Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
beda reset dan remap ecu motor injeksi
Umum

Perbedaan Reset dan Remap ECU Motor Injeksi

Pernah sempat saya bahas soal gimana cara me-reset injeksi motor secara manual di artikel sebelumnya. Dari beberapa pertanyaan yang hadir di beranda sosmed, rupanya masih banyak yang belum paham bedanya reset dan remap ECU, nih. Dari artinya saja sudah jelas beda ya, sob. Re- yang berarti ulang (mengulangi) dan kata set yang artinya menetapkan, sedangkan map disini adalah pemetaan. Maksudnya gini, cara kerja motor injeksi ini lebih kompleks daripada motor konvensional. Perlu pemetaan untuk suplai bahan bakar ke mesin pada setiap bukaan gas. Inilah yang membuat motor injeksi lebih irit dan efisien. 

 

Nah, beda kan? Itu salah satunya. Ada beberapa hal penting yang membedakan antara reset dan remap ECU.

 

Beda Reset dan Remap ECU

Reset ECU

reset ecu dengan jumper kabel
Hubungkan kedua konektor, jika non-aktifkan jumper cabut salah satu kabel saja

ECU atau ECM merupakan pusat kontrol terhadap siklus kerja mesin. Perangkat inilah yang mengatur besaran jumlah bensin, waktu (timing) ledakan busi, dan lain sebagainya. ECU standar bawaan motor memiliki keterbatasan dalam hal setting besaran mapping yang mengatur suplai ke mesin. Seperti smartphone android yang belum di-root. Kerja ECU bawaan hanya mengambil output dari sensor-sensor dan hitungan baku (parameter) dari pabrikan. 

Terkadang ada beberapa kasus yang menyebabkan pembacaan pada sensor jadi rancu dan terekam dalam memori ECU. Akhirnya kerja mesin jadi nggak maksimal. Misalnya aki tekor, konsleting, kabel digigit tikus atau bahkan umur sensor yang memang sudah uzur. Jika ada pembongkaran atau penggantian komponen injeksi seperti injektor atau throttle body, harus reset ECU supaya nggak muncul kode error di panel spidometer. Dan ini akan membuat memori “kesalahan” yang tadinya tersimpan bisa terhapus. 

Pada motor tertentu, proses reset ECU bisa dilakukan pemilik secara manual tanpa bantuan alat.

 

Remap ECU

remapping ecu

Tujuan melakukan remapping atau remap ECU adalah untuk membuka dan memodifikasi parameter atau besaran suplai ECU standar ke mesin. Hal ini perlu dilakukan agar ECU bisa memenuhi kebutuhan spek mesin yang telah dimodifikasi. 

Saat remap ECU, parameter standar pabrikan yang tersimpan di memori ECU akan dihapus dan digantikan oleh parameter baru secara permanen. Beberapa parameter tersebut misalnya limiter rpm, durasi dan jumlah semprotan bahan bakar, hingga timing pengapian.

Dari segi pengerjaan, remapping ECU hanya bisa dilakukan oleh mekanik ahli di bidang ini, dan tentu saja jarang. Sebab, untuk melakukan oprek ECU standar biasanya akan melalui proses solder dan programing dengan komputer.

Youtube Belipart