Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
pelaku yang mendistribusikan ban dalam motor palsu tertangkap, begini cara mengetahuinya
Tips & Trik

Ban Dalam Motor Palsu, Kenali Cirinya Sebelum Membeli

Pagi ini gue iseng nonton TV, judul sinetron drama azab berhasil mencuri perhatian. Dan setelah gue cari-cari di Youtube, ternyata ada “Jenazah Penjual Ban Palsu, Tak Bisa Dikafani dan Makamnya Hilang Ditelan Bumi”. link-nya disini. Seketika bikin ngakak dan akhirnya terinspirasi bikin artikel ini. Sejatinya, ban dalam pada motor ternyata kini perlu diwaspadai nih Sobat Bikers. Sebab ban dalam motor ternyata memang benar ada juga yang palsu nih, sob. Demi mendapatkan keuntungan lebih, para produsen dan penjual culas nekat untuk menjual ban motor palsu. Mereka nggak peduli kalau nantinya konsumen akan rugi berlipat-lipat, bahkan dari segi keselamatan.

azab penjual ban motor palsu

Kalau sudah seperti ini, pasti jadi was-was sendiri. Ya karena sudah mengeluarkan kocek cukup dalam, namun nyatanya ban dalam yang dibeli ternyata palsu sehingga mudah bocor. Tapi, kalian jangan khawatir, ada cara untuk membedakan mana ban dalam motor asli dan yang palsu. Sehingga kalian nantinya nggak gampang tertipu oleh para pedagang nakal.

 

Dari kemasannya, 

kemasan ban asli dan palsu

Sebelum kalian memutuskan untuk membelinya, sebaiknya periksa dulu kondisi luar kemasannya. Nah, kebanyakan merek pada ban dalam asli, semua tulisan yang ada di kemasan pasti dicetak emboss mold alias timbul, sob. Jadi dari kemasan aja kalau diraba sudah pasti berasa ada kontur yang timbul. Hal ini tentu berbeda jauh dengan kemasan yang ada pada ban dalam palsu. Ban dalam abal-abal, semua tulisan pada bungkusnya hanya dicetak biasa saja alias rata tanpa kontur seperti hasil print biasa.

 

Aroma Menjelaskan Ban Dalam Motor Palsu

bau karet yang menyengat

Kemudian, Sobat Bikers bisa merasakan ciri-cirinya dari bau karetnya saja untuk mengetahui ban tersebut asli atau palsu. Untuk ban mereknya ternama, pada umumnya nggak berbau menyengat meski sudah dibuka dari kemasannya. Berbeda dengan ban dalam palsu, pasti mengeluarkan aroma karet nggak sedap dan sangat menyengat. Semua dikarenakan bau kualitas karet yang jelek dan juga campuran bahan kimia pada ban palsu.

 

Mengetahui Ban Motor Palsu Hanya Dengan Dipegang

ban motor asli pasti elastis

Tanda-tanda yang bisa kalian lihat selanjutnya adalah dari fisiknya. Jadi, tarik dengan arah berlawanan dan cobalah untuk mengetahui elastisitas karet ban dalam tersebut. Kalau ban dalam asli, sudah pasti punya sifat elastis dan kelenturan yang bagus. Nah, jika ban dalam sifatnya kaku dan nggak elastis, bisa jadi itu berarti ban motor palsu, boskuh. Sebab bisa jadi juga, ban dalam yang kaku karena memang ban tersebut sudah kadaluarsa.

 

Fisik Punya Perbedaan Mencolok

pentil ban bukan terbuat dari tembaga

Untuk yang terakhir, kalian bisa perhatikan bahan pentilnya. Ya, ujung air valve alias pentil dari ban dalam asli biasanya berbahan tembaga berwarna kuning. Lalu ciri lainnya, di dekat pentil ban biasanya terdapat kode produksi yang berupa H dan pacific. Nah, kalau ban dalam palsu, kalian sudah pasti nggak bakal menemuinya. Pada umumnya, ban palsu punya pentil berbahan besi biasa yang rawan karat dan juga kode produksinya juga asal-asalan.

 

Penyebab Ban Tubeless Bocor Melulu, Ini Masalahnya

 

Nah, jadi itulah beberapa ciri ban motor palsu yang bisa kalian cari perbedaannya dengan sangat mudah. Jadi, sebelum beli ban dalam, alangkah baiknya perhatikan dulu kemasannya (pling gampang). Tapi berbeda cerita kalau kalian hendak membeli ban dalam motor secara online. Boro-boro mencium baunya, bisa melihat wujudnya secara langsung saja sudah pasti nggak mungkin. Jadi, biar kalian aman dan nggak tertipu beli ban dalam di online, mending beli ban di Belipart yang dijamin asli dan punya harga termurah. Kuy, cek belipart.com sekarang juga!

Youtube Belipart