Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
cara menahan emosi saat puasa
Tips & Trik

Tips dan Cara Berkendara Tegar Menahan Emosi Meski Puasa

Bulan puasa di tengah pandemi, tidak menyurutkan pejuang rupiah melakukan aktifitas di luar rumah. Ada beberapa cara menahan emosi yang perlu kamu perhatikan biar puasa tetap lancar. Pada dasarnya, kondisi fisik dan psikologi mengalami perbedaan saat berpuasa. Terlebih ketika cuaca panas serta kondisi jalan yang semraut dan macet yang bikin pengendara lebih cepat emosi. Pasti pernah kan, lagi ngantri di lampu merah terus ada yang nyerobot dari samping?

Hal seperti di atas bisa aja bikin kita makin gregetan. Tangan mengepal setang lebih kencang, otot juga makin tegang, darah pun mengalir lebih cepat. Hati-hati ya sobat bikers! hilangnya kesabaran pas riding justru menimbulkan bahaya, buat diri sendiri ataupun orang lain. Ingat juga kalau lagi puasa, loh. Tetap sabar biar pahalanya makin besar. Setuju? Ada beberapa tips buat kamu, cara berkendara tegar menahan emosi meski saat puasa. Simak baik-baik ya!

 

Cari Masjid atau Mushollah

berwudhu bisa meredam emosi saat puasa

Salah satu cara menahan emosi di jalan yang sering saya juga lakukan adalah mencari masjid. Ketika panas terik menyengat, tubuh pun juga semakin banyak keluar keringat. Berteduh dan jangan memaksakan! carilah masjid terdekat untuk mendinginkan tubuh terutama kepalamu. Syukur-syukur kalau waktunya pas adzan sholat dhuhur atau ashar biar skalian bisa sholat jamaah. Berwudhu adalah hal paling nikmat dan tepat untuk meredam emosi setelah berkendara.

Seperti yang dianjurkan ketika seorang muslim terpancing emosi adalah dengan berwudu. Air yang mengalir mengenai wajah, tangan, kepala dan kaki akan menyalurkan perasaan sejuk ke seluruh tubuh. Sehingga rasa marah yang membakar bisa padam. Wih, mantab gak tuh?

 

Tertib Aja Nggak Cukup, Perlu Rubah Mindset Berkendara Yang Benar!

 

Adakah Tempat Nyaman Selain Ubin Masjid?

istirahat di masjid saat puasa

Setelah berwudhu, cobalah beristirahat atau sejenak membaringkan tubuh ke lantai masjid. Hmm.. rasakan kenyamanan hakiki ubin yang dingin. Hal ini juga bermanfaat agar otot-otot yang tadinya tegang bisa kembali rileks. Peredaran darah juga makin lancar dong pastinya karena posisi rebahan akan membuat jantung lebih ringan memompa darah ke otak.

 

Cara Menahan Emosi saat Puasa yang Cukup Efektif

Kalau sobat nggak punya cukup waktu untuk mampir ke masjid, nggak jadi masalah. Pemakaian helm yang berjam-jam memang suka bikin kepala jadi gerah. Ketika ada insiden di jalan yang bikin kamu mudah terpancing emosi biasanya juga  dipengaruhi kondisi yang kurang nyaman, misalnya helm. Kamu bisa saja menepi di tempat yang teduh dan aman untuk membiarkan angin menyejukkan kepala. Setelah itu jangan lupa helmnya dipakai lagi ketika hendak melanjutkan perjalanan.

Youtube Belipart