Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ciri-ciri atau gejala kanvas kopling atau kampas kopling mulai aus atau habis
Edukasi

Fungsi Kampas Kopling, Kenali Ciri dan Penyebab Kopling Aus

Salah satu komponen yang memindahkan tenaga dari pembakaran di dalam mesin adalah melalui kopling. Fungsi kampas kopling sendiri adalah untuk melanjutkan putaran dari poros engkol yang berputar untuk disalurkan ke transmisi. Sekaligus, bertugas untuk melepaskan hubungan dari engkol ke transmisi ketika kita memindahkan gigi. Kopling yang ada pada motor pada umumnya bertipe gesek (friction clutch) berbentuk piringan atau biasa disebut plat kopling (clutch plate)

Jadi kopling ini bisa disebut sebagai penengah, masih ada fungsi lain dari kopling ini agar agan tidak sembarangan mengganti berbagai komponen seperti kampas kopling ataupun per kopling. Secara mendasar berikut ini adalah fungsi kopling motor yang sudah saya rangkum.

 

Fungsi Kampas Kopling Motor 

  1. Menghubungkan engkol mesin dengan transmisi/gear sehingga tenaga putaran mesin dapat diteruskan ke transmisi sampai dengan ke rantai dan roda. Sehingga motor melaju dengan kecepatan yang diinginkan. 
  2. Ketika pengendara melakukan pengoperan gigi, kopling ini bertugas melepaskan hubungan mesin dengan transmisi. 
  3. Menghubungkan kembali mesin dengan transmisi secara perlahan-lahan sehingga sepeda motor dapat berjalan dengan perlahan-lahan. 
  4. Mengatur tenaga yang dihasilkan dari mesin ke transmisi, selanjutnya transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan keinginan pengendara motor. 

 

Baca juga : Penyebab Kopling Jadi Keras Yang Bikin Jari Makin Pegel

 

Ciri Kampas Kopling Aus/Sudah Habis 

Hilang Tenaga

Agan sebagai pengguna motor bisa merasakan perbedaannya dari segi tenaga dan akselerasi, karena kopling ini berfungsi mentransfer tenaga, jika kampasnya aus pasti tenaga dari engkol mesin tidak tersampaikan dengan baik. Akselerasi yang berkurang dampaknya bisa pada pencapaian top speed membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. 

Kick Starter Ngelos 

kick starter ngelos

Ketika mencoba menghidupkan mesin dengan kick starter, kalau kampas koplingnya sudah habis biasanya akan terasa ngeplos saat di engkol. 

Slip Kopling atau Gagal Pindah Gigi 

Kampas kopling yang habis bisa menimbulkan gear transmisi tidak bisa bekerja dengan baik. Efeknya perpindahan gigi jadi meleset, dan angka gigi tidak berubah. 

Meraung Ketika Naik Tanjakan 

Ketika naik tanjakan terasa ada bunyi yang tidak normal seperti gas kosong yang meraung. 

 

Baca juga : Kanvas Kopling Aus Bisa Dideteksi Sejak Dini, Ini Cirinya.

 

Penyebab Kopling Cepat Aus 

kanvas kopling aus

Kopling ini merupakan komponen fast moving yang punya masa pakai, tetapi bisa lebih cepat habis karena beberapa faktor, diantaranya adalah tidak rutin mengganti oli mesin. Kampas kopling ini sama dengan girboks yang harus selalu terendam dengan oli. Aus nya kampas kopling katanya sih tidak akan menimbulkan kerusakan pada komponen lain, hanya saja tenaga motor kesayangan agan bakal berkurang. Jadi daripada agan emosi, mending ganti saja kampas koplingnya. 

Youtube Belipart