Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Setel Celah Klep Serta Khasiatnya Buat Mesin motor harian
Edukasi

Setel Celah Klep Serta Khasiatnya Buat Mesin Motor Harian

Pada mesin motor 4 tak, ada sebuah mekanisme payung katup yang berfungsi untuk mengatur siklus masuk dan buang dari proses pembakaran. Komponen inilah yang nggak dimiliki motor 2 langkah. Ada beberapa jenis konfigurasi katup pada motor kebanyakan saat ini, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan DOHC (Double Over Head Camshaft). Keduanya punya kesamaan dalam penerapannya, yaitu celah klep atau katup antara batang klep dan rocker arm. 

Memangnya, celah antara batang klep dan rocker arm itu penting? Padahal semakin dekat jarak batang klep dan rocker arm bisa membuka jalur bensin dan udara makin besar. Dengan kata lain, angkatan klep juga jadi lebih tinggi. Apa iya? Di bawah ini saya akan jelaskan satu persatu mengapa perlu adanya celah klep.

 

Panas Mesin

Saat mesin dihidupkan maka mekanisme katup akan bergerak bergesekkan dan menjadi panas dari berbagai arah. Agar masing-masing klep bisa menutup sempurna pada semua kondisi temperatur, perlu adanya celah klep. Komponen yang terbuat dari besi pasti akan memuai, terlebih klep yang bersentuhan langsung dengan api ruang bakar. Jarak klep mengantisipasi agar batang klep nggak melar saat panas. 

Tanpa gap antara klep dan rocker arm atau pelatuk klep, kinerja mesin bakal terganggu. Klep nggak bisa menutup jalur udara dan bensin dengan sempurna, menyebabkan kompresi mesin bocor. Campuran udara dan bensin yang harusnya masuk malah berbalik ke arah karburator atau throttle body

 

Pentingnya Setel Celah Klep 

celah klep perlu diukur dengan feeler gauge
Pengukuran dengan feeler gauge

Lama-kelamaan komponen gerak ini bakal aus, terutama pada bagian yang bersinggungan. Semakin besar keausan yang terjadi maka akan semakin besar pula celah katup yang diakibatkan sehingga perlu dilakukan penyetelan pada celah katup agar kinerja mesin tetap optimal.

Tapi, jarak pada celah klep ini nggak boleh sekedar renggang, ataupun terlalu sempit juga. Sebab hal tersebut akan mempengaruhi keawetan dan performa mesin.

 

Celah klep terlalu besar

Gap yang makin besar bisa disebabkan karena keausan komponen mekanisme atau kesalahan saat penyetelan klep. Hal ini membuat batang klep seperti ditempa dengan baut setelan klep. Lama kelamaan batang klep bisa melebar (njeber).

Efek yang ditimbulkan : 

    • Muncul suara berisik dengan frekuensi seirama raungan mesin.
    • Ujung batang klep lebih cepat melebar.
    • Mesin ngempos di RPM tinggi.
    • Overlap kurang.

Efek Durasi Overlap Noken As, Pengaruhi Karakter Mesin Atas – Bawah

 

Celah klep terlalu kecil

Hal seperti ini terjadi karena metode penyetelan yang salah, tanpa menggunakan feeler gauge (perhitungan kira-kira). Dan bisa juga saat penyetelan ternyata posisi piston bukan pada TMA. 

posisi piston TMA atau TOP
Mengakibatkan perhitungan kurang presisi, pelatuk klep bukan pada posisi bebas

 

Efek yang ditimbulkan :

    • Timing bukaan klep nggak bisa konsisten, terutama saat mesin panas.
    • Lebih boros BBM, akibat timing yang berubah.
    • Kerja mesin sedikit lebih berat.
    • Putaran mesin kurang stabil saat stasioner (idle).
    • Potensi kompresi bocor saat mesin panas.

 

Penyebab Motor Jadi Boros, Bisa Jadi Karena Ini!!

 

Sekarang jadi ngerti kan, gimana efeknya celah klep ini. Oleh sebab itu, lakukan perawatan berkala. Dan lakukan penyetelan klep dengan prosedur yang benar.

Youtube Belipart