Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kunci keyless hilang
Edukasi

Kunci Keyless Hilang, Jangan Panik! Ini Detail Lengkapnya

Pernah ngalamin kejadian seperti di atas nggak, sob? Pasti reaksi pertama adalah panik. Memang, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju ada juga kekurangan-kekurangan yang bisa bikin pusing kepala. Contohnya seperti di bawah ini, sob. Kunci keyless hilang saat diperjalanan atau di suatu tempat. Jadi apa sih pertama kali yang harus Sobat Bikers lakukan jika kunci keyless ini ternyata benar-benar hilang? Simak selengkapnya di bawah ini sob, mulai dari motor Honda, Suzuki, hingga Yamaha. Check this out!

 

Kunci Keyless Honda Hilang

Seandainya remote smart key jatuh ketika di perjalanan, ternyata di All New PCX 150 masih bisa dikendarai. Knob masih bisa diputar ke posisi off dan akan berbunyi ‘bip’ untuk memberi tahu kalau kunci tidak ada. Disini kontak keyless masih bisa diaktifkan kembali ke posisi on selama tidak lebih dari 20 detik. Nah, dalam moment-moment menegangkan seperti ini, Sobat Bikers sebaiknya buru-buru ke bengkel resmi deh ya. Sebab kalo terlambat, motor akan bunyi ‘bip-bip’ tandanya sudah tidak bisa diputar posisi on tanpa remote keyless. Waduh bisa amsyoong tuh.

smart key honda satu set
Smart Key System Honda Fullset

Dan jikalau remote smart key Honda hilang, sobat hanya perlu beli remotenya saja. Kemudian proses selanjutnya kalian akan dibantu mekanik untuk meng-aktifkannya kembali, asalkan masih menyimpan pin atau ID Tagnya. Kemungkinan terburuknya jika pin atau ID tag juga hilang berarti harus beli satu set dengan Smart Control Unit (SCU).

 

Keyless Suzuki

Kejadiannya mirip-mirip dengan GSX-R150, jika remote keyless jatuh motor masih bisa dijalankan, sampai knob diposisikan ke off saat mematikan motor. Pada indikator remote akan kasih tanda error. Tanpa remote sobat masih bisa hidupkan motor secara manual, dengan kode pin seperti pada buku petunjuk pemilik. Nah, disinilah letak perbedaan dari yang pertama gue jelaskan diatas. Kalo pemilik lupa pin remote keyless Suzuki GSX-R150, sobat harus rela merogoh kocek sangat dalam. Sobat wajib ganti ECU sob! sebab switch ignition dan controller untuk sensor remotenya satu set berikut remote.

 

Smart Key Yamaha

indikator kunci keyless yamaha

Berbeda dengan remote smart key Yamaha, sobat nggak perlu menunggu hingga knob kontak berada di posisi off untuk mengetahui kunci jatuh atau hilang saat perjalanan. Kalian akan menemukan indikator peringatan jika kunci jatuh atau tak terdeteksi selama 30 detik. Indikator jika remote keyless jatuh ini berupa nyala lampu berlambang kunci di panel spidometer, dan akan terus menyala sampai jarak 1 km. Dan jika lebih dari itu, ketika mesin dimatikan maka sistem kelistrikan otomatis terkunci. Hmmm lebih canggih dari kedua sistem keyless tadi ya sob, rider bisa langsung tahu jika kunci terjatuh jadi bisa cepat-cepat dicari.

 

Baca juga : Perawatan Motor Baru, Jangan Sepelekan Biar Makin Awet Sob!

 

id tag kunci keyless yamaha
Emergency ID Beserta Pembuka Kunci Darurat

Lalu jika smart key Yamaha ini hilang harus menggunakan Emergency ID yang diberikan kepada pemilik kendaraan ketika serah terima. Emergency ID bisa sobat pakai untuk menghidupkan motor jika anak kunci hilang. ID darurat ini berupa kertas yang harus disimpan dijaga rahasia nomornya.

Youtube Belipart