Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kuras minyak rem
Edukasi

Minyak Rem Rupanya Basi, Kuras Rutin Jadi Solusinya!

Tidak seperti oli mesin, kita cenderung lebih mengabaikan kondisi minyak rem. Padahal sama seperti komponen lainnya, cairan hidrolis rem cakram ini wajib diganti secara berkala. Kewajiban mengganti minyak rem ini disebabkan karena dalam fluida tersebut terdapat zat aditif yang seiring waktu mengalami degradasi. Terlambat atau malas mengganti brake fluid ini bisa menyebabkan kerusakan di bagian seal master. Kondisi ini jelas berbahaya karena bisa bikin rem blong. Cairan ini memillliki kandungan sejumlah zat yang bisa merusak bodi saat terjadi kebocoran.

Selain itu, kandungan zat aditif-nya memiliki sifat higroskopis atau menyerap kelembapan. Apa yang terkandung dalam kelembapan? Yup, air. Sebelum lebih jauh membahas bahaya air dalam sistem pengereman, kita bahas dulu satu per satu.

 

Inilah Kenapa Kalian Harus Rutin Kuras Minyak Rem

Sebelumnya sudah pernah saya bahas di postingan instagram STR Indonesia, minyak rem memiliki sifat higroskopis untuk menyerap dan mengunci air agar tidak menyebabkan karat pada sistem pengereman. Akumulasi kandungan air dalam sistem hidrolis tentu sangat bahaya. Ketika air mendidih dan berubah jadi uap, master rem normal bekerja, hanya saja tekanan tersebut memampatkan uap. Artinya, gagal memompa fluida. Hasilnya, rem tidak pakem bahkan blong.

kuras minyak rem

Jadi saat melakukan hard breaking, kandungan air yang terserap tadi bakal menguap karena induksi panas kampas rem. Dan juga kandungan air membuat titik didih minyak rem menjadi berkurang, dan bisa membuat air dalam saluran pengreman jadi mendidih. Uap air ini mengisi saluran hidrolis membuat “ruang palsu”, ketika menekan rem fluida rem bukan menekan piston kaliper malah mengisi ruang tersebut.

sil master rem berkarat

Seiring berjalannya waktu, aditif dalam flulida tersebut juga bakal berkurang. Hal itu bisa menyebabkan material copper dan nickel dalam sistem pengereman jadi terkikis. Itu yang jadi sebab kita sering melihat serpihan metal saat dikuras. Bahaya banget kan sob. Jadi mulai sekarang jangan main main deh sama kondisi minyak rem motor kita

 

Baca juga : Kenalan Sama Minyak Rem Yuk, Mulai Dari Jenis dan Kandungannya

 

Ganti Setiap Periode Ini

Idealnya penggantian minyak rem dilakukan per 20.000 s/d 30.000 km sekali atau 1 tahun tergantung mana dulu yang dicapai. Biaya service-nya juga murah kok,  sekitar 30-50 ribuan aja (standar pasaran ya). Harga ini tentu saja sudah paket komplit. Jangan lupa gunakan produk berkualitas sesuai spesifikasi yang tertera di buku manual atau tutup pada tabung master rem, DOT 3 dan DOT 4. Ciri-ciri minyak rem yang bagus, silahkan disimak :

  1. Memiliki nilai titik didih yang tinggi.
  2. Dilengkapi dengan fitur khusus untuk mencegah timbulnya karat atau korosi.
  3. Ramah terhadap karet seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran.
  4. Nilai viskositas atau kekentalan yang tepat.
  5. Karakter minyak yang licin.

Youtube Belipart