Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & Trik

Motor Mogok Karena Banjir Bisa Diatasi Dengan Mudah

Gimana keadaan Sobat Bikers sekarang? Masih kebanjiran? Semoga banjir lekas surut dan keadaan kembali normal. Nggak cuma itu, banjir juga menghambat aktifitas kita berkendara, banyak rute maupun jalan protokol di Jakarta yang terendam banjir. Adakah diantara kalian yang ngalamin motor mogok saat menerobos banjir? Nah, mulai sekarang kalian nggak perlu galau lagi kalo motor mogok gara-gara banjir karena gue bakal kasih tau tips gimana cara menghidupkan motor setelah menerjang banjir. Simak baik-baik ya!

 

Cek Kelistrikan Kalo Motor Mogok Karena Banjir

mogok banjir jakarta

Dalam berbagai kejadian, motor mogok mendadak biasanya disebabkan oleh kelistrikan yang nggak berfungsi normal sebagaimana mestinya. Pastikan listrik mengalir saat kunci kontak berada di posisi “ON”. Penyebab listrik yang mati bisa juga disebabkan oleh sekring yang putus akibat konsleting saat banjir. Umumnya ini terjadi pada motor yang mengadopsi pengapian DC yang mana fungsi sebuah aki motor akan sangat penting. Hal ini kemungkinan besar akan terjadi pada motor yang letak akinya ada dibawah dek kaki seperti Honda Beat terbaru.

 

Cangklong Busi Mengendap Air

Komponen ini merupakan bagian penghantar listrik untuk proses pengapian yang cukup sensitif terhadap air. Karena letaknya notabene berada di posisi yang rendah, sangat memungkinkan apabila air akan mudah sekali menjangkau bagian ini. Nah, hal yang harus kalian perhatikan adalah cek apakah cangklong busi terendam air atau nggak. Untuk menanganinya tinggal sobat copot dari busi dan kabel koilnya. Setelah itu kalian bisa keringkan dengan cara ditiup sekencang mungkin agar air dalam cangklong busi bisa keluar hingga kering. Setelah itu tinggal kalian pasang lagi ke posisi semula.

 

Karburator Kemasukan Air

karburator kemasukan air waktu nerobos banjir jakarta

Nah ini adalah salah satu kelemahan dari motor yang belum menggunakan teknologi injeksi. Komponen yang mengatur debit bahan bakar ini akan merepotkan jika kemasukan air, meskipun dalam jumlah air yang sangat kecil motor bakal mogok. Akan lebih buruk lagi apabila sebagian besar air masuk kedalam ruang bakar dari karburator, hal ini menyebabkan kerusakan parah pada mesin yang dikenal dengan “water hammer”. Apa itu water hammer? Nanti bakal gue bahas di artikel yang berbeda. Nah, untuk mengatasi karburator yang kemasukan air, kalian bisa membuka baut yang berada pada bagian paling bawah karbu. Dengan mengendorkan baut ini diharapkan air yang bercampur bensin pada tandon bensin bisa keluar semua. Kuras bensin pada karburator sampai habis, setelah itu kencangkan kembali baut ini dan coba untuk di selah beberapa kali agar bensin dari tangki turun ke karbu.

 

Okey, itu dia cara menangani motor mogok karena menerobos banjir. Ada baiknya kalo kalian menghindari genangan banjir yang tingginya melebihi dek bawah atau pijakan kaki motor kalian. Lebih baik kalo matiin dan dorong motor pas nerobos banjir sambil perhatikan air nggak masuk dari karbu dan knalpot. Tetap hati-hati di jalan dan jangan lupa perhatikan daerah langganan banjir agar bisa kalian hindari dan melewati rute alternatif lainnya.

Youtube Belipart