Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kelanjutan kabar suzuki saluto 125 yang rencana rilis
Umum

Kelanjutan Suzuki Saluto 125 Belum Juga Rilis Di Tanah Air

Sejak beberapa bulan terakhir, pabrikan roda dua asal Jepang, Suzuki terlacak tengah menyiapkan line up skuter klasik baru yang berbeda dari sebelumnya. Kuda besi yang diharapkan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat itu bernama Saluto 125. Nah, masih ingat kan artikel yang beberapa bulan lalu pernah ditulis di blog Belipart? Judulnya yang ini, Suzuki Saluto 125, Skuter Mirip Vespa Buat Lawan Yamaha New Nmax?

Kali ini, gue berusaha memberikan lanjutan kabar soal si mungil ini, ada apa gerangan? Baca sampai habis!

Meski skuter mungil ini merupakan produk buatan asli Jepang, namun secara tampilan nggak bisa diremehin begitu aja. Suzuki Saluto 125 ini dirancang desainer ternama asal Italia, Alessandro Tartini. Karakteristik skuter Jepang pun sirna. So, wajar aja kalau skuter ini sekilas memang mirip sama skuter matik lansiran Vespa dan Lambretta. Hanya saja dengan harga yang lebih murah tentunya.

 

Suzuki Saluto Pakai Mesin Lama?

Oke balik lagi ke headline yang bakal jadi topik pembahasan kali ini. Kabar terbaru yang menyebut Saluto yang nantinya dijual di Indonesia ini ternyata nggak sesuai ekspektasi. Nantinya skutik ini bakal menggunakan mesin SEP yang dipasarkan di beberapa negara di kawasan Asia dan Eropa. Hal ini pun bisa jadi menguntungkan dan juga kabar mengecewakan buat fans Suzuki.

mesin SEP Suzuki saluto 125
S.E.P = Suzuki ECO Performance

Sebab dengan mesin lama (tapi baru), bikers mungkin nggak perlu susah-susah nyari komponen sparepart penggantinya. Tinggal comot printilan punya mesin motor lain yang sama. Begitu juga soal ketersediaan sparepart yang diprediksi bakal melimpah di pasaran. Dan disisi pabrikan juga makin diringankan dengan ongkos produksi yang jauh lebih murah tanpa harus riset mesin baru. Yang mana hal ini juga mempengaruhi harga jual Suzuki Saluto 125 nantinya.

Dengan mesin Suzuki Access (di India) yang digendongnya, Saluto punya kapasitas real mesin sebesar 124cc. Disertasi power output maksimum yang lumayan up to 9,2 daya kuda dengan torsi puncak 10 Nm (Newton meter). Spesifikasi mesin tersebut kayaknya bakal lebih berasa di Saluto yang punya bodi lebih mungil. Mengingat Suzuki Indonesia juga belum pernah pakai mesin sebesar itu pada segmen terkait. Jadi, Saluto bisa dipastikan bakal jadi yang pertama. First gan!

 

Eksistensi, Ada Tapi Dimana?

Sebelumnya memang sudah ramai dibahas sana-sini terkait Suzuki bakal menjual Saluto 125 dalam waktu dekat. Bahkan menurut kabar yang beredar, si skuter mungil ini rupanya sudah mendarat di Tanah Air dan tersimpan rapi di gudang Suzuki di Tambun, Jawa Barat. Sayang, hingga saat ini belum diketahui berapa banderol dari motor tersebut. Mungkin nunggu momen yang pas kali ya untuk merilis skutik baru ini. Terlebih kondisi sekarang yang masih sangat kelabu karena adanya COVID-19.

 

Kymco Like 150i, Skutik Murah Fitur Melimpah 30 Jutaan

 

Fitur Lumayan

spedometer suzuki digital analog
Lingkaran merah, sensor cahaya buat backlight LCD

Sisi menariknya (lagi), kalau memang benar dijual disini, doi bakal jadi motor Suzuki pertama yang bisa dioperasikan tanpa kunci, loh. First lagi gan! Ya meskipun kalau yang ini sudah agak ketinggalan langkah dari pabrikan Jepang yang lain. Oh iya, soal fitur Saluto juga punya tombol yang mengontrol pembukaan kursi, kunci, dan beberapa fitur berbasis elektrik lainnya. Selain itu, terdapat juga colokan USB 5 V 2 ampere yang memang lebih besar dari port charging motor kebanyakan. Ini diklaim lebih cepat dalam pengisian daya smartphone, lah emang iya.

Lalu, si mungil ini juga dibekali lampu depan yang sudah berbasis LED, depan belakang. Ada pula panel instrumen yang katanya punya desain penggabungan dua zaman berbeda, yang menurut gue itu mungkin maksudnya digital analog. Panel analog untuk penunjuk kecepatan dan layar LCD sebagai penampil informasi lainnya. Mirip speedometer Honda Beat juga begini kok.

Youtube Belipart