Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
cvt motor matic bergetar
Umum

CVT Motor Matic Bergetar, Solusinya Nggak Bikin Repot

Skutik punya keunggulan berupa transisi yang halus dari kecepatan rendah menuju kecepatan tinggi. Ini berkat transmisi CVT yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk menciptakan rasio percepatan tanpa jeda. Namun pada kenyataannya, motor jenis ini nggak selalu berjalan mulus pada periode waktu tertentu, terlebih pada skutik yang punya “jam terbang” yang tinggi. Sobat akan merasakan getaran pada area CVT saat berakselerasi. Kalian nggak perlu khawatir, masalah CVT motor matic bergetar seperti ini rupanya disebabkan oleh hal sepele.

 

Penyebab CVT Motor Matic Bergetar

Getaran pada motor jenis ini biasanya timbul karena imbas dari kotoran maupun debu yang menumpuk di area transmisi. Menurut pengalaman gue, penyebab CVT motor matik bergetar diperlukan penanganan sederhana. Pembersihan lalu pelumasan kembali. 

Bagian yang perlu dibersihkan adalah V-belt,  rumah roller dan mangkok ganda belakang. Ganti saja apabila V-belt memiliki bentuk yang nggak wajar (melar, keropos ataupun retak). Di area rumah roller alias pulley ini perlu dibongkar dan dibersihkan dengan air jet (yang nggak tau air jet, angin kompresor). 

 

Baca juga : Kenali Tanda Komponen CVT Bermasalah, Cegah Kerusakan Makin Parah

 

Atasi Getaran Pada CVT Motor Matic

rumah roller cvt motor matic

Nah, dengan dibongkarnya pulley depan, sekalian periksa bagian roller dan komponen yang berkaitan. Roller yang penyok lebih baik diganti, dan jalur (got) roller yang baret sebaiknya diampelas sampai halus. Roller yang penyok alias nggak rata inilah yang terkadang bikin bunyi klotok-klotok di bagian CVT. Sedangkan jalur roller perlu dihaluskan (jika baret) agar lemparan roller nggak terhambat dan ini akan memperbaiki akselerasi jadi lebih responsif.

kanvas ganda motor matic sudah habis

Sedangkan area mangkok ganda perlu juga dibongkar supaya kalian bisa periksa ketebalan kanvas ganda. Jika sudah tipis, lakukan penggantian agar skutik kalian nggak sampai mengalami gredek pada awal tarikan. Dan hal ini pula yang bikin mangkok ganda jadi baret dan cepat panas jika kanvas ganda sudah mulai habis. Dan jangan lupa saat pemasangan mangkok ganda, lumasi bagian slidding shave secondary pulley dengan gemuk CVT (grease). 

pelumas cvt alias cvt grease
Lumasi bagian ini dengan CVT grease

 

Biaya Ongkos Servis CVT

Jadi, bisa disimpulkan jika penyebab CVT motor matik bergetar saat digas di kecepatan rendah ada di rumah CVT-nya. Kebanyakan kasus yang terjadi hanya karena masalah sederhana. Kotoran yang mengendap di berbagai bagian CVT disinyalir menjadi penyebab utama masalah ini. Solusinya sebenarnya sangat mudah, cukup dibersihkan dan lumasi kembali.

Kalau sobat nggak punya keahlian atau peralatan yang memadai untuk melakukannya sendiri, lebih bagus jika membawanya ke bengkel. Kebanyakan bengkel mematok biaya servis yang cukup murah untuk mengatasi masalah ini, kisaran Rp. 50 ribu hingga Rp. 100 ribuan (nggak termasuk penggantian sparepart). 

Youtube Belipart