Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
cara mencuci steam motor yang benar
Tips & Trik

Nyuci Motor Cara Pintar Dengan Beberapa Hal Ini

Sobat bikers pasti nggak bakal tahan kalo badan kalian kotor. Begitu juga dengan motor, siapa yang tahan lihat motor dengan kondisi kusam dan dekil? Oleh karena itu, steam motor tentunya menjadi hal wajib yang harus sobat lakukan. Eiitts, tapi tunggu dulu! Bicara soal Steam, banyak yang berpendapat bahwa cuci steam adalah metode yang kurang pas saat mencuci motor karena tekanan air yang terlalu kencang. Hal tersebut agak lebay, tetapi bisa juga benar, bukan berarti sobat bikers nggak boleh ke tempat steam motor, loh ya. Ada caranya biar tetap aman pas nyuci motor, dan dengan cara yang benar malah bikin bodi motor lebih awet.  Nah, sobat tinggal simak cara-caranya dibawah ini!

 

Dinginkan Mesin Sebelum Nyuci Motor

Biasanya, sobat bikers kalau mencuci motor di tempat cuci steam, motor sobat akan langsung dicuci pas setelah kalian datang. Alhasil, saat dicuci, mesin motor sobat masih dalam keadaan panas. Nah, sebenernya ini nggak bagus buat si mesin, sob. Perlu kalian ketahui, mesin yang masih panas akan rusak apabila langsung terkena air, terutama pada bagian blok mesin dan pangkal knalpot. Alih-alih semprotan air bisa mendinginkan mesin, tapi ini cukup berbahaya jika dilakukan. Sebab dalam hukum fisika jika besi atau logam terkena panas akan memuai, begitu pula mesin kalian yang mengalami hal serupa. Sehingga, pas mesin disiram air, secara langsung akan terjadi proses pendinginan paksa yang bisa menyebabkan keretakan pada mesin.

 

Perhatikan Tekanan Air Pas Nyuci Motor

Biasanya, tempat cuci steam akan mengatur tekanan ke pengaturan yang paling tinggi biar kotoran yang nempel di motor bisa rontok. Begitu juga pas nyuci motor pakai air kran, pasti deh sebagian besar dari kalian bakal nyemprot sekenceng-kencengnya, hayoo jujur!! Namun, lagi-lagi, cara yang seperti ini juga kurang tepat. Perlu sobat ketahui, kuatnya semprotan air bisa memperpendek usia soket-soket yang ada di motor, dan bisa memicu terjadinya konsleting kelistrikan motor.

 

Pakai Shampo Khusus Steam Motor

shampoo cuci steam motor

Untuk mencuci bodi motor, hindari menggunakan sabun deterjen atau sabun colek. Kenapa? Sebab karena kalau sobat bikers perhatikan kandungan kimianya, kedua jenis sabun tersebut mengandung zat kimia yang bersifat korosif atau asam, sehingga, kalau digunakan akan menyebabkan cat di body motor gampang pudar dan lama-lama bakal menghilang. Makanya, lebih baik sobat pastikan tempat steam motor langganan kalian atau yang lebih suka nyuci motor sendiri untuk menggunakan shampo khusus motor. Sabun atau shampo motor yang bagus, mempunyai PH yang bersifat netral atau 7, sehingga nggak bakal bikin korosi atau karat.

 

Jangan Lebay Saat Menyiram Mesin

Mesin yang terlihat kotor pasti membuat sobat gemas. Alhasil, banyak dari kalian yang menyiram mesin dengan air yang cukup banyak. Memang sih, mesin akan terlihat lebih bersih. Tetapi, disisi lain, menyiram mesin dengan air yang begitu banyak, akan menyebabkan air masuk ke komponen pengapian, sehingga motor sobat bisa mengalami kendala dan mogok. Selain itu, sebisa mungkin sobat harus menutup knalpot dengan plastik agar air nggak masuk kedalam. “sobat bikers gak mau kan motornya udah bersih tapi pas dinyalain cuma ngadat-ngadat aja?”

 

Baca juga : Cara Mengatasi Motor Karbu Susah Hidup di Pagi Hari

 

Keringkan Motor Yang Benar

Terakhir, usahakan sobat menggunakan kain lap chamois yang benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah terjadinya baret pada body akibat kain lap yang kurang bersih. Lebih bagus lagi kalau sobat  bisa menggunakan kain microfiber, karena kain jenis ini memiliki permukaan bahan yang sangat halus.

Youtube Belipart