Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
stang motor nggak stabil atau oleng
Tips & Trik

Cara Benerin Stang Motor Nggak Stabil atau Oleng

Nah bagi kalian pemilik motor seharusnya sedikit banyak mengerti komponen yang ada pada motor. Dalam hal ini salah satu komponen yang nggak kalah penting dalam sistem kemudi, yaitu komstir. Stang motor ini sendiri berperan untuk menjaga keseimbangan dan arah kemudi. Jadi, kita sepakat ya kalau komstir ini cukup vital. Oleh sebab itu, sedikit keanehan dalam sistem kemudi ini wajib segera diperiksa. Misalnya, tiba-tiba stang motor jadi nggak stabil. Tapi nyatanya, apabila stang motor mulai nggak stabil nggak cuma disebabkan komstir aja, guys. Ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan kalau ketemu gejala stang motor mulai oleng kayak gini. Lanjutkan membaca, ya!

 

Periksa Komstir Kalau Stang Motor Nggak Stabil

 

setang motor oblak

Pertama, periksa komstir yang memang berada di bagian stang motor kalian. Komstir ini terikat pada sumbu antara segitiga garpu depan dan juga rangka motor. Komstir ini bekerja untuk memperkecil friksi semacam poros engsel antara rangka dan segitiga agar kemudi lebih ringan saat berbelok. Selain itu, bagian ini pula yang menopang bobot keseluruhan motor dan yang di atasnya.

Seiring berjalannya waktu dengan beban kerja yang  diterima, kadang part ini gampang rusak. Kadang komstir ini langsung rusak atau oblak, setelah menghantam lubang. Gejala yang dirasakan biasanya kemudi terasa kasar dan stang motor nggak stabil. Jelas ganggu banget dong, sehingga dalam berkendara pasti bakal nggak nyaman dan juga mengancam keselamatan tentunya.

 

Shockbreaker Bermasalah

shockbreaker bocor

Cara yang kedua adalah dengan memeriksa shockbreaker bagian depan. Komponen ini merupakan bagian yang meredam guncangan dari permukaan jalanan nggak rata atau jalanan yang berlubang pada umumnya.

Pada saat komponen shock nggak bekerja optimal atau bocor, maka hal ini juga akan berpengaruh pada kestabilan stang motor kalian. Biasanya kemampuan redam satu sama lain akan berbeda alias pincang. Jika seperti itu, sisi sebelahnya lebih cepat menyerap guncangan yang menyebabkan kolaborasi keduanya terjadi delay. Inilah yang menyebabkan roda depan mengalami kemiringan dan seakan motor berbelok sendiri.

 

Komponen atau Sparepart Fast Moving yang Mesti Sering Diganti Rutin

 

Periksa Segitiga Motor yang Sebabkan Oleng

 

segitiga motor bengkok

Gejala kasus yang satu ini berbeda dari yang tadi disebutkan di atas. Tanda-tanda stang motor jadi oleng karena segitiga akan langsung terasa mulai dari awal motor melaju. Motor seakan langsung akan berbelok sendiri dan terasa lengket pada satu sisi kiri atau kanan. Segera periksa bagian segitiga dudukan stang motor kalian, deh. Sebab segitiga dudukan stang motor ini berfungsi untuk menghubungkan antara stang dengan sokbreker tersebut. Fork ini biasanya miring atau istilahnya nggak center. Penyebab segitiga baru bisa bengkok ini terjadi karena motor mengalami kecelakaan. Sebab komponen ini nggak gampang rusak hanya karena pemakaian harian. Cara mengatasinya kamu hanya perlu datang ke tukang press bodi atau bubut, ya.

Youtube Belipart