Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
megapro modif tracker budget murah
Modifikasi

Megapro Lawas Buat Bahan Modif Tracker, Siap Budget Minim!

Pada tahun 1930an, flat tracker sempat populer di Amerika Serikat dan banyak dibangun sebagai prototype ataupun full untuk balapan. Saat itu, balapan masih sangat dibatasi bagi perusahaan besar. Sedangkan aliran modifikasi untuk saat ini, modif tracker sebenarnya lebih banyak dipengaruhi oleh style lawas yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Oleh karenanya, kebanyakan modifikasi tracker yang dibangun berdasarkan kultur (custom culture) punya bentuk tangki kecil, memanjang dan mirip cangkang kacang. Kursinya hanya satu dan bagian ekornya meruncing, dan ada juga yang spatbor belakangnya dipotong. Garpu depan turut dilucuti hingga ke rangka dengan dimensi roda 19″ atau kadang-kadang 18″ untuk mendapatkan efek gagah di sisi depan.

 

Megapro Buat Bahan Modif Tracker

Kombinasi beberapa aliran modifikasi ke dalam satu sepeda motor merupakan hal yang lumrah. Seperti yang dilakukan bengkel modifikasi Clacustique di Depok. Saat menyambangi bengkel tersebut, ada salah satu motor modifikasi bergaya tracker. Basisnya menggunakan Honda Megapro lansiran 2004. Memang, tracker sendiri merupakan salah satu aliran modifikasi motor bergaya retro yang kini banyak digemari. 

bengkel custom clacustique depok

Pemilik bengkel, Maiyudi mengatakan, Megapro bergaya Tracker di bengkelnya tersebut merupakan salah satu motor yang diubah dengan biaya relatif minim, yakni hanya sekitar Rp 8 jutaan. Namun ubahan yang dilakukan cukup maksimal, bahkan hampir di seluruh sisi dan sudut motor. Mulai dari rangka, tangki sampai jok. Bagian yang masih dipertahankan cuma mesin dan swing arm (lengan ayun). Jika ingin lebih hemat lagi pun bisa, swing arm tetap pakai yang asli. 

 

Harley Yang Menyalahi Kodrat Modif Aliran Scrambler

 

Rombak Total Bossque

megapro modifikasi tracker bengkel clacustique
Honda Megapro Lansiran 2004 Garapan Bengkel Custom Clacustique

Seperti modifikasi motor retro pada umumnya, rangka bagian belakang dipotong biar terlihat lebih pesek. Sehingga posisi tempat duduk rider dan boncenger sama tinggi. Jok kemudian diganti dengan permukaan kulit garis-garis khas motor retro. 

Tangki megapro tracker ini terlihat masih menggunakan tangki asli, namun bentuknya sudah diubah menjadi bergaya retro yang tanpa lekukan tajam. Untuk aksesori, lebih “ngirit” jika menggunakan produk variasi aftermarket yang harganya relatif murah. Mulai dari batok lampu, speedometer, hingga suspensi belakang. Hanya suspensi depan yang diganti produk asli milik Yamaha Byson. Untuk bagian roda, pelek asli ukuran ring 18 diubah menjadi pelek ring 17 inchi kepunyaan Champ. Bagian depan menggunakan tapak lebar dengan ukuran 2,5 inchi, sedangkan bagian belakang 3,5 inchi. Pelek dibungkus dengan ban tubeless Swallow Street Enduro biar makin klop.

Youtube Belipart