Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & Trik

5 Menit Periksa Kampas Rem Tromol Tanpa Bongkar

Komponen pengereman tentu saja menjadi hal yang sangat vital ketika motor melaju. Butuh perhatian khusus apabila sistem pengereman sudah lama digunakan atau selama motor terakhir kali diganti kampas rem, khususnya jenis tromol. Wajarnya, masa pakai kampas rem tromol alias brake shoe adalah 10rb KM. Supaya berkendara makin aman, diperlukan pengecekan rutin dan berkala. Cara memeriksanya juga mudah. Kamu cuma butuh 5 menit untuk periksa kampas rem tromol sudah habis atau belum dengan metode ini. 

 

Lihat Indikator Keausan Kampas Rem

cara periksa kampas rem tromol
Kondisi kampas rem (brake shoe) masih tebal

Hal yang paling mudah dilakukan sebelum memutuskan untuk diganti adalah dengan melihat indikator keausan kampas rem. Pada bagian tuas tromol (paha rem). Perhatikan panah batas keausan dari bagian sisi tromol. Biasanya terletak pada tutup tromol untuk motor non matic, dan di sisi gearbox untuk motor matic.

 

Apabila kampas tromol sudah habis, bagian panah bakal mentok ke ujung belakang indikator. Ingat ya, cukup dilihat saja, tanpa perlu direm. 

 

Jika posisi indikator keausan menunjukkan garis didepan atau garis pertama maka kondisi kampas rem masih tebal, jika posisi indikator keausan berada di tengah-tengah antara kedua garis maka keausan kampas rem masih 50% saja. Begitu sebaliknya, indikator keausan berada di garis paling belakang maka kondisi kampas rem sudah habis atau tipis, saatnya diganti baru. 

 

Dengar Bunyi Berisik Mendecit Saat Direm

rem berisik

Gejala kampas tromol sudah habis terkadang akan timbul bunyi mendecit saat melakukan pengereman. Ini karena metal pada kampas rem bergesekan dengan penampang rem alias rumah tromol. Namun, bunyi mendecit macam ini bisa saja cuma karena kotor. Konfirmasikan dengan langsung melihat indikator keausan seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Gampang toh? 

 

Pijakan atau Tuas Rem Terlalu Dalam

Kampas yang sudah habis membuat diameter total menjadi berkurang juga. Alhasil, tuas atau pijakan rem jadi lebih dalam. Feel pengereman juga terasa pakem hanya pada ujung atau akhiran rem.

 

Nah kalau sudah begitu, sebaiknya cepat-cepat diganti baru. Sekarang beli sparepart lebih mudah dan terjamin kualitasnya. STR memberikan jaminan kualitas 100% ke kamu hingga 30 hari. Ada rusak, bakal diganti yang baru.

Youtube Belipart