Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
komponen fast moving motor matic
Edukasi

Komponen Fast Moving Motor Matic Yang Wajib Kalian Perhatikan

Skutik memang dikenal lebih simpel dan nyaman dari segi penggunaannya. Nggak usah heran kalau saat ini banyak banget populasinya, terutama rekan-rekan ojol yang lebih mantap pakai skutik. Tapi dibalik kemudahan dan kenyamanannya, satu hal yang pasti bikin pengguna jadi sering mengabaikan kondisi komponen. Padahal, beberapa komponen ini merupakan spare part fast moving, ya. Yang berarti periode penggantian rutin part ini lebih sering diganti daripada komponen lainnya. Biar kalian tetap jeli dan peduli sama beberapa sparepart fast moving ini, cek aja nih 4 komponen fast moving motor matic di bawah ini! 

Yup, pada motor matik hanya ada empat komponen cukup vital bagi kelancaran pengoperasiannya, selain oli mesin dan oli gardan. 

 

Ban Sebagai Komponen Fast Moving Yang Utama

ban botak

Sebagai komponen vital yang menunjang handling dan keselamatan, ban termasuk salah satu daftar part yang relatif lebih cepat diganti. Hal ini masuk akal, sob. Sebab dengan ring lebih kecil dibanding motor bebek atau sport, ban bakal berputar lebih banyak untuk menempuh jarak yang sama. 

Oleh karena itu, keausan pada kembangan ban bakal lebih cepat pula. Sebaiknya Sobat Bikers selalu cek komponen ini secara berkala, terutama kalau kalian akan berangkat touring. Dan apabila kembangan ban sudah tipis dan harus diganti, kalian jangan sampai salah memilih ban. Cara milihnya bisa baca di artikel yang ini : disini!

 

Kanvas Rem

komponen fast moving

Nggak kalah penting dari ban, kanvas atau kampas rem punya peran penting bagi motor. Kalau soal kerjanya, sudah pasti tau kan kanvas rem ini bakal cepat habis. Terlebih karakter motor matik yang mengharuskan kalian selalu mengandalkan rem untuk memperlambat laju motor. Secara engine brake motor matic cenderung lebih sedikit dibanding motor manual. Biar nggak perlu khawatir soal keselamatan, kanvas rem ini harus rutin diganti secara periodik. Selain itu, kondisi kanvas yang sudah tipis cenderung akan lebih mudah mengalami rem blong sebab area penyebaran panas yang dihasilkan makin sedikit.

 

Baca juga : [Review] Discpad Honda Beat eSP, Termahal Hingga Termurah!

 

Sparepart Kopling Bagian CVT 

kanvas ganda motor matic sudah habis

Part ini sebenarnya mempunyai fungsi yang hampir sama dengan kopling model lain. Tapi pada motor matik punya banyaknya bagian yang melengkapi, mulai dari mangkok kopling, roller, per, kopling CVT, dan sebagainya. Terutama kopling CVT, bagian ini secara terus menerus bergesekan dengan mangkok kopling. Ini merupakan salah satu part CVT yang punya kerja paling berat, karena seluruh tenaga mesin ditransfer oleh komponen ini. Kopling CVT ini sebaiknya kalian cek berkala saat timbul gejala gredek seperti pada artikel ini. Sebagai pencegahan, kalian juga bisa periksa langsung saat melakukan penggantian v-belt.

 

CVT Belt / V-belt

Komponen ini termasuk yang terpenting namun juga menjadi salah satu kelemahan motor matik. Memang, potensi untuk v-belt jadi melar berbanding lurus dengan umur komponen belt ini sendiri. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu. Hal ini perlu biar nggak ada kejadian v-belt putus di jalan. Kalian tau nggak? Belt yang putus bisa bikin komponen lainnya ikut rusak loh.

 

Kenali Tanda Komponen CVT Bermasalah, Cegah Kerusakan Makin Parah

 

Selalu Cermat Dengan Komponen Fast Moving

Selain ke-4 point di atas, jangan lupa juga buat ganti oli secara periodik ya. Dengan memperhatikan beberapa hal tadi, alangkah lebih bijak kalau kalian juga perhatikan kondisi motor secara keseluruhan. Lakukan perawatan rutin pada bengkel langganan kalian. Selain agar kalian terhindar dari resiko oknum montir nakal, kualitas suku cadang dan garansi bisa pertanggung jawabkan.

Youtube Belipart