Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
fungsi lubang pada cakram yang misterius ternyata ini faktanya
Edukasi

Fungsi Lubang Piringan Cakram Yang Misterius, Faktanya Bikin Melongo

Dari fungsinya, kegunaan dari piringan adalah sebagai media penekanan oleh kampas rem untuk memunculkan efek braking dengan memanfaatkan friksi. Disc brake yang umumnya terbuat baja ini harus bisa menahan panas yang dihasilkan dari gaya gesek yang terjadi saat proses pengereman. Sehingga piringan yang dibuat berlubang ini sebenarnya untuk memenuhi keamanan dari kinerja rem itu sendiri. Fungsi lubang di bagian daun cakram ini sangat banyak. Kalian bakal takjub dengan apa yang telah ditemukan oleh para insinyur permotoran. 

Dengan modelnya bervariasi dan bahkan model dari lubang bolong-bolong ini dianggap memiliki kontribusi terhadap pakemnya rem motor kalian. Nah, lebih detailnya bakal gue paparin semua di bawah!

 

Fungsi Lubang Cakram Sebagai Pembuang Panas

macam model lubang pada piringan cakram

Yang pertama dari fungsi sebagai pembuangan panas. Gesekan waktu kalian melakukan pengereman mengakibatkan rem jadi panas karena friksi antara discpad dan cakram. Dengan lubang di bagian daun cakram ini, permukaan piringan yang terpapar udara juga bakal makin besar. Yang artinya hal ini akan mempercepat pembuangan panas sehingga udara dengan cepat mengisi ruang tersebut untuk proses pendinginan. 

 

Sebagai Zona Pemuaian Piringan

piringan cakram jadi bengkok

Dengan analisa lebih mendalam lagi, ternyata “ventilasi” ini juga dapat menambah ruang untuk pemuaian akibat panas. Jadi, cakram akan cenderung memuai ke bidang horizontalnya sehingga disc nggak gampang peyang setelah terus-terusan terbebani proses pengereman. Sebagaimana ngeselinnya ketika cakram bengkok atau peyang ini sangat mengganggu pendengaran. Dan terkadang cakram dengan kondisi kayak gini bikin pengereman terasa seperti endut-endutan.

 

Tips Bungkam Suara Rem Berisik Bisa Jadi Tanda Harus Ganti

 

Memperbesar Friksi = Makin Pakem

rem jenis ini dikenal lebih pakem

Dan nggak lupa juga fungsi lain dari model ventilated disc ini adalah untuk meningkatkan tingkat efisiensi daya pengereman. Hal semacam ini bisa dianalogikan seperti saat kalian menggunakan parutan keju. Keju padat diibaratkan sebuah kampas rem dan parutan adalah cakramnya. Keju yang meluncur pada permukaan parutan akan lebih berat untuk didorong, bukan karena cuma desain parutannya yang menggerus keju. Percobaan saat keju diparut ke arah sebaliknya juga mengalami gejala yang sama. 

Hal ini sangat berbeda ketika keju kalian gelincirkan di atas kaca atau permukaan yang datar, seakan meluncurnya keju nggak ada hambatan sama sekali. Artinya, kampas rem juga akan seperti keju ketika meluncur diatas permukaan yang datar dan halus. Sehingga motor akan membutuhkan jarak yang lebih jauh untuk memperlambat laju hingga benar-benar berhenti.

 

Tapi bro, piringan cakram motor balap MotoGP nggak berlubang kok!

teknologi cakram karbon motoGP

Inget ya, materialnya bukan besi lagi cuy! Piringan yang dipake motor balap yang itu berbahan carbon yang memang memiliki permukaan yang agak kasar. Hmmm… belum lagi kaliper yang digunakan juga super mahal, which is daya tekan pun lebih besar. Ini pun ada hubungannya dengan temperatur yang dihasilkan, sengaja agar temperatur lebih cepat naik ke suhu optimal. Mengingat punya MotoGP ini bakal optimal pada suhu 200 – 800 derajat celcius. 

 

Fungsi Lubang Cakram Sebagai Perangkap Kotoran

kotoran terjebak di piringan

Kalian yang sering nyuci motor sendiri dirumah pasti paham nih sob, bagian lubang cakram ini sering terdapat kotoran yang menumpuk. Dan memang bener kok, kotoran debu atau pasir halus ini menjadi ancaman serius buat pemilik motor. Nggak cuma beresiko pada komponen pengereman, shockbreaker juga bakal “nangis” kalau kotor. Seperti yang pernah dibahas pada video channel YouTube Belipart waktu itu. Di bawah sini!

Balik lagi ke ranah cakram. Lubang pada disc brake ini cukup mampu untuk menyapu kotoran yang menempel di permukaan piringan. Seperti pada analisa gue, kotoran yang menempel pada cakram bisa bikin permukaannya gampang baret, atau malah kampasnya yang cepat habis. Analisa lebih dalam lagi, kotoran ini bakal memperkecil friksi antara kampas dan piringan. Namun dengan adanya lubang cakram ini, kotoran atau residu discpad bakal tersapu kesini.

 

Wah ternyata insinyur otomotif kala itu pemikirannya sudah jauh ke beberapa dekade kedepan ya. Satu komponen seperti ini punya fungsi yang banyak sekali. Dan betapa senangnya gue karena kalian sekarang jadi makin tau!

Youtube Belipart