Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
montir nakal bengkel motor
Edukasi

Montir Nakal Suka Curang Saat Servis Motor, Ini Tanda-tandanya!

Pernah merasa tekor setelah servis sepeda motor? Bisa jadi Sobat Bikers kena tipu karena biaya perbaikan terlalu besar. Pengalaman merasa tertipu bisa dirasakan siapa saja, terutama pada pemilik yang nggak begitu paham soal motor dan servis. Biasanya, aktivitas perbengkelan ini dimulai dari kelakuan montir nakal yang coba cari celah untuk mendapat untung lebih. Biar nggak sampai ketipu, ada baiknya pemilik kenali tanda-tanda kalau lagi dikerjai orang bengkel. Berikut penjelasan tanda-tanda montir curang dalam menaikkan harga servis :

 

1. Montir Nakal Nggak Menjelaskan Permasalahan

memeriksa kesalahan pada motor

Bengkel memang tempat mencurahkan isi hati tentang keluhan kita tentang keadaan motor. Entah merasa ada masalah dari performa, sampai ada suara mesin yang menggelitik, semua bisa dibicarakan. Mengatasi berbagai persoalan seperti itu pasti akan disampaikan secara detail dan jelas dari montir apa saja yang dilakukan maupun yang mungkin diganti. Namun, jika si mekanik nggak terbuka akan hal ini, kalian perlu waspada. Cobalah aktif bertanya sama mekanik, dengan begitu bagian yang perlu diperbaiki atau sparepart yang diganti bisa dipahami.

 

Baca juga : Rem Cakram Kurang Pakem, Pahami Penyebab dan Cara Atasinya!

 

2. Kerap Mengada-ada Permasalahan 

Aktivitas ke bengkel bukan hanya dilakukan saat kerusakan besar, bisa saja pemilik cuma ingin mengganti komponen fast moving seperti kampas rem atau bohlam lampu. Namun hati-hati karena montir bisa merayu sampai membuat kondisinya seperti perlu memeriksa bagian lain motor. Memang sih, hal lumrah jika montir mengecek bagian motor satu per satu saat mulai diservis. Tapi jika pada saat ini biasanya montir nakal bakal ‘menakut-nakuti’ sobat dengan berbagai alasan, padahal kondisi sebenarnya masih cukup layak.¬†

Sobat boleh curiga soal hal itu, apalagi jika penggantian sparepart nggak ada hubungan sama sekali dengan keluhan yang dirasakan. Sobat Bikers mesti bijaksana soal hal ini, kadang bagian yang direkomendasikan servis memang betul diperlukan, namun ada juga yang mungkin belum saatnya diservis. Bila langsung asal ganti, kalian bisa kebobolan biaya servis yang sebenarnya nggak perlu dilakukan. Jika ragu sobat bisa menolak dan mencari bengkel lain yang lebih terpercaya.

 

3. Montir Nakal Mengganti Sparepart Tanpa Persetujuan

biaya servis motor

Hal yang satu ini masih berhubungan dengan persoalan di atas, terkadang ada juga montir nakal yang langsung memasang suku cadang pengganti tanpa persetujuan. Padahal, secara etika, semua jenis pergantian suku cadang, wajib atas persetujuan sang pemilik motor. Kalau sudah begini, pemilik bisa komplain atau setidaknya beradu argumentasi sebelum ‘ditodong’ bon pembayaran.

 

Baca juga : Bagaimana Porting Polish Bisa Dongkrak Power Mesin? Pahami Dulu Artinya!

 

4. Rekomendasikan Suku Cadang ‘Abal-abal’

Pada beberapa kasus meski cukup jarang ditemui, para montir kerap menawarkan penggantian suku cadang palsu alih-alih agar biaya servis lebih murah. Padahal kalian tahu nggak sob, selain berbahaya part palsu ini juga bikin pengeluaran jadi makin besar. Biasanya barang palsu bukannya awet, malah cepat sekali habis yang mana mewajibkan sobat buat ganti lagi. Kejadian seperti ini memang ada saja montir yang memanfaatkan hal ini agar barang jualan bengkelnya laku dan sering melakukan servis ditempat itu lagi.

Youtube Belipart