Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
penyakit vespa modern
Tips & Trik

Penyakit Musiman Vespa Modern Yang Harus Diwaspadai

Vespa sebagai salah satu produk otomotif ikonik asal Itali ini memang selalu mendapat atensi dari para penggemarnya. Terbukti sejak vespa klasik datang pertama kali di Tanah Air peminat skuter satu ini nggak pernah surut. Malah makin bertambah meski vespa klasik yang makin lama semakin uzur jadi sering trouble. Di dunia ini memang nggak ada yang sempurna. Ternyata, skuter vespa modern juga kerap ketularan penyakit musiman seperti motor skutik pada umumnya. 

Permasalahan wajar pada skuter matik tentu saja turut diderita si vespa matic yang ini. Penasaran penyakit apa saja yang sering dialami vespa modern, khususnya Vespa Sprint 3Vi ini? Simak kronologi beserta solusi lengkapnya di bawah ini ya sob!

 

Tarikan Grenjel Pada Vespa Sprint 3Vi 

kampas ganda vespa

Perkara yang satu ini sudah menjadi rahasia umum. Masalah ini sering timbul bahkan angka odometer belum menyenggol 4.000 KM. Disinyalir gejala ini muncul karena kampas kopling dan mangkok ganda CVT terjadi slip. Bisa jadi ini disebabkan kotoran debu ataupun komponen yang sudah aus. 

Tetap tenang sob, solusi biar gejala grenjel ini lenyap sebenarnya mudah. Sobat hanya rutin melakukan pembersihan di area ini. Sebaiknya proses ini pasrahkan saja pada mekanik biar sekalian periksa komponen CVT lainnya terjadi keausan atau nggak. 

 

Penyakit Rem Belakang Seret Vespa Modern

per tromol belakang
Per Mengembalikan Posisi Tuas Ke Posisi Asal Yang Tidak Dimiliki Vespa Modern

Pengguna vespa modern pasti sudah nggak asing lagi sama penyakit yang satu ini. Permasalahan dalam komponen pengereman memang cukup sering dialami skuter modern, khususnya Vespa Sprint. Mungkin hal ini disebabkan kotoran menumpuk di bagian tuas pada tromol. Agak berbeda sama skutik biasanya, meskipun abis kehujanan rem nggak juga macet. Ternyata memang beda sob, di bagian tuas tromol ini nggak ada per yang biasa ada pada skutik pada umumnya. Ya ini juga yang bikin proses baliknya tuas tromol vespa ini agak susah. Selain itu, memang diameter kabelnya lebih besar dan cepat karatan.

Masalah seperti ini mudah untuk diatasi, caranya pun simpel. Cairan penetrasi macam WD-40 (paling bagus produk serupa yang mengandung silikon) bisa kalian manfaatkan untuk mengusir karat yang menempel di bagian tuas tromol. Jangan lupa juga bagian ujung atas kabel rem juga dilumasi.

 

Baca juga : Rem Cakram Kurang Pakem, Pahami Penyebab dan Cara Atasinya!

 

Karet Bushing Oblak Bikin Geol

bushing pu vespa

Peranan karet bushing cukup penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Komponen ini turut membantu meredam goncangan dan getaran yang berasal dari mesin maupun benturan kontur jalanan. Tanpa adanya bushing membuat berkendara seperti naik sepeda, sob. Ditambah lagi, stamina sobat juga bakal cepat terkuras. Makin parah kondisi bushing atau mounting ini, bikin motor terasa nggak stabil. 

Nah, yang satu ini nggak bisa asal sembarangan ganti, harus dilakukan mekanik. Sobat tinggal bawa saja ke bengkel dengan menyiapkan ongkos sekitar Rp. 350 ribuan. Rinciannya yaitu, karet bushing Rp. 55 ribu per buah, dan ongkos jasa servis besar sekitar Rp. 200 ribuan. Sekalian servis besar, biar sekalian periksa kondisi komponen lainnya.

Youtube Belipart