Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor tanpa kick starter
Motor tanpa kick starter. gimana kalau aki tekor?
Edukasi

Motor Keluaran Baru, Ngga Pake Kick Starter?

Sob, tau dong kalau motor keluaran zaman now alias baru sudah engga pake kick starter? Emang kenapa sih kok udah ngga dilengkapi kick starter?

Ternyata Ini dia Alasannya Motor Baru Engga Pake Kick Starter!

Dilansir dari web astramotor, ada beberapa alasan kenapa kick starter udah ngga ada Sob, diantaranya

1. Tren yang berubah

Ngga cuma fashion, motorpun juga punya trennya sendiri Sob. Lama-kelamaan tren motor akan dibuat semakin simpel dan praktis. Termasuk dengan menerapkan electric starter pada motor.

2. Kick Starter Bisa Mengeras Jika Jarang digunakan

Sob tau ngga sih, kick starter yang jarang digunakan itu bisa mengeras akibat dari kotoran yang menumpuk. Hal ini, tentunya bisa bikin bikers kerepotan. Sehingga pabrikan memutuskan untuk ngga pake kick starter.

3. Bisa merusak komponen lain jika jarang digunakan

Biasanya kebanyakan bikers menggunakan kick starter saat aki tekor. Hal ini, membuat bikers menunda dalam memperbaiki aki (baik diganti atau disetrum ulang). Padahal aki yang tekor bisa berpengaruh ke komponen kelistrikan lain pada motor loh Sob. Jadi, dengan menghapus kick starter harapanya Kamu jadi makin disiplin dan care lagi ke motor Kamu Sob.

Lah terus gimana kalau aki tiba-tiba mati atau tekor Mister? Gimana cara hidupinnya? Apa perubahan ini malah bikin repot?

Fitur Panel Penunjuk Kesehatan Aki (Voltmeter)

Tenang Sob, pabrikan pasti bakalan mikirin kamu kok. Motor yang engga pake kick starter, saat ini telah dilengkapi dengan indikator penunjuk kesehatan aki. Jika akimu bermasalah maka motor tidak akan langsung mati. Namun, indikator akan berkedip.

Voltmeter Motor

Note:
Jika voltmeter sudah menujukkan tegangan aki dibawah 12 Volt, segera lakukan pengecekan apakah aki bisa dicharge ulang atau perlu ganti baru. Aki yang sehat memiliki tegangan sekitar 12 volt saat motor mati dan 12.5-14 volt saat mesin motor berjalan dengan kondisi tanpa beban.

Lalu Bagaimana kalau motor sudah keburu mati?
Kalau motor sudah keburu mati, Kamu bisa lakukan seperti di mobil yakni melakukan “Jumper aki”. Jika masih belum nyala juga, segera hubungi mekanik untuk penindakan lebih lanjut.

 

B

Youtube Belipart