Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & Trik

Detailing Bodi Motor Sendiri Hasilnya Nggak Kalah Kinclong

Punya motor yang selalu bersih dan mulus adalah impian setiap bikers, sebab menjaganya agar tetap mulus adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Sayangnya, merawat motor kesayangan bukanlah perkara mudah bagi sebagian bikers. Apalagi menghilangkan goresan seperti dek motor yang berkontur kulit jeruk. Ada beberapa cara dan trik untuk bikin bodi motor kembali mulus. Salah satunya dengan menggunakan hairdryer pada bagian yang kena gores hingga kembali hitam. Nah, selain itu masih banyak lagi cara mengkilapkan motor kesayangan. Pengen tau bagaimana caranya? Yuk ikutin step by step detailing bodi motor yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah, di bawah ini!

 

1. Langkah Awal Detailing Bodi Motor

mencuci motor adalah langkah awal untuk detailing bodi motor

Mencuci motor memang hal yang sering dianggap sepele. Karena sepintas hanya seperti menyiram dan menggosok bagian – bagian dari motor. Padahal nggak semudah itu. Sobat wajib menyediakan shampo khusus motor terlebih dulu.

Selain itu, kalian juga wajib menggunakan dua ember saat mencuci motor. Dimana satu ember berisikan air dan shampo, sedangkan ember satunya diisi air bersih untuk membilas applicator. Applicator yang dimaksud disini adalah perlengkapan yang kalian gunakan, memoles maupun mengoleskan cairan tertentu pada motor. Bisa berupa busa dengan pori – pori yang besar, sea sponge, wash mitt dan applicator lain yang lembut biar nggak bikin baret bagian motor.

Mencucinya pun sama seperti biasanya, basahi motor, berikan sabun dengan applicator, dan bilas hingga bersih, lalu keringkan. Untuk pengeringan, hasil maksimal bisa sobat dapatkan dengan menggunakan microfiber waffle atau drying towell. Harganya lumayan mahal, alternatifnya bisa kalian keringkan dengan lap microfiber yang lebih murah. Setelah selesai dicuci, sobat bisa lanjut ke proses selanjutnya yaitu detailing.

 

2. Claying Untuk Permulaan Detailing Bodi Motor

Claying adalah proses pertama dari detailing. Fungsinya adalah memberikan clay pada seluruh bagian body motor dengan tujuan untuk mengangkat kotoran (kerak) yang membandel. Gunakan claybar yang dilumasi dengan quick detailer (QD) secara merata pada objek. Setelah rata, gosok menggunakan microfiber sebagai applicator-nya. Ingat, applicator yang digunakan harus berbeda loh ya. Jadi yang digunakan untuk claying ya dipakai di claying saja. Supaya bahan – bahannya nggak tercampur baur. Hanya dengan proses ini saja, kalian akan mendapati bodi motor yang lebih mulus daripada biasanya. Tapi nggak hanya sampai disini, cara bikin body motor mengkilap masih panjang. Yuk lanjut ke proses polishing.

 

Baca juga :  5 Spare Part Yang Wajib Diperiksa Dan Dirawat Rutin

 

3. Polishing Warna Bodi Motor

detailing bodi motor

Di proses, ini baret – baret halus akan segera disingkirkan. Gunakan paint cleaner untuk menghilangkan sisa wax yang tertinggal. Gosok secara merata hingga swirlmarks (baret halus melingkar) dan baret – baret di body motor hilang. Selain itu, berikan juga polish liquid di applicator yang berbeda. Gosok secara merata hingga tuntas. Dengan melakukan polishing ini, nggak hanya baret – baret aja yang hilang, warna bodi motor yang tadinya kusam akan lebih fresh dan cerah.

 

4. Waxing Sebagai Pelapis

Waxing atau proses poles ini bertujuan untuk melindungi bodi tunggangan sobat tetap kinclong lebih lama. Untuk hasil yang paling kinclong, gunakan carnauba wax dalam proses waxing. Sayangnya carnauba wax nggak bisa bertahan lama jika terkena sinar matahari jika dibandingkan wax sintetik yang banyak beredar di pasaran. Tapi finishing look-nya tetap nggak akan sebagus kalau menggunakan carnauba wax.

 

Artikel menarik lainnya :  6 Cara Terbaik Cuci Helm, Bisa Lakukan Sendiri Dirumah

 

 

5. Perawatan Lanjutan 

perawatan bodi motor agar lebih mengkilap

Quick Detailer atau QD biasa digunakan setelah proses waxing selesai. Tujuannya untuk menjaga kualitas wax agar bisa bertahan lebih lama. Manfaatnya adalah ketika nanti dalam waktu dekat kita akan nyuci motor lagi, kita nggak usah pakai wax lagi sob. Cukup oleskan QD secara merata dan motor akan kembali kinclong lagi.

Youtube Belipart