Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ganti oli motor perhatikan klasifikasi jaso ma dan mb
Edukasi

JASO MA dan MB, yang Masih Bingung Boleh Merapat

Pilih-pilih oli di pasaran sekarang kadang bikin bingung karena banyaknya opsi yang tersedia. Pusing melihat banyaknya kode di kemasan oli? Salah satunya adalah JASO MA dan MB. JASO yang tertulis di kaleng atau botol oli adalah singkatan dari Japanese Automobile Standard Organization. JASO juga merupakan salah satu sertifikat kualitas oli yang dipakai secara Internasional. Sebab lembaga ini juga yang menetapkan dan menguji klasifikasi performa oli yang digunakan mesin 4-langkah produksi Jepang. Oleh karena itu, saya mau jelaskan perbedaan oli MA dan MB agar jangan sampai salah pas ganti oli.

 

Klasifikasi JASO MA dan MB

 

kandungan dalam oli

Lembaga standar otomotif Jepang ini membagi dua tipe oli pada motor bermesin 4–tak. Yaitu  kode MA dan MB. Karena hampir semua pabrikan motor Jepang menggunakan mesin yang menganut sistem kopling basah atau koplingnya terendam oli (bebek dan sport), kecuali matic yang memang komponen koplingnya tidak menyatu dengan mesin. Maka motor Jepang biasanya akan menggunakan klasifikasi oli JASO MA. Berbeda dengan kebanyakan motor sport Eropa atau Amerika yang menggunakan kopling kering, tentu menggunakan kode MB. Sudah terbayang kan, kalau MA dan MB ini punya karakteristik dan struktur oli yang berbeda.

 

baca juga : Kelebihan & Kekurangan, Ini Perbedaan Oli Mineral Dan Sintetik!

 

Beda Karakter Oli 

Rekomendasi penggunaan oli MA di motor kopling basah bukan cuma iseng. Formulasi khusus oli MA membuatnya lebih lengket sebab punya bahan kimia additive agar bersenyawa pada kampas kopling. Tujuannya agar kopling tidak mudah selip. Berbeda dengan MB yang sifatnya lebih licin. Oleh sebab itu, motor dengan kopling basah, jangan coba-coba pakai oli berklasifikasi JASO MB. Bisa-bisa kopling jadi gampang selip. Khusus skutik yang berkopling kering, tidak begitu terpengaruh dengan MA dan MB ini. 

 

baca juga : Fungsi Kampas Kopling, Kenali Ciri dan Penyebab Kopling Aus

 

Sobat bikers ada yang bingung? Oli sebenarnya kan untuk melumasi atau melicinkan, kenapa JASO MB yang licin nggak bisa dipakai motor berkopling basah? Ada yang paham?

Youtube Belipart