Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
dinamo starter elektrik rusak
Tips & Trik

Starter Elektrik Tidak Mau Menyala, Bukan Melulu Akinya

Kehadiran electric starter membuat urusan menjadi lebih mudah dan cepat saat menyalakan motor. Meskipun pada sebagian motor, fitur starter elektrik adalah satu-satunya cara untuk memulai siklus kehidupan mesin. Jadi, kadang kalau bagian ini bermasalah, dijamin bakal merepotkan. Biasanya aki-lah yang dikambing hitamkan. Padahal belum tentu disebabkan oleh aki, loh. Yuk kenali beberapa penyebab dan urutan yang harus kamu cek terlebih dulu.

 

1. Sekring Daya ke Starter Elektrik

sekring putus bikin starter elektrik mati

Pastikan dulu kalau saat kontak posisi ON, semua panel speedometer beserta sein dan klakson bekerja normal, ya. Apabila panel speedometer mati, segera cek bagian sekring. Sudah pada tahu dong fungsinya sekring ini untuk apa. Sekring ini sebagai pemutus apabila terjadi konsleting. 

Terputusnya sekring membuat suplai ke komponen kelistrikan bakal terganggu, termasuk starter elektrik tidak akan bekerja. Perlu kalian ketahui juga, ada beberapa tipe motor yang memiliki lebih dari satu sekring. Nggak perlu bingung, cek aja semua sekringnya. Kalau putus tinggal ganti dengan besaran ampere yang tertera di badan sekring.

 

2. Switch (saklar) Starter

Switch starter bekerja untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada motor penggerak alias dinamo secara tidak langsung. Komponen ini bisa menjadi faktor kedua penyebab electric starter nggak berfungsi. Sebab umur pakai terkadang bikin tembaga bagian dalam saklar ini mengalami oksidasi (kerak).

Maka dari itu, kamu harus mengecek komponen ini terlebih dahulu. Paling mudah yaitu dengan jumper kabel pada soket switch starter elektrik. Apabila setelah jumper kabel, motor bisa menyala normal, tinggal ganti aja saklarnya. Kalau punya waktu luang, bisa dibongkar aja saklarnya dan bersihkan dengan sikat dan contact cleaner, pakai bensin juga bisa.

 

3. Bendik Starter

Bendik Starter STR

Daya untuk memutar dinamo starter terbilang cukup besar, oleh karena itu diperlukan relay agar saklar dan aki jadi awet. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk menghantarkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Kalau relay atau bendik starter ini rusak, setrum tidak akan terhubung ke dinamo dan mesin pun tidak akan menyala.

Ceknya gampang, biasanya saat dilakukan starter akan ada bunyi seperti ‘cetak cetak’. Kerusakan bendik ini seringkali disebabkan oleh bagian kutubnya yang kotor. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian tersebut agar bisa berfungsi normal. Atau bisa juga hal ini disebabkan mekanis yang ada di dalamnya sudah rusak atau terbakar. Jadi mau tidak mau harus diganti.

 

Beli Sparepart Motor Online Makin Murah Lewat Tokopedia dan Shopee

 

4. Dinamo Starter

dinamo starter rusak

Dinamo ini juga bisa jadi faktor yang menyebabkan double starter atau starter elektrik motor kamu sulit untuk dinyalakan. Ini bisa terjadi karena dinamo tidak berfungsi yang biasanya dipicu oleh korsleting, arang dinamo habis dan sebagainya.

Pastikan dengan indra penciuman ya, sob. Dinamo starter yang terbakar konsleting pasti bau gosong. Kalau masih aman, baru cek arangnya. Ganti arang kumparan yang terpasang pada dinamo. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan. 

Youtube Belipart