Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor mogok akibat musim hujan
Tips & Trik

3 Hal Penting Saat Motor Mogok Akibat Musim Hujan

Diantara kalian ada nggak yang pernah ngalamin kondisi dimana lagi buru-buru, motor malah mogok? Rasanya ngeselin banget kan, terutama saat musim hujan kayak gini, bikin motor sering kali kehujanan. Biar kalian nggak mengalami kejadian diatas, ada baiknya sobat simak baik-baik tips mengatasi motor mogok disaat musim hujan begini! Dan pastikan beberapa poin ini sudah dalam daftar checklist dan periksa beberapa bagian ini jika motor mogok akibat kehujanan :

 

Indikator Speedometer Saat Motor Mogok

Dalam berbagai kejadian, motor mogok saat musim hujan seperti ini biasanya disebabkan oleh kelistrikan yang nggak berfungsi normal sebagaimana mestinya. Apabila nggak menyala meskipun kunci kontak di posisi ON, kalian bisa cek di bagian aki, sob. Biasanya kutub positif dan negatif aki mengalami penumpukan deposit atau kerak putih yang menyebabkan aliran listrik nggak tersalur dengan baik. Peristiwa ini disebabkan oleh air hujan yang masuk melalui celah-celah dan membentuk butiran garam pada kutub aki.

Jika kejadian tersebut kalian alami, tinggal kalian copot baut yang berada di kutub aki lalu bersihkan dengan sikat gigi bekas. Dan jangan lupa pasang kembali ke posisi semula dengan mengoleskan gemuk pada masing-masing kutub aki agar nggak terjadi lagi hal seperti di atas.

 

Cek Ketersediaan Bahan Bakar

Kalian pasti sudah tahu jika bensin merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh mesin, tanpa bensin mesin nggak akan bisa bekerja. Oleh sebab itu sebelum membawa motor kalian ke bengkel, sebaiknya cek dulu apakah pasokan bensin kalian mencukupi. Pastikan indikator bensin pada speedometer kalian berfungsi ya. Atau kalian bisa lihat langsung ke tangkinya dan pastikan nggak ada campuran air di dalam tangki bensin.

Baca juga : Starter Motor Tiba-tiba Mati, Cek Empat Komponen Ini!

Bagaimana jika ternyata bensin masih cukup banyak tapi motor belum bisa nyala? Kalo motor kalian bermesin injeksi, cobalah putar kunci kontak ke posisi “OFF” kemudian putar kembali ke posisi “ON”. Jika terdengar bunyi seperti mendengung beberapa detik saat kunci “ON”, maka kalian bisa lanjut ke langkah berikutnya.

 

Pengapian Busi Mati

Nah yang terakhir, kalian bisa beralih pada bagian busi. Bagian ini juga kerap bikin motor mogok saat musim hujan gini sob. Busi yang longgar membuat ruang bakar kemasukan air, sehingga campuran bahan bakar nggak meledak secara sempurna. Cara terbaik adalah dengan memeriksa ujung busi, perhatikan apabila terdapat bekas air segera lap dengan tisu atau kain kering. Lalu cobalah starter motor kalian dengan kondisi busi yang masih dilepas beberapa saat. Kemudian barulah pasang kembali busi ke posisi semula dan pastikan terpasang dengan pas dan kencang.

Kenali Jenis Busi Motor Biar Nggak Pake Yang Asal Racing

Busi sudah terpasang tapi kok tetep nggak bisa nyala? Bisa jadi busi kalian sudah mati sob. Cara ceknya gampang, lepas busi dari mesin lalu tancapkan pada cop busi. Kalo sudah, tempelkan busi pada bodi motor kemudian nyalakan kunci kontak ke posisi “ON” lalu pencet tombol starter. Kalo busi sedikit pun nggak memercikan api sama sekali bisa jadi busi kalian sudah mati. Tapi cek juga kabel busi atau kabel koil pastikan nggak ada yang lepas atau putus. 

Youtube Belipart