Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kriteria sepatu touring yang aman
Edukasi

Kriteria Sepatu Touring, Kamu Butuh Ini Sebelum Beli!

Sepatu menjadi salah satu perangkat keamanan yang wajib dikenakan oleh pengguna motor ketika berkendara. Salah satu safety gear ini mempunyai peran yang cukup vital ketika berkendara di jalan raya. Tujuannya, yakni untuk mencegah terjadinya trauma berat pada kaki kalau misalnya (amit-amit) terjadi kecelakaan. Faktor inilah yang membuat kriteria sepatu touring berbeda dengan yang lain.

 

Sebagai salah satu outfit wajib saat touring, tentu saja dalam hal memilih sepatu nggak bisa asal-asalan. Sebab untuk memaksimalkan fungsi dari alas kaki ini, sebaiknya sepatu yang digunakan juga sesuai dengan standar keamanan yang ada. Misalnya, sepatu tersebut mempunyai beberapa kriteria khusus yang “menjamin” agar kaki terhindar dari cedera berat atau lebih serius. Penasaran? Simak sampai habis!

 

Kriteria Sepatu Touring #1 : Safety

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih sepatu untuk touring. Yang pertama dan terpenting adalah keamanan alias safety. Sepatu touring yang rekomen mempunyai setidaknya 3 bagian safety zones, yaitu angkle (mata kaki), bone shine (tulang kering) dan toe slider (jari kaki).

Namun terkadang ada juga beberapa brand sepatu yang dilengkapi dengan fitur tambahan. Misalnya, shift pad untuk melakukan perpindahan gigi, atau hak di bagian tumit biar “nyantol” di footstep. 

 

Selama sepatu yang digunakan menutupi mata kaki, maka itulah sepatu yang aman buat riding. Sebab nggak cuma meng-cover jari dan tumit, tapi yang terpenting menjaga pergelangan kaki dari cedera.

 

Kriteria #2 : Nyaman

Seiring berjalannya waktu, sepatu touring sekarang ini hadir dengan inovasi baru. Terlebih lagi karena touring biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga pengendara akan lebih memilih sepatu yang nyaman dan mampu melindungi kaki dengan baik.

 

Nggak cuma itu, sepatu haruslah terbuat dari bahan yang elastis, tahan air, dan berpori sehingga kaki masih bisa “bernafas”. Selain itu akan ada baiknya memilih sepatu yang memiliki bantalan shiffer yang tinggi. Kurang lebih di atas mata kaki dan di bawah lutut supaya kakimu tetap hangat selama berkendara.

 

Kriteria Sepatu Touring #2,5 : Ukuran 

cara mengetahui ukuran sepatu

Karena sebenarnya ukuran sepatu ada hubungannya dengan sisi kenyamanan. Tapi seharusnya kamu sudah tahu, dong. Sebab nggak ada juga yang bilang sepatu dengan ukuran lebih besar bakal bikin kaki nggak gampang capek. Dan apakah kamu pernah berfikir kalau sepatu yang nge-press sama kaki lebih ringkas dan aman? 

 

Jadi pemilihan ukuran agar sepatu itu benar-benar nyaman saat digunakan, pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai. Ada baiknya pilih ukuran satu tingkat lebih besar dari ukuran kakimu untuk memberikan ruang lebih untuk bernafas. Dan usahakan saat mencoba sepatu yang hendak kamu beli selalu memakai kaus kaki.

 

5 Destinasi Touring Terfavorit Bikers Sekitar Jakarta, Pernah Kesini?

 

Kriteria Sepatu Touring #3 : Kuncian

kuncian sepatu touring model kunci

Pengunci sendiri berguna untuk memudahkan kamu dalam memakai dan melepas sepatu. Jika biasanya sepatu dilengkapi dengan tali, lain halnya dengan sepatu touring. Keberadaan tali hanya akan menimbulkan masalah karena rentan tersangkut pada motor. Tapi bukan berarti penggunaan sepatu dengan tali dilarang, boleh aja. Jadi pilihlah sepatu yang dilengkapi dengan kuncian model klip atau seperti micro-lock tali helm.

 

Modifikasi Simpel Buat Motor Touring

 

Memilih touring boots ternyata jauh berbeda dengan sepatu yang digunakan untuk sehari-hari. Sebab sepatu yang kamu pakai touring harus mampu memberikan kenyamanan dan perlindungan yang lebih bagi pengendara. Jadi pastikan pertimbangan beberapa hal di atas agar kenyamanan dan keselamatan selama berkendara tetap terjaga dengan baik.

Youtube Belipart