Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ganti gear dan rantai motor
Edukasi

5 Gejala Ini Pertanda Gir Dan Rantai Motor Harus Ganti

Merawat mesin motor memang penting, tapi nggak boleh melulu soal komponen itu. Ada berbagai komponen lain yang perlu perawatan, sebut saja rantai dan gear sepeda motor. Dua komponen ini jangan dianggap sepele karena berperan penting membuat sepeda motor tetap berjalan. Satu-satu cara yang bisa kalian lakukan agar gear dan rantai motor selalu dalam kondisi terbaik adalah merawatnya. Hanya saja memang, seiring waktu, rantai dan gear motor bisa mengalami keausan.

Jika itu terjadi, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru. Biar Sobat nggak sampai putus di tengah jalan, sebaiknya kenali 5 gejala kerusakan gir dan rantai motor disini. Gimana cara mendeteksinya? Simak lengkapnya di bawah sini :

 

Rantai Motor Merenggang

rantai motor kendor

Keadaan rantai mulai renggang sangat mudah dilihat dengan kasat mata yaitu jika bagian bawah rantai posisinya sudah hampir menyentuh lengan ayun. Akibatnya antara rantai dan gear motor sudah mulai lemah untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Di setiap lengan ayun motor terdapat ukuran pengencangan rantai. Biasanya ada empat guratan garis lurus pada ujung lengan ayun dan jika posisi penahan sudah pada garis paling ujung berarti rantai dan gear harus diganti.

 

Rantai Susah Disetel

setel kekencangan rantai

Cara kedua untuk mengetahui keausan, ketika menyetel rantai terasa sulit. Biasanya nggak lama setelah disetel, rantai akan kendur lagi. Lalu bagaimana dengan potong ruas rantai yang sudah merenggang? Hal tersebut ternyata nggak berpengaruh banyak, karena jika mata rantai sudah merenggang artinya sudah habis usia pakainya.

 

Boros Gir Dan Rantai (Cepat Aus)

Rantai dan gear juga mempunyai umur pakai. Memang benar jika rantai dan gear sering diberi pelumas pasti akan awet karena mengurangi gesekan yang memicu terjadinya keausan rantai dan gear. Terkadang, meski sudah dirawat namun rantai tetap saja renggang dan nggak presisi, itu pertanda harus diganti untuk meminimalkan hal yang membahayakan.

gir belakang aus dan habis

Kemudian, kalau mata gear sudah aus tapi mata rantai masih bagus, lebih baik segera ganti semuanya. Salah satu tujuannya, agar kalian selalu saat penggantian berikutnya. Pasalnya jika dibiarkan, bisa saja rantai dan gear mengalami selip akibat gear yang sudah aus, tapi sobat kelupaan untuk menggantinya.

 

Laju Sering Nyendat

Coba rasakan saat motor sedang dikendarai dengan berjalan pelan untuk mendapatkan mesin putaran rendah. Jika gear dan rantai harus diganti, maka laju akan terguncang karena putaran rantai mengendor, lalu mengencang. Sehingga putaran roda kurang stabil, artinya kondisi rantai sudah nggak layak.

Hal itu disebabkan seal penghubung antara mata rantai sudah getas karena pemakaian. Bisa juga masalah dikarenakan bagian dalam rantai sudah banyak yang aus, serta gear motor sudah lancip karena terkikis.

 

GEAR SET + RANTAI 428-100L 14-35T SHOGUN125 TDR

Termasuk Dalam Kotak : Rantai, Sproket Depan, Sproket Belakang
- Lebih kuat untuk daya tarik dengan beban lebih berat.
- Jangka hidup yang sudah diuji hingga 160% dari rantai kit biasa.
- Bobot lebih ringan sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien.

 

Rantai Motor Mulai Berisik

Gejala gear dan rantai sudah harus diganti adalah kenali dengan suaranya. Cara ini termasuk langkah termudah untuk mengetahui kalau gear dan rantai kesayangan kalian rusak. Biasanya suara yang keluar sangat kasar dan nggak biasa. Memang bisa sedikit mereda setelah dilumasi, tapi nggak lama suara kasar itu akan terdengar. Situasi ini terjadi karena sudah aus, bisa juga karena pemasangan rantai dan gear yang kurang tepat.

Youtube Belipart