Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor karbu susah hidup di pagi hari
Tips & Trik

Mengatasi Motor Karbu Susah Hidup di Pagi Hari

Untuk mengatasi motor karbu susah hidup dipagi hari atau saat mesin dingin yang perlu diperhatikan adalah busi dan kombinasi setelan dari pilot jet, air screw, jet needle. Cara tuning karbu disarankan diawali dengan mencari ukuran main jet yang pas sebab main jet mempengaruhi bukaan gas 3/4 sampai penuh. Untuk mengetahui ideal tidaknya main jet, kalian bisa bandingkan warna busi sebelum dan sesudah mesin dinyalakan.

 

Periksa “Kesehatan” Busi

periksa busi motor susah nyala

Pertama, copot busi dan bersihkan dengan direndam bensin beberapa saat dan sesekali disikat dengan sikat gigi. Setelah itu keringkan dan pasang kembali businya. Kalo memang kondisi busi sudah kotor parah dan berkerak atau bahkan mati, lebih baik diganti baru aja sob. Biasanya jika busi sangat kotor berkerak hitam legam, ada kebocoran oli yang masuk dalam ruang bakar mesin kalian. Dan hal tersebut butuh treatment yang berbeda untuk mengatasinya.

Oke balik lagi ke topik, busi sudah terpasang dan coba hidupkan mesin dengan sesekali buka gas penuh. Apakah masalah sudah beres atau motor masih susah hidup? Kalo iya apa salahnya jika cek kembali kondisi busi apakah tetap dalam keadaan bersih. Warna isolator yang putih seluruhnya menunjukkan campuran yang terlalu kering. Setelan yang ideal adalah ada warna coklat pada bagian isolator yang dalam, sementara bagian lain putih. Apabila motor masih bermasalah ataupun busi terlihat basah bensin, lakukan tahap kedua berikut!

setting karbu motor susah hidup

 

Main Jet / Spuyer Nggak Sesuai Malah Bikin Brebet

Perhatikan apabila mesin berkitir di RPM tinggi terjadi gejala brebet, perlu penyesuaian ukuran main jet dengan perbesar ataupun perkecil ukurannya. Warna elektroda yang tampak kering kemerahan menunjukkan suplai bensin yang terlalu sedikit. Hal ini perlu memperbesar ukuran main jet kira-kira 2 step dari ukuran yang kalian gunakan saat itu. Begitu sebaliknya, ujung busi yang terlihat basah perlu memperkecil ukuran main jet. Hingga dirasa elektroda busi berwarna merah bata (merah agak gelap) tanda ukuran sudah sesuai.

 

Ciri bila campuran bensin terlalu boros / kaya:

  • Suara knalpot teredam dan tidak lancar
  • Kondisi makin parah saat dichoke
  • Kondisi makin parah saat mesin panas
  • Mencopot filter udara bisa mengurangi masalah
  • Busi gagal menyala karena basah / hitam

Ciri bila campuran bensin terlalu kering:

  • Mesin menjadi sangat panas
  • Kondisi membaik bila dichoke
  • Akselerasi lemot, tenaga lemah
  • Busi kering / putih
  • Putaran mesin tidak lancar, rpm tidak stabil

 

Jet Needle Untuk Akselerasi di 1/4 Gas

Setelah setelan main jet pas, yang perlu dilakukan adalah mencari posisi ketinggian jarum jet needle. Jet needle mempengaruhi bukaan gas dari ¼ hingga ¾. Cara pengecekan bisa dengan pengujian akselerasi atau kecepatan maksimal pada bukaan gas yang sama (¼ sampai ¾ bukaan gas). Setelan jet needle yang sudah sesuai ditandai tarikan atau akselerasi yang responsif di ¼ hingga ¾ putaran gas.

 

Biar Langsam Lebih Oke

Dan yang terakhir adalah untuk setting agar bukaan gas pada 0 sampai 1/4 lebih mantap yaitu dengan mengatur pilot jet dan air screw. Setelan yang pas akan membuat mesin bisa berakselerasi secara mulus dari posisi idle. Gas dikit motor melaju lancar. Indikatornya adalah motor akan lebih mudah dan lama hidup dalam kondisi idle. Gak perlu buru-buru ganti pilot jet, putar air screw hingga motor susah hidup bisa langsam kembali pada raungan mesin tertinggi tanpa memutar gas sedikitpun.

 

Share jika artikel ini bermanfaat dan komentar bila ada yang ingin menambahkan. Semoga berguna.

4 Komentar

  1. beat w sering bngt nh begini, tapi tetep susah langsam. gmn th? mhon dbantu

    1. Mr. Zack, karbu beat standart punya yg namanya “choke otomatis”. Wujudnya kyk cangkang keong yg berkabel. Pastiin bagian ini baik2 aja. Kalo masih bermasalah coba cek kebocoran manifold maupun sambungannya.

Youtube Belipart