Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor matic boros bensin
Edukasi

Motor Matic Boros Bensin, Bisa Karena Perilaku Diri Sendiri!

Motor matic memang menjadi pilihan banyak orang karena praktis dan mudah digunakan. Tapi karena kebiasaan berkendara yang salah, malah bikin motor matic jadi boros bensin. Konsumsi bahan bakar motor matic yang boros ternyata sangat dipengaruhi perilaku pengendaranya. Seperti beberapa kebiasaan pengendara ini yang dilakukan secara nggak sadar. Mana yang sering Sobat Bikers lakukan?

 

Manasin Mesin Kelamaan 

Pengendara motor matic tentu sudah familiar dengan kebiasaan memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Memang sebaiknya mesin motor dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, agar oli mesin bersirkulasi merata di dalam mesin. Tapi jangan kelamaan, itulah yang justru membuat motor matic jadi boros bahan bakar. Memanaskan mesin cukup 1-2 menit.

 

Arogan Bikin Matic Boros Bensin

Mayoritas kesalahan yang dilakukan adalah sering memutar gas berlebihan untuk mendapatkan akselerasi cepat. Hal ini tentu sangat berakibat konsumsi bahan bakar meningkat drastis. Berakselerasi cepat dengan motor matic berarti mesin langsung bekerja di putaran tinggi. Artinya suplai bahan bakar ke ruang pembakaran pun semakin deras. Maka dari itu, atur putaran gas dengan diurut perlahan sampai mencapai kecepatan yang diinginkan.

 

Baca Juga : Skutik Entry Level, Honda Yamaha Suzuki, Mana Yang Paling Irit?

 

Begitu pula saat melakukan pengereman, sering mengerem mendadak seperti ketika membuntuti kendaraan lain. Hal ini memicu refleks memulai akselerasi dari kecepatan rendah lagi. Tentunya ini berdampak pada jumlah bensin yang dibakar.

Maksimalkan pula fungsi rem depan dan mengurangi penggunaan rem belakang. Menggunakan rem depan saat pengereman nggak terlalu membebani kerja mesin. Sedangkan jika menggunakan rem belakang, otomatis putaran mesin menurun drastis karena roda belakang terhubung dengan mesin.

 

Penggunaan Bahan Bakar Oktan Rendah

isi bensin tidak sesuai kompresi mesin

Kebiasaan yang memicu motor matic boros bahan bakar yaitu sering menggunakan bahan bakar oktan rendah. Motor matic zaman sekarang sudah dirancang mengkonsumsi bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) antara 90 – 92 atau setara Pertamax. Tapi, nggak sedikit pengendara motor matic yang pakai jenis bahan bakar di bawah itu. Karena kompresi mesin nggak sesuai untuk bahan bakar dengan RON, otomatis mesin jadi ngempos.

 

Kenali Tanda Komponen CVT Bermasalah, Cegah Kerusakan Makin Parah

 

Membawa Beban Berlebih

Faktor kebiasaan yang nggak disadari yang membuat motor matic boros bahan bakar adalah membawa beban berlebih. Karena dengan membawa beban lebih berat, butuh tenaga lebih besar pula. Secara nggak langsung membuat pengendara “memaksa” putar gas lebih dalam.

Youtube Belipart