Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
rantai motor timbul suara berisik
Umum

Penyebab Rantai Motor Timbul Bunyi Berisik

Dikira sepele, nyatanya rantai pada sepeda motor punya fungsi yang cukup krusial, sebagai penerus daya putar mesin dalam menggerakkan roda. Oleh sebab itu, perangkat gear set yang terdiri dari gir dan rantai ini perlu diperhatikan kondisinya dengan pengecekan secara periodik. Kurangnya perawatan, bikin gir dan rantai motor bakal cepat aus dan bisa jadi penyebab terjadinya bunyi berisik pada rantai.

Meski terdengar remeh, nyatanya bunyi pada rantai bisa kalian jadikan tanda bahwa gear dan chain kit disuruh ganti. Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas 3 penyebab timbulnya suara atau bunyi pada rantai motor kesayangan. Apa saja itu?

 

Keausan, Biang Keladi Rantai Motor Bunyi Berisik

rantai aus sebabkan bunyi berisik

Rantai motor yang aus salah satu penyebab yang paling sering dialami dan memicu timbulnya rantai bunyi berisik. Dibalik suara kasar yang muncul ini, kalian bisa saja celaka jika memaksakan rantai dengan kondisi ini untuk melakukan perjalanan. Resiko putus di tengah jalan makin besar jika diabaikan. Nggak seperti hubungan yang putus bisa diajak balikan, resiko rantai putus bisa sebabkan kecelakaan.

Rantai motor dan gear-nya adalah komponen yang termasuk dalam kategori sparepart fast moving, yang mana harus diganti tiap setahun sekali (periode yang lebih singkat dari komponen lain). Tentunya hal ini tergantung dari seberapa ekstrim dan sering dalam pemakaian motor. Kalau kalian jarang memakainya, bakal nggak terlalu masalah meski nggak ganti rantai dan gir dalam satu tahun. Begitupun sebaliknya. Untuk itu, pastikan kalian cek ricek terlebih dulu sebelum benar-benar menggunakan motor.

 

Baca Kode Gir Dan Rantai Ternyata Gampang Banget Kok

 

Kondisi Rantai Kering

pelumas rantai

Selanjutnya, bila ternyata nggak aus, bisa jadi bunyi pada rantai terjadi karena rantai motor dalam kondisi kering pelumas. Biasanya hal ini terjadi setelah motor habis menerjang banjir, yang bikin pelumas tersapu air. Kalau sudah begitu, yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengolesi rantai maupun gear-nya pakai pelumas khusus (chain lube). Hindari menggunakan oli bekas. Sebab, hal ini justru bikin semakin kotor dan kotoran lebih mudah menempel pada permukaannya. Dan, perlu kalian tahu, tujuan dikasih pelumas ini juga agar rantai nggak gampang korosi.

 

Rantai Motor Kendor Jadi Berisik

rantai motor kendor

Penyebab rantai motor muncul suara berisik yang terakhir bisa juga karena setelan rantai yang kendor atau malah terlalu kencang. Kendornya rantai biasanya disebabkan oleh perawatan yang jarang, usia komponen, hingga cara berkendara yang sering ugal-ugalan. Kendornya rantai sebenarnya bisa dengan mudah diatasi kalau kalian sering memperhatikan setelan rantai. Fungsi setelan ini untuk memajukan atau memundurkan posisi poros roda biar jarak main naik turun rantai semakin besar atau kecil.

 

Rantai Motor Kendor Bikin Bete! Ini Sebab Dan Solusinya

 

Tips Rantai Awet dan Tahan Lama

Biar rantai set kalian nggak sampai mengalami permasalahan di atas, perlu adanya perawatan yang intens. Seperti rutin membersihkan rantai. Kalian bisa pakai chain cleaner merk apapun, tentunya yang aman buat rantai. Pastikan juga kalian selalu cek ricek sebelum memulai berkendara. Yang paling penting, gunakan rantai dari brand-brand ternama atau yang original demi kualitas yang lebih bagus.

Youtube Belipart