Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
inovasi helm yang bikin bikers makin nyaman
Umum

Inovasi Helm Paling Nyaman Buat Biker, Obat Anti-stres Di Jalan

Inovasi yang merupakan hasil penelitian Dr. Sinnappoo Kanesalingam dari RMIT University ini bisa mengurangi stres karena panas. Seperti survey yang pernah dilakukan sebelumnya, orang akan lebih mudah stres ketika kepala mengalami kenaikan suhu. Helm yang merupakan salah satu penyebab minimnya sirkulasi udara di permukaan kepala sehingga timbul rasa panas. Nah dengan penemuan ini, kayaknya sih bakal bikin pengendara makin woles dan nyaman di jalan. Simak yuk inovasi helm paling nyaman buat bikers berikut ini!

 

Stereotype Tentang Helm

helm ditaruh di spion

Di negara tropis, helm sering dianggap “mengganggu” penampilan dan kenyamanan padahal cedera kepala bisa diminimalisir dengan gunakan helm. Dan yang paling keliru justru anggapan “memakai helm biar nggak kecelakaan”, wah ini salah besar, boskuh. Sebab kalian sudah pakai helm atau enggak, tetap saja resiko kecelakaan di jalan itu pasti ada. Valentino Rossi balapan pakai helm aja masih bisa jatuh, ya nggak? Yang bikin kecelakaan atau nggak itu bukan helm, tapi perilaku berkendara masing-masing. Contohnya nih, di persimpangan jalan pengendara satu sama lainnya berebutan dan main selonong aja. Emang sih, macet suka bikin stres, tapi ya harus hati-hati dan mengantri.

Atau kayak yang gue sendiri kadang-kadang alami pas touring. Intensitas penggunaan helm serta cuaca yang terik bikin kepala jadi gerah, berasa nggak betah pakai helm. Lama kelamaan kalau seperti ini juga bakal mengganggu konsentrasi akibat kepala yang gatal karena keringat. So, mau nggak mau harus rehat dong.

 

Baca dong : 5 Fakta Helm Yang Bikers Nggak Menyadarinya

 

Inovasi Helm Paling Nyaman Buat Bikers

Dalam penelitiannya, Dr. Kanesalingam menemukan bahwa suhu helm saat dipakai bisa lebih nyaman dan adem. Si doktor meyakini, beberapa komponen tekstil inovatif sebagai pelapis helm tetap bisa menjalankan fungsinya untuk melindungi kepala pengendara. Dengan dua bahan Polymeric Water Absorbent Textile (PWAT) dan Phase Change Materials (PCM) ini, memungkinkan suhu di dalam helm bisa lebih sejuk.

anti panas
Contoh material PCM di pasaran

Menurut dia, bahan PWAT mampu menurunkan suhu dalam helm 8 sampai 9 derajat Celcius lebih dingin dari normalnya, bos. Apa iya? Ditambah lagi material PCM yang bisa nge-drop suhu 3 sampai 4 derajat Celcius, total jadi 11 derajat Celcius, loh. Ciyus nih?

 

Baca juga : 5 Skutik Paling Irit Bensin Ini Rekomendasi Buat Sobat Ojol

 

Material tekstil pelapis helm tersebut juga diklaim aman, nggak beracun dan ramah lingkungan. Bentuknya sendiri, pelapis helm ini terdiri dari sisipan yang bisa diganti dan bisa dimasukkan dalam helm tanpa mengubah apapun. Dengan adanya inovasi helm seperti ini, stres di jalan lebih terkendali sehingga pengendara motor lebih berhati-hati dan terhindar dari kecelakaan.

Youtube Belipart