Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
suku cadang fast moving STR
Edukasi

Daftar Suku Cadang Fast Moving, Komponen yang Mesti Diganti Rutin

Kalau punya kendaraan jelas kita juga mempunyai tanggung jawab untuk merawatnya. Kita mesti kasih perawatan terbaik dan semaksimal mungkin biar motor kamu tetap prima dan bebas dari masalah. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, tentu saja membuat suku cadang tersebut mengalami deformasi atau menurunnya kinerja part tersebut. Terdapat penggolongan sparepart yang memiliki beban kerja berat yang harus diganti rutin setiap beberapa kilometer, yakni suku cadang fast moving

Nah, apa saja komponen sparepart yang mesti rutin diganti atau kerennya disebut fast moving parts tersebut? Simak berikut ini ya! 

1. Oli Mesin

jenis oli motor full sintetis
Ganti oli mesin secara rutin bikin motor awet

Baik motor matic atau manual, oli ini perannya sangat vital. Ada oli mesin dan ada oli gardan khusus untuk matic. Oli mesin punya peran sebagai pelumas komponen friksi di dalam mesin. Oli itu semacam darah di tubuh manusia. Dan jangan lupa, kalau fakta oli lainnya juga untuk meratakan panas yang ditimbulkan mesin.

Bayangin kalau darah di dalam tubuh kamu nggak mengalir, mampet, atau makin dikit. Nah, oli mesin juga begitu, kalau oli mesin udah nggak licin, warnanya makin hitam pekat, harus buru-buru diganti. Ya kalau memang pemakaian rutin tiap hari, paling nggak sebulan sekali ganti-lah oli. Oleh sebab itu, oli juga termasuk suku cadang fast moving ya.

 

2. CVT Matic

komponen kanvas ganda motor sering diganti
Kanvas ganda CVT mengalami aus

Sebagai komponen penyalur daya dari mesin, V-belt dalam rangkaian CVT tentu mendapat beban kerja yang cukup berat. Begitu juga roller, kampas ganda maupun per CVT. Semua komponen yang disebutkan di atas saling berkaitan. Apabila salah satu mengalami masalah, komponen yang lain akan terpengaruh. Oleh sebab itu, komponen penggerak CVT ini wajib mendapat perawatan rutin. Sempatkan tiap 20.000 Km atau siklus ganti oli, komponen ini diperiksa. Rata-rata bagian CVT ini baru minta diganti pada 40.000 Km ke atas, itupun tergantung pemakaian. Semakin sering motor digunakan, maka makin cepat juga komponen harus sering diganti.

 

Ganti Per CVT Lebih Keras, Akselerasi Matic Lebih Responsif

 

3. Rantai dan Gear

cek ketegangan rantai
Tegangan rantai yang pas mencegah rantai cepat putus

Sama seperti CVT pada matic, rantai dan gear menopang tanggung jawab besar. Karena beban yang besar inilah, terkadang rantai mudah melar atau gir mengalami aus. Bahkan kelamaan gear dan rantai terjadi oblak. Peristiwa seperti ini terjadi karena rantai jarang dilumasi. Apabila gejala rantai timbul bunyi berisik, segera periksa kerenggangan rantai. Segera ganti dengan rantai set dengan gear agar keduanya lebih awet.

 

4. Busi

Suku cadang yang satu ini emang kecil. Tapi kalau udah bermasalah, nyusahin juga, sob. Busi berfungsi memantik api biar pembakaran mesin bisa bekerja sebagaimana mestinya. Kalau sudah kotor mending diganti jangan dibersihkan. Penggantian busi biasanya dilakukan kalau motor kesayangan udah menempuh jarak 20.000 km sampai 50.000 km.

 

Kelistrikan Motor Bermasalah Belum Tentu Aki Penyebabnya

 

5. Aki

Aki pada motor kekinian juga sangat penting dan harus bekerja dengan normal. Terlebih untuk motor berteknologi injeksi. Aki ini berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan motor termasuk ECU. Apabila kamu pakai aki basah harus rutin dicek kondisi atau kapasitas air akinya. Sedangkan aki kering punya daya tahan yang lebih lama. Motor baru akan diganti tiap 1,5-2 tahun sekali. Itu pun dengan pemakaian rutin. Aki akan semakin awet kalau motor tiap hari dipakai.

 

6. Kanvas Rem dan Kaki-kaki 

kanvas rem adalah suku cadang fast moving

Perangkat pengereman nggak boleh dianggap remeh. Sebagai suku cadang fast moving penunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara, bagian ini penting untuk diperhatikan. Kampas rem mestinya rutin diganti, atau kalau kanvas rem udah mulai tipis. Penggantian kanvas rem biasanya dilakuin tiap 20.000 km. Nah, sebaiknya sekalian periksa juga bagian kaki-kaki. Bagian seperti swing arm, tromol dan laher roda yang rentan rusak karena jalanan yang dilalui. Komponen ini wajib ganti kalau terjadi masalah.

 

7. Kanvas Kopling

Buat kamu yang pake motor sport atau manual, harus rutin juga ngecek kanvas kopling, terlebih sering dipake stop n go. Kanvas kopling bakalan habis sesuai kondisi jalanan yang sering dihadapi. Penggantian kanvas kopling disaranin dicek saat memasuki 10.000 hingga 50.000 Km atau pemeriksaan saat perawatan rutin. Kampas kopling yang aus bakal nyusahin saat hendak oper gigi, dan lebih parahnya bisa selip pas motor dikebut.

Tapi biar lebih awet, perhatikan dulu cara kamu berkendara. Hindari jari tangan selalu berada di tuas kopling. Kopling yang tertekan setengah-setengah malah bikin kampas seperti digerus.

 

8. Filter

suku cadang fast moving filter saringan udara

Bagian penyaring ini aja 3 jenis, filter udara, bensin dan oli. Filter udara motor biasanya punya usia pakai yang relatif rendah. Terlebih yang sering melewati wilayah yang tinggi polusi dan debu. Sebenarnya, fungsi saringan udara ini buat menjaga kualitas bahan bakar yang digunakan agar tetap bersih nggak terkontaminasi. Filter udara adalah yang paling sering minta ganti secara berkala. Selain itu ada pula filter oli dan filter bensin. Komponen penyaring ini juga harusnya sering diganti, bukan hanya dibersihkan. Sebab ada beberapa jenis filter yang menggunakan material kertas yang jika di semprot kompresor atau dicuci bensin bakal rusak.

 

Suku Cadang Fast Moving, Macam Filter Motor Yang Mesti Dirawat

 

9. Ban

Ban bakalan sering ganti biasa disebabkan faktor eksternal dan internal. Faktor eksternalnya kalau kamu “hobi” hantam jalan rusak ya bakal cepat rusak. Atau sering gas-rem yang bikin ban cepat botak. Faktor internalnya antara kelebihan atau kekurangan tekanan bannya, sob. 

Biasanya ban bakalan ganti tiap 3 tahun sekali atau batas maksimal pemakaian 40.000 km. Sebenarnya tergantung pemakaian juga, kok.

Youtube Belipart