Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
perpanjang stnk dan plat nomor
Edukasi

Perpanjang STNK Dan Plat Nomor Nggak Ribet Kok!

STNK merupakan dokumen penting yang berisi identitas suatu kendaraan yang mana lembar ini harus dibawa selama perjalanan. Seperti yang ditetapkan pada Undang-undang, setiap pengendara wajib memiliki SIM dan membawa STNK yang berlaku. Setiap lima tahun, Surat Tanda Nomor Kendaraan perlu dilakukan perpanjangan masa berlaku agar status motor pun masih laik jalan untuk digunakan. Oleh karena itu, perpanjang STNK dan plat nomor wajib dilakukan tiap 5 tahun sekali. 

Urusan administrasi terutama yang berurusan dengan Polisi membuat sebagian besar orang cenderung malas karena ribetnya proses tersebut. Tanpa pengetahuan yang mumpuni, tentu saja bakal menyusahkan saat melakukan saat kalian di SAMSAT nantinya. Lebih baik sobat simak dulu tahap-tahap dari proses perpanjang STNK dan plat nomor di bawah ini!

 

Pentingnya Mengurus Perpanjangan STNK dan Plat Nomor

 

Hati-hati Sob, jika masa berlaku STNK kalian mati melebihi 2 tahun berturut-turut, maka nomor kendaraan bakal dihapus di bagian registrasi dan identifikasi (regident) kendaraan bermotor alias hangus. Nah, biar kalian aman dari penghapusan data, segeralah memperpanjang STNK sebelum masa berlakunya habis. Kalau belum pernah memperpanjang STNK karena baru punya motor, berikut ini cara dan syarat perpanjang STNK. Ingat, nggak perlu melibatkan calo, mudah kok asalkan kalian tahu syarat dan prosedurnya. 

Perlu kalian ketahui, STNK ini berlaku selama lima tahun. Namun demikian, setiap tahun kalian perlu memperoleh pengesahan dari SAMSAT. Polisi akan menandai setiap kotak dengan stempel atau stiker. Jumlah kotak ada lima, setelah semua kotak terisi, kalian harus mengganti STNK sekaligus TNKB (plat nomor). Dari keterangan tersebut bisa disimpulkan ada dua macam perpanjangan, tahunan dan lima tahunan.

 

Baca juga : Mengurus SIM Hilang Tanpa Calo, Mudah & Simple

 

Cara dan Syarat Perpanjang STNK

perpanjang stnk di samsat

Ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan sebelum pergi ke SAMSAT terdekat. Berikut keterangan lengkapnya:

  • STNK asli dan 1 lembar salinan
  • KTP asli dan 1 lembar salinan. KTP harus sama dengan STNK.
  • BPKB asli dan salinan.
  • Kendaraan yang ingin diperpanjang STNKnya.
  • Uang pembayaran
  • Map
  • Ballpoint / bolpen

Dua hal terakhir memang bersifat opsional, tapi tentunya lebih cepat dan rapi jika membawa dari rumah. Kalau semua sudah siap, saatnya kalian berangkat ke SAMSAT. Lebih bagus jika datang lebih pagi, karena sebelum loket buka, biasanya sudah ada antrian. Ini langkah – langkah yang kalian lakukan:

cek fisik kendaraan di samsat

  1. Cek Fisik Kendaraan. Biar antrian nggak terlalu lama, sobat bisa langsung menuju ke bagian cek fisik dan ambil nomor urut. Pelayanan ini sama sekali nggak dipungut biaya. Biasanya, cek fisik maksimal 10 menit.
  2. Validasi Cek Fisik. Setelah cek fisik tuntas kalian perlu melakukan validasi. Letakkan kendaraan di parkiran lalu pergilah ke bagian legalisasi. Serahkan hasil cek fisik dan tunggu prosesnya sekitar 10 – 15 menit.
  3. Ambil Formulir Perpanjangan. Ambil formulir perpanjangan STNK di loket yang tersedia. Baca dengan teliti dan isi informasi secara lengkap dan benar. Jika ada hal yang kurang jelas, lebih baik bertanya kepada petugas.
  4. Daftar Pembayaran Pajak Kendaraan. Masukkan hasil legalisir cek fisik beserta formulir pendaftaran yang sudah kalian lengkapi ke dalam map beserta berkas yang dibutuhkan. Berikan seluruh berkas kepada petugas pendaftaran. Petugas akan memberikan nomor antrian. 
  5. Pembayaran Administrasi. Setelah petugas memanggil namamu, segera bayar sesuai nominal yang tercantum pada lembar pajak. Sebagai gantinya, petugas akan menyerahkan dua bukti pembayaran, biru dan putih. Lembar putih dipakai untuk mengambil plat nomor baru, sedangkan lembar biru untuk STNK baru.
  6. Pengambilan STNK dan Plat Nomor. Proses terakhir kalian tinggal ambil STNK dan plat nomor di tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa memeriksa kembali kecocokan data antara STNK dengan kendaraan kalian dengan teliti. 

 

Nah, perpanjangan STNK dan plat nomor kalian sudah selesai. Selain STNK, petugas memberikan bukti pembayaran pajak terbaru. Jika dikalkulasi, kalian butuh waktu minimal 1 jam untuk melakukan perpanjangan STNK.

 

Baca juga : Beda SMART SIM Yang Kekinian Dengan SIM Versi Lama

 

Drive Thru

Ini terobosan terbaru dari SAMSAT yang memudahkan pemilik kendaraan. Sobat bahkan nggak perlu turun dari motor untuk melakukan perpanjangan STNK. Sebelumnya, sama seperti di loket, kalian harus membawa seluruh persyaratan. Kalau lupa, bisa tengok kembali bagian sebelumnya.

Di Drive Thru SAMSAT, ada dua loket yang tersedia, loket pertama adalah bagian pengecekan berkas dan loket kedua untuk pembayaran pajak. Saat syarat lengkap, maka kalian butuh nggak lebih dari 20 menit untuk melakukan perpanjangan STNK.

Youtube Belipart