Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
shockbreaker Yamaha Xmax
Umum

Shockbreaker Para Sultan, Mantap Buat Yamaha XMAX!

Di pasaran kini sudah banyak beredar jenis dan macam suspensi untuk motor. Pasalnya fungsi dari shockbreaker atau suspensi menjadi salah satu peranti penting untuk kendaraan bermotor dengan siklus kerjanya cukup kompleks yang sebelumnya ditulis disini. Dan nggak cuma jenis dan macamnya saja yang banyak, istilah pada shock pun beragam. Misalnya saja seperti rebound, compression dan preload. Biasanya, istilah-istilah tersebut mempengaruhi besaran harga shockbreaker yang dijual. Makin Banyak fitur dan superior fitur yang dimiliki sokbreaker, bisa jadi makin mahal. Contohnya shockbreaker para sultan yang satu ini nih, fiturnya ajib banget yang bisa dipasang pada Yamaha XMAX. Detail lengkapnya sobat simak aja di bawah ini deh!

Fungsi Dasar Shockbreaker

Rebound

Sebagai informasi, istilah dari rebound adalah kinerja bagaimana sebuah shockbreaker kembali ke posisi semula atau memantul setelah menerima tekanan berdasar cepat atau lambatnya. Tanpa adanya proses kerja tersebut, pengendara akan terpantul dari jok, meski motor hanya melewati polisi tidur kecil. Rebound sendiri sangat ditentukan oleh rancangan pipa (suling) di dalam shockbreaker dan kekentalan oli. Dan yang mempengaruhi mahal atau nggak-nya sebuah shock biasanya ditentukan oleh kualitas part dan adanya penambahan setelan Rebound. Pada merek shockbreaker kenamaan, fungsi setelan ini bekerja agar timing cepat atau lambatnya sokbreker kembali ke posisi semula (extend) bisa diatur.

Compression

Sedangkan compression, adalah proses redam oleh shockbreaker saat memangku beban. Boleh dikatakan, proses ini adalah kebalikan dari Rebound. Momen ini terjadi karena adanya impact atau tumbukan dari permukaan jalan atau berubahnya momentum terhadap gravitasi (beban penumpang atau barang). Seperti saat melakukan pengereman, akselerasi, bahkan melewati polisi tidur hingga jalanan berlubang. Beberapa peredam kejut mempunyai setelan compression yang mengatur kecepatan redam oleh shockbreaker. Setelan yang terlalu banyak (+) compression, serapan shock motor akan terasa keras dan nggak nyaman. Namun, hal itu meningkatkan handling saat berbelok.

Preload

Sementara preload merupakan tekanan yang diterima pegas sebelum menerima beban, baik beban pengendara atau daya pengereman. Tanpa preload, motor bakal ambles saat menopang bobot tambahan. Oleh karena itu, level kekerasan per atau spring rate sangat krusial untuk sebuah shockbreaker. Pada kebanyakan sokbreker aftermarket saat ini sudah dilengkapi setelan Preload ini. Tujuannya adalah shockbreaker bisa disesuaikan tingkat kekerasan per-nya meskipun dipasang pada beberapa jenis motor sekalipun. Tapi ada juga kok yang dari bawaan motornya sudah ada setelan preload-nya, pasti ingat dong sama Honda Tiger atau GL-series? Nah, salah satu motor itulah yang merupakan segelintir spesies “paling istimewa” di jamannya.

Baca juga : Bedah Fitur Shockbreaker NTC, Under 500 ribuan Coy!

Perkembangan Teknologi Canggih

Makin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, mampu mengubah cara konvensional agar lebih efisien dan praktis. Bahkan dari sebuah sokbreaker saja, mampu dikolaborasikan dengan perangkat elektronik. Shock ini bisa setel rebound dan compression dilakukan secara elektrik, sehingga pengendara motor nggak perlu putar ulir knob secara manual. Cukup pencet-pencet tombol maka setelan dari keduanya bisa diatur untuk memilih settingan yang diperlukan, seperti Shockbreker Shark Factory X2 ini, yang cocok buat Yamaha Xmax 250.

Candu Shockbreaker Aftermarket Buat Harian, Ketahui Hal Penting Ini!

Suspensi ini punya keunggulan seperti setting rebound dan compression secara elektrik atau digital dengan kontrol panel pengaturan yang bisa ditempel pada stang. Karena setingan diatur secara digital, so udah pasti ubahan pada penyesuaian suspensi bakal presisi di kiri dan kanannya. Selain itu, melakukan setting suspensi bisa dilakukan sekaligus saat motor sedang melaju. Wah,, praktis juga ya. Suspensi yang berasal dari Taiwan ini cuma bisa mengatur rebound dan compression secara elektrik, sedangkan preload-nya masih setting manual. Dan pada saat artikel ini ditulis, diketahui cuma ada satu lapak yang jual Shockbreaker para sultan ini. Yakni, Ultraspeed Racing alias USR yang bermarkas di Daan Mogot KM.11, Cengkareng, Jakbar. Iya sob, cuma sultan yang mau beli suspensi mahal ini, lebih mahal dari Ohlins, Rp. 20 Juta untuk satu set Shark Factory X2 ini.

Youtube Belipart