Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ciri-ciri atau gejala kanvas kopling atau kampas kopling mulai aus atau habis
Edukasi

Kanvas Kopling Aus Bisa Dideteksi Sejak Dini, Ini Cirinya.

Fungsi dari kampas atau kanvas kopling sendiri adalah sebagai penyalur tenaga mesin ke gearbox transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang ada pada motor, bila kampas kopling habis tentunya keluaran tenaga dari mesin nggak bisa maksimal, artinya transfer tenaga ke roda jadi berkurang. Dalam kondisi pemakaian yang normal, performanya akan menurun perlahan di kisaran jarak tempuh sampai 20.000 Km. Jika sudah muncul ciri-ciri kampas kopling habis, maka sobat wajib menggantinya agar resiko keausan nggak merembet melahap rumah kopling atau tutup kopling. Nah mungkin kalian masih bingung untuk mengenali ciri-ciri kampas kopling sudah aus atau habis, Sobat Bikers simak saja beberapa gejala kanvas kopling aus berikut ini :

 

Jadi Lelet Tanda Kanvas Kopling Aus

kanvas kopling aus

Kampas kopling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga dari mesin yang terasa lebih lelet saat gas dibuka secara agresif. Akselerasi yang lemah ini sebenarnya sedikit akan mempengaruhi top speed, namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk menggapainya. Misalnya saja kecepatan motor kita sudah mencapai 100 km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun saat komponen ini mulai aus mungkin membutuhkan waktu sekitar 15 detik atau bahkan bisa lebih.

 

Kampas Kopling Racing Jupiter MX 2008 (4pcs) - TDR

4 pcs Kampas kopling Yamaha Jupiter MX 2008 merk TDR Original

 

Selip Kopling

Gejala selip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah mulai aus atau habis. Hal ini akan lebih sering apabila kalian menggunakan oli mesin yang nggak sesuai spek mesin atau oli berkualitas rendah. Karena fungsi oli adalah meminimalisir ke-ausan, maka agar komponen kopling awet, sobat harus lebih memperhatikan saat pemilihan oli. Pilih pelumas mesin kayak gini jangan yang asal murah, tapi yang cocok.

 

Kanvas Kopling Aus Bikin Starter Ngelos

kick starter motor matic ngelos

Hal ini tentunya terasa dikala menghidupkan motor menggunakan kick starter maka akan terasa ringan atau bisa jadi kemungkinan terparah adalah ngelos. Dan tentunya sangat susah di hidupkan, nah hal ini juga bisa jadi pertanda kampas kopling aus atau habis. Nah, sebagai salah satu penyebab starter engkol ngelos, sebelumnya pernah gue tulis juga artikelnya, klik disini sob!

 

Kampas Ganda Kopling Yamaha NMAX / Aerox - TDR

Kampas Ganda Kopling untuk Yamaha 2DP Nmax dan Aerox TDR Original

 

Missed Gear, Perseneling Nyangkut

missed gear atau susah oper gigi

Gejala ini terjadi jika gejala kampas kopling habis biasanya saat pengendara motor mengoper perseneling akan sering nyangkut atau tetap pada gigi yang sama. Bukannya gigi bertambah, malah mesin meraung percuma tanpa bertambahnya speed.

Nah itulah beberapa cara untuk mengenali ciri-ciri atau bisa dikatakan juga gejala kanvas kopling habis. Lebih baik dilakukan penggantian segera mungkin. Dan biasanya mekanik saat memasang kampas kopling baru, mereka biasa membasahi terlebih dahulu kampas kopling tersebut dengan oli. Jika dibasahi menggunakan oli maka disaat motor dihidupkan pertama kali, rumah kopling pun terlumasi meski oli belum sepenuhnya bersirkulasi. Apabila kampas kopling masih kering maka yang ditimbulkan akan terjadinya gesekan yang akan mengikis ketebalan kampas kopling walaupun hanya sedikit.

Youtube Belipart