Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kebiasaan buruk bikers saat musim hujan
Edukasi

5 Kebiasaan Buruk Bikers Saat Musim Hujan

Apapun musimnya, berkendara dengan motor harus selalu waspada di jalan raya. Keselamatan harus menjadi prioritas saat berkendara. Apalagi saat musim hujan, kewaspadaan harus ekstra agar sobat tetap safety riding. Bikers nggak boleh terjebak sama kebiasaan sepele tapi bisa bikin bahaya. Kenyatanya masih banyak kebiasaan-kebiasaan salah yang tetap dilakukan oleh bikers saat musim hujan. Apa aja sih? Berikut ini hal-hal yang harus Sobat Bikers perhatikan!

 

  1. Kebiasaan Sepele Bikers Saat Memilih Jas Hujan

Nggak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya sering kalian jumpai kalau pengendara motor lebih memilih jas hujan warna gelap. Mereka malu untuk pakai jas hujan warna terang apalagi buat bikers cowok. Nggak banget ya! Padahal semakin ngejreng semakin baik lho, ya minimal bagian punggung bisa memantulkan cahaya. Sekarang, kebanyaakan jas hujan cuma bagian setrip yang bisa memantul tapi tetap saja kurang. Percayalah, warna mencolok bisa mempermudah untuk dilihat pemakai jalan lain saat musim hujan.

 

  1. Mantel Jas Hujan One Piece

jas hujan model ponco membahayakan pengendara

Varian mantel hujan saat ini cukup beragam. Namun, varian one piece masih banyak juga dijual dan dibeli oleh biker. Padahal mantel jenis one piece atau ponco ini sangat rawan terbelit jeruji ban atau rantai. Bahkan kalau kena angin, mantel one piece bisa berkibar-kibar dan tersangkut ke pengendara sepeda motor lain. Kalau nggak orang yang sobat bonceng di belakang bisa kena sabet. Pedih! Kebiasaan buruk bikers yang satu ini sebaiknya dihilangkan, sob. Makanya sangat disarankan kalau kalian pakai jas hujan model jas dan celana.

 

  1. Kebiasaan Bikers Pakai Sandal Jepit

Kesan praktis acap kali muncul dari pengendara sepeda motor yang pakai sandal, padahal kebiasaan ini relatif berbahaya buat bikers. Beda kalau sobat pakai sepatu bakalan kena cipratan maupun rendaman air. Tapi kalau sobat membiarkan telapak kaki hanya beralasan sandal saat hujan justru bisa berbahaya. Karena kalau terjadi kecelakaan, nggak ada perlindungan preventif bagi anggota tubuh sobat terutama kaki.

Kalian bisa memilih boot yang memiliki hak atau sol yang tebalnya 3 cm dan dirancang khusus supaya potensi terpeleset makin kecil. Sol atau hak inilah yang bakal menahan posisi kaki agar tetap berada di footstep yang juga kondisi permukaannya juga basah. Parahnya lagi, ada juga pengendara motor yang menutupi kakinya dengan plastik.

 

  1. Mengganti Lampu Yang Lebih Terang

Kondisi hujan bakal bikin pengendara kehilangan daya penglihatan. Untuk itu, cahaya dari lampu motor berguna untuk penerangan. Selain itu lampu motor juga berfungsi sebagai sinyal peringatan pada pengendara lain. Warna lampu di kendaraan bermotor tentunya sudah disesuaikan dengan standar keselamatan.

Baca juga : Kalo Dipaksa Memilih, Beli Lampu Halogen Atau LED?

Tapi ada juga pengendara motor yang malah pakai lampu depan warna-warni seperti putih dan biru. Kesannya biar lebih terang saat harus menembus hujan. Lampu warna ini justru bikin silau pengendara motor dari arah berlawanan. Bukan malah pakai lampu depan warna kekuningan yang terbukti mampu menembus saat hujan lebat ketimbang lampu HID warna putih kebiruan. Nah lho!

 

  1. Menambah Atau Mengurangi Tekanan Ban

Kebiasaan bikers yang satu ini bisa terjadi pada bikers yang sok tau soal tekanan angin ban. Biasanya, mengubah setingan tekanan angin ban ini hanya dilakukan saat balap alias dalam sirkuit aja, sob. Itupun dengan ukuran yang pasti dan sudah diperhitungkan. Buat motor harian di jalan raya, tekanan angin pada ban harus sesuai dengan spesifikasi ban.

ban motor sering bocor

Jangan sampai berlebihan, karena justru akan mengurangi traksi dan membuat licin. Tapi sebaliknya, tekanan angin kurang juga berefek dengan tarikan mesin yang lebih berat dan bensin menjadi boros. Selain itu mengurangi tekanan ban bisa mengurangi pattern atau pola kembangan untuk bisa memecah air. Baca artikel sebelumnya tentang aquaplaning, disini sob!

Baca juga : Ban Terbaik Saat Musim Hujan, Hindari Resiko Tergelincir

Gimana sih cara mencari tahu standar tekanan angin pada ban motor? Kalian bisa melihat pada buku manual ataupun stiker yang biasanya ada pada swing arm (motor bebek atau sport) atau bagian bodi.

Youtube Belipart