Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ganti per cvt akselerasi matic lebih responsif
Tips & Trik

Ganti Per CVT Lebih Keras, Akselerasi Matic Lebih Responsif

Performa skutik yang lemot salah satunya bisa disebabkan oleh sabuk v-belt yang sudah mulai melar. Yang jelas bagian CVT adalah fokus utama untuk meningkatkan performa dan keluaran power optimal mesin. Komponen penyalur daya ini wajib diperhatikan apabila tarikan sudah mulai loyo dan lemot. Terutama, keluhan itu terjadi ketika kondisi motor panas. Karena panas, per atau pegas CVT jadi lebih lentur.

Saat per menjadi lemas, otomatis bukaan secondary pulley jadi lebih mudah mekar. Hal ini akan mempengaruhi rasio dinamis saat motor melakukan akselerasi. Rasio yang kecil lebih mudah terbuka saat mesin di RPM bawah yang mana keluaran power belum sepenuhnya dimuntahkan. Ibarat di motor kopling yang melakukan start awal bukan dengan gigi atau gear 1.

 

Solusi Buat Matic Lemot

per cvt aftermarket lebih keras dari standar
Per CVT Standar dan 1500 RPM (warna kuning)

Biar motor nggak lemot, salah satu solusinya bisa coba ganti per CVT yang lebih keras dari standar. Per dengan merk aftermarket bisa dijadikan pilihan. Tinggal pilih tingkat kekerasannya, makin keras per-nya semakin besar nilai RPM-nya. Pada ulir per atau kemasan tertulis 1.500 RPM hingga 2.000 RPM dan biasa ditandai dengan warna per. Misal kuning untuk 1500, dan yang merah punya spek 2000 RPM. Pilih yang sesuai kebutuhan, spek standaran cukup 1500 RPM. Makin keras per bakal bikin akselerasi jarak pendek lebih lama Namun untuk mencapai  top-speed bakal kepayahan. 

Soal harga, pegas CVT merk aftermarket dijual dengan kisaran harga dari Rp 50 ribu hingga Rp 120 ribu. Jangan lupa untuk menyesuaikan peruntukan dengan model motor kalian, ya. Sebab, spesifikasi dan dimensi per untuk masing-masing skutik berbeda.

 

Beli Sparepart Motor Online Makin Murah Lewat Tokopedia dan Shopee

 

Cara Ganti Per CVT Lebih Keras

bongkar pulley belakang

Terlebih dulu buka bagian bak CVT pakai kunci T8. Fokus pengerjaan nantinya berada di komponen belakang. Kendorkan mur penahan mangkok ganda. Perlu tracker pulley untuk menahan secondary pulley agar saat melepas lebih mudah. Kemudian tarik keseluruhan sentrifugal dari as pulley. Melepas mur sentrifugal akan lebih aman dilakukan pada permukaan datar. Beri tekanan pada saat mengendorkan mur di bagian triangle atau dudukan kampas ganda. Antisipasi agar mur nggak terlempar menghantam wajah. Lakukan dengan hati-hati dan kalau perlu minta bimbingan sama yang lebih paham. Tapi akan lebih baik apabila teman-teman mempercayakan urusan ganti per CVT di bengkel.

 

Bikin Karburator Vakum Motor Skutik Tetap Irit

Youtube Belipart