Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Cara Mengecat Bodi Motor Sendiri Pakai Cat Semprot
ModifikasiTips & Trik

Cara Mengecat Bodi Motor Sendiri Pakai Cat Semprot

Kemarin sudah sempat dibahas tentang budget yang harus kalian keluarkan saat hendak mengecat bodi motor pakai cat semprot. Karena membutuhkan biaya yang memang lebih ekonomis, cat jenis ini sangat layak kalian gunakan. Dibandingkan dengan menggunakan jasa bengkel spesialis cat yang harganya bisa jutaan, kalian bisa lakukan sendiri dirumah dengan budget yang kurang lebih cuma setengah juta aja. Nah, untuk harganya sendiri, cat semprot dijual sekitar 15 – 45 ribu per kaleng (isi kurang lebih 300cc). Tapi, memang ada plus minusnya pakai cat semprot dari sisi penerapan yang mana nantinya bakal mempengaruhi detail hasilnya. Meskipun dalam penggunaan cat semprot lebih mudah, kalian tinggal menekan nozel dan mengarahkannya pada permukaan yang akan di warnai. Tapi kalau dilakukan dengan cara yang benar, cat semprot juga nggak kalah bagus sama cat pabrikan kok. Bagaimana cara penerapannya biar hasil cat lebih bagus? Kita bahas semuanya setelah ini ya!

 

Persiapan Mengecat Bodi Motor

Harga cat ‘pilox’ ini berkisar 15 – 45 ribuan aja per kalengnya (kualitas standar). Murah ya, kalau harganya cuma segitu. Tapi apakah cat untuk seluruh bodi cuma butuh satu kaleng saja? Ya jelas enggak lah, broh. Rata-rata, cat yang diperlukan untuk mengcover seluruh bodi sekitar 6 – 10 kaleng. Tergantung dari luas permukaan yang hendak diwarnai dan seberapa banyak layer atau lapisan yang kalian inginkan, ya. Kalian butuh bahan untuk persiapan seperti amplas halus dan setidaknya 3 jenis cat semprot. Diantaranya epoxy, base coat, layer coat dan clear coat. Dengan rincian sebagai berikut ;

2 kaleng epoxy = 70 ribu, 

3 kaleng layer coat (cat warna yang kalian inginkan) = 90 ribu 

2 kaleng pernis atau clear coat = 80 ribu.

 

Cat Bodi Motor Sendiri Pakai ‘Pilox’, Murah dan Praktis Tinggal Semprot!

 

Cara Mengecat Dengan Cat Semprot

Cara menggunakan cat semprot yang benar tentunya akan mempengaruhi hasil akhir dari proses pengecatan. Salah satu kejadian yang sering terjadi adalah permukaan cat yang gradakan atau belang nggak rata. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara mengecat menggunakan cat semprot yang benar agar hasil maksimal :

 

Amplas Cat Lama

Ini adalah langkah paling awal sebelum kalian memulai proses pengecatan. Tahap ini cukup penting agar warna yang akan kalian terapkan nantinya bisa cemerlang. Selain itu dengan mengamplas cat lama, cat yang baru akan lebih mudah menempel pada permukaan bodi dan menghilangkan baret halus. Pengamplasan ini nggak butuh grit yang terlalu kasar, bisa pakai kertas gosok atau amplas ukuran 1000 atau sedikit lebih besar diatasnya 2000. 

amplas permukaan bodi dengan air sabun

Saat pengamplasan, lakukan dengan bantuan air sabun dan digosok dengan kasih sayang. Maksudnya celupkan kertas amplas pada air sabun lebih dulu baru kemudian mulai mengamplas dengan perlahan. Ulangi langkah tersebut dengan interval beberapa menit atau seperlunya. Ngamplasnya nggak perlu lama-lama (nggak perlu sampai habis catnya) ya dan lakukan secara merata hingga ke sudut-sudut!

Bersihkan Area Pengecatan

Yang kedua dan terpenting yaitu kalian harus membersihkan lebih dulu semua permukaan yang bakal di cat. Jika perlu cuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun sampai bilas benar-benar bersih. Hal ini supaya permukaan bodi terhindar dari kotoran dan sisa minyak yang menempel pada proses amplas tadi. Sebab, adanya kotoran atau minyak bisa bikin cat jadi kasar dan gampang ngelupas. Kalian bisa mencucinya dengan air dan sabun. Setelah itu keringkan. Saat proses pengeringan biasanya akan timbul corak putih seperti bedak pada bodi, tapi nggak masalah. Tinggal dilap pakai kain bersih sampai hilang.

 

10 Cara Bikin Bodi Motor Kusam Mengkilap Seperti Baru Lagi

 

Semprot Cat Dasar Atau Epoxy

Seperti orang hendak menggambar, kalian butuh media cat yang jelas. Gunakan base coat, primer atau epoxy putih atau silver untuk pengecatan yang terang/kontras. Sebaliknya, epoxy warna gelap untuk pengecatan yang lebih gelap. Misalnya kayak gini: 

    • epoxy silver terang + merah = merah kontras, 
    • epoxy putih + merah = merah terang, 
    • epoxy hitam (abu-abu gelap) + merah = merah gelap. 
cat semprot epoxy primer
Penggunaan cat Primer atau Epoxy sangat penting

Jadi epoxy ini selain untuk lapisan perekat cat pada bodi, berfungsi untuk menghasilkan kecerahan warna selain warna cat. 

Step By Step Merawat Bodi Motor Kusam, Hasil Maksimal

 

Cara Mengecat Pakai Cat Semprot Yang Benar

Sebelum mulai, kocok-kocok dulu kaleng cat sampai dikira merata se-enggaknya 2 menit lah. Setelah itu lakukan penyemprotan dengan jarak kurang lebih 20 – 30 cm dari permukaan bidang semprot. Gerakkan spray secara horizontal (menyamping) dengan kecepatan kira-kira seperti kalian melukis dengan kuas. Jangan buru-buru, tipis – tipis saja yang penting nggak belang. Biarkan kering dulu sebelum melakukan lapisan selanjutnya. 

teknik gerakan menyemprot secara horizontal
Teknik wajib, cara mengecat secara horizontal

 

teknik mengecat
Teknik overlaping, menimpa 50% area cat

Untuk epoxy atau base coat biasanya cukup 1 – 2 lapis, yang berarti jumlah pengulangan cat dan jemur. Layer coat atau lapisan cat warna bisa kalian lakukan 2 – 3 kali pengulangan. Nggak masalah kalau cat yang kalian semprotkan ‘ndlewer’ lumer meleleh atau bahasanya dripping, namanya juga belajar. Biarkan sampai benar-benar kering dulu, biasanya 24 jam. Lalu cukup diamplas pakai kertas gosok dengan grit paling halus ukuran 5000, pakai air sabun dan gosok merata perlahan.

Nyuci Motor Cara Pintar Dengan Beberapa Hal Ini

 

Finishing

Proses terakhir, setelah cat dibiarkan kering seharian, baru kalian bisa masuk ke tahap ini. Finishing dilakukan dengan inspeksi menyeluruh bagian yang dicat, periksa adanya kotoran atau nggak, belang atau nggak, dsb. Setelah itu barulah semprot pakai cat pernis atau clear coat. Pernis biasanya bikin cat terlihat lebih mengkilap dan wet look. Tapi ada juga clear coat doff yang bikin hasil akhirnya terlihat ngedoff. Fungsinya pernis ini juga sebagai pelindung cat.

Youtube Belipart