Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Motor Kustom
ModifikasiUmum

Motor Kustom Mengandung Karya Seni

Motor Kustom

Motor kustom saat ini sudah berkembang pesat, motor kustum untuk sebagian orang merupakan motor yang mengandung karya seni dan sejatinya motor kustum dijadikan ajang kontes. Namun, seiring berjalannya waktu motor kustum dijadikan motor yang digunakan sehari-hari oleh sang pemilik.

Motor kustum yang paling banyak dicari adalah konsep “daily use“. Konsep ini bergaya ke arah scrambler, tracker, atau cafe racer. Dari segi tampilan motor berkonsep “daily use” ini memang tidaklah terlalu mencolok, berbeda dengan chopper yang perubahannya total. Kalau scrambler atau tracker, perubahannya hanya hanya di tangki, spakboard, lalu dikasih ban pacul. Berbeda dengan chopper yang pada umumnya bikin rangka sendiri, sudut rake lebih miring, suspensi depan lebih panjang, dan lainnya.

Selain itu, motor kustom bergaya sportster dan bobber pun banyak diminati. Motor kustom ini banyak diminati karena motornya nyaman untuk dikendarain dan bias juga utuk berboncengan.

Saat ini banyak konsumen yang menganggap kalau motor kustom susah dirawatnya, padahal perawatan motor ini sama saja dengan motor pada umumnya.

Motor kustum saat ini memakai bahan-bahan yang tidak terlalu tua untuk modifikasinya dikarenakan banyak konsumen yang menggunakan motor kustum untuk kendaraan yang dipakai sehari-hari. Sebelum ingin menggunakann motor kustom yuk kenali dulu gaya motor kustom di bawah ini:

Baca juga : Rekomendasi Ban Motor Custom

  • Café Racer

Café racer aliran motor kostum dengan konsep motor balap zaman dahulu. Ciri yang paling menonjol dari aliran ini adalah stang jepit yang otomatis membuat posisi badan lebih menunduk ketika berkendara layaknya motor balap. Ciri lainnya adalah jok yang rendah, dengan bentuk bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas.

  • Jap’s Style

Jap’s Style menyerupai motor Harley Davidson dengan versi mininya. Mengenali model ini dari joknya yang bertipe single seater yang dibuat lebih tipis dan posisinya lebih rendah dari tangki. Motor ini menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang kecil dan pemilihan ban yang besar dan lebar, membuatnya lebih stabil dan mantab ketika digunakan untuk berkendara.

  • Chopper

Ciri chopper sangat menonjol, dengan fork atau garpu depan yang sangat panjang, diameter ban depan yang cenderung lebih besar dari ban belakang, bentuk stang yang tinggi dan jok rendah. Karena bentuknya yang unik, kamu akan memerlukan rangka (chassis) yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya.

  • Bobber

Bobber dan Chopper memiliki prinsip yang sama, yaitu memotong beberapa bagian, namun bobber tetap mempertahankan chassis standar. Ban yang digunakan pada motor aliran ini sama dengan yang digunakan pada motor chopper, yang membedakan adalah ring yang digunakan tidak terlalu lebar dibandingkan dengan motor chopper.

  • Brat Style

Brat Style punya ciri khas yang membedakannya dari model motor kustom lain, yaitu tangki besar dan panjang, ban  besar dan tinggi dengan kembangan klasik, serta warna yang umumnya cenderung flat dan gelap

  • Scrambler

Kustom Scramble atau kustom dengan model trail ini sangat cocok untuk semi off road dan mendaki pegunungan. Selain itu, ciri lain dari motor ini adalah knalpot yang biasanya berada di samping motor.

  • Flat tracker

Flat Tracker punya tampilan berciri khas tangki kecil dan buntut yang meruncing. Motor model adalah salah satu motor dengan aliran retro, dengan tongkrongan yang tinggi dan disebut-sebut sebagai motor yang cekatan dan serba bisa. Hal ini karena flat tracker sebenarnya adalah julukan untuk motor di arena balap di Amerika yang menggabungkan antara track tanah dan sirkuit datar. Makanya, karakternya terlihat jelas pada bagian stang yang lebar dan grip ban kotak.

Youtube Belipart