Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
permasalahan penyakit bawaan honda vario
Tips & Trik

Penyakit Bawaan Honda Vario Yang Bikin Bete Part 1

Dari sekian line up yang ada, keluhan yang sering muncul dari pengguna Honda Vario yaitu ‘gredeg’ getar parah di RPM bawah. Hal tersebut biasanya terjadi ketika motor sedang berusaha mengail akselerasi awal dari posisi berhenti. Alhasil, getaran merambat sampai ke setang kemudi yang bikin risih dan tarikan pun jadi kurang nendang. Masalah seperti ini sudah dianggap sebagai penyakit bawaan Vario. Sayangnya, bukan cuma itu saja kendala-kendala yang menghantui skutik Honda satu ini. Lebih jelasnya, yuk telusuri apa saja keluhan pada All varian Honda Vario dan berikut cara mengatasinya!

 

Getaran di CVT Honda Vario

Penyebab tarikan awal Vario bergetar yaitu karena pada bagian kampas kopling ganda (weight set) dan mangkok (clutch housing) sudah tipis. Kalau sudah begini, kemampuannya di tanjakan bakal payah. Nggak cuma getar, selip pun juga. Masalah ini kerap muncul di skutik Honda bermesin 125cc ke atas. Mulai dari Vario, bahkan motor sekelas PCX pun mengalami gejala yang sama. Munculnya vibrasi pada bagian ini bisa bermacam-macam penyebabnya. Oleh karena itu, bakal ada pengelompokan berdasar gejalanya.

 

Dengan Gejala Gredeg

Bagian CVT yang bergetar dengan ciri ‘gredek-gredek’ di putaran bawah biasanya disebabkan oleh kopling ganda yang bermasalah. Bisa jadi ini disebabkan karena adanya debu yang menempel pada bagian kopling dan roller akibat gesekan berlebih. Solusi pertama yaitu dengan membersihkan bagian CVT dari debu yang menempel di sekitar area tersebut. 

 

Dengan Penyebab Misterius

Bila masih bergetar juga, sebaiknya Sobat Bikers perlu ‘berkreasi’ di bagian kopling sentrifugal. Dengan catatan, semua bagian CVT telah dilakukan pembersihan. Akhirnya muncul investigasi yang kedua yaitu, gesekan pada kampas sentrifugal dan mangkok kopling kurang ‘greget’ sehingga muncul getaran. Untuk menghilangkan getaran yang muncul gejala seperti ini, bisa dilakukan dengan mengganti kampas kopling ganda punya Yamaha NMax.

kampas ganda yamaha nmax pada honda vario
Permukaan kanvas sentrifugal Nmax (kanan) lebih panjang

Bentuk kampas NMax sedikit lebih panjang dan dapat dipasang tanpa ubahan. Untuk pemasangannya sendiri tinggal pasang saja dan per kampas kopling ganda bawaan Vario 125/150 masih bisa dipakai. Dengan bidang kampas lebih panjang, maka cengkeraman ke mangkok kopling lebih menggigit. Gesekan pun bisa diminimalisir dan gejala gredek hilang. Sayang, harga kampas kopling Yamaha NMax lumayan mahal, yaitu sekitar Rp 350-373 ribu. 

modifikasi mangkok ganda kopling matic

Sudah banyak bengkel spesialis matik yang bisa mengatasi masalah ini. Mekanik bakal memperbaiki bagian kopling sentrifugal yang memang jadi biang keladi. Dan biasanya, supaya pembuangan debu dan grip clutch lebih optimal, mekanik membuat lubang-lubang kecil (simetris) pada bagian clutch bell (mangkok kopling).

CVT Motor Matic Bergetar, Solusinya Nggak Bikin Repot

 

Tarikan ‘Letoy’

Seiring pemakaian, sang Vario kesayangan lama kelamaan performanya bakal menurun. Bila sudah begini, tarikan motor semakin lemah, loyo melibas tanjakan apalagi diajak boncengan. Persoalan tarikan yang ‘letoy’ ini biasanya lebih banyak terjadi di bagian CVT juga, agak nyambung dengan poin pertama yang tadi sudah dijelaskan.

Masalah yang terjadi biasanya karena ruang CVT kotor, kondisi V-belt yang aus, roller peyang, atau pegas CVT lemah. Bisa jadi, bagian CVT ini perlu mendapat penggantian part baru pada beberapa bagian yang sudah aus seperti yang disebutkan tadi. Tapi masalah seperti ini nggak melulu soal box transmisinya ya, sob. Faktor mesin juga turut jadi penyumbang.

 

Honda Vario 125 Ngempos Tarikan Awal, Perhatikan Hal Ini!

 

Komponen Matic Aus

Setiap 8 ribu kilometer, sabuk CVT harus dicek sekaligus dilakukan pembersihan karena banyak debu. Hal ini juga berlaku untuk roller dan kampas ganda. Sementara itu, penggantian V-belt dilakukan setiap 24 ribu Km atau paling lambat 2 tahun (tergantung pemakaian). Penggantian ini bisa lebih cepat apabila secara fisik terdapat kerusakan atau getas pada komponen yang barusan disebut. 

Filter Udara

filter udara kotor

Satu bagian lagi yang sering terlupakan, namun jadi penyebab tarikan motor jadi berat. Filter udara, dimana penyaring ini berfungsi menahan debu biar nggak masuk ke ruang bakar. Sebab, debu yang masuk bikin ruang bakar jadi kotor dan menimbulkan kerak karbon di dalamnya. Maka penting sekali peran filter udara ini. Apabila sudah terlalu lama air filter dibiarkan, debu lama-kelamaan bakal menumpuk dan menyumbat filter sehingga asupan udara berkurang. Ingat, bahwa peran udara terhadap bahan bakar ini sangat penting.

 

Filter Udara Racing Vs Standar Buat Harian, Oke Yang Mana?

 

Berdasarkan buku manual, filter udara perlu diganti tiap 16 ribu kilometer. Bila masih di bawah 10 ribu Km, bisa dibersihkan sendiri dengan mengetuk-ngetuk bagian filter yang sudah dibongkar ke lantai biar debunya rontok. Hindari penggunaan angin kompresor, ya!

Lanjutan ke Part 2 klik disini ya!

Youtube Belipart