

Cara poles bodi memang gampang-gampang susah, pemolesan harus benar merata keseluruh bagian bodi. Alat untuk memoles pun harus dengan kain micro-fiber agar hasilnya maksimal. Nggak punya wax atau obat poles? Pakai aja pasta gigi. Yup, pasta gigi alias odol ini cukup efektif buat menghilangkan noda bandel ataupun baret cat yang menempel.

Youtube Belipart