Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & Trik

Cara Mengatasi Starter Mio Berisik Saat Awal

Haloo sobat bikers, makin bertambahnya usia motor kesayangan menimbulkan banyak keluhan baru yang muncul. Bahkan, keanehan ini terkadang timbul yang malah bukan dari mekanisme mesin utama. Seperti starter Yamaha Mio yang tiba-tiba muncul suara berisik saat awal menyalakan motor. Hal tersebut sangat lumrah terjadi pada matic Yamaha jaman dulu.

Mekanisme starter elektrik skutik Mio ini cukup unik, sebab menggunakan starter clutch. Apasih starter clutch ini? Komponen ini memungkinkan agar dinamo starter bisa memutar poros engkol pada saat mesin dalam keadaan statis atau mati. Namun apabila mesin sudah hidup otomatis crankshaft berputar lebih cepat, maka starter clutch ini hanya berputar bebas tanpa membebani dinamo starter.

 

One Way Starter atau Starter Clutch Rusak

Apabila komponen mekanis ini terganggu, biasanya akan muncul suara kasar pada awal starter elektrik dipakai. Mirip seperti bunyi lolongan anjing, bahkan kalau sudah parah muncul bunyi “jledak”. Menurut pengalaman saya, hal ini disebabkan karena pegas one way starter Mio sudah lemah atau bahkan pelor mengalami peyang. Kalau pelor ini peyang, putaran pelor ini bakal tersendat dan terjadi gesekan (karena tidak berputar) muncul bunyi seperti lolongan anjing “ngukk” yang parah.

source : aripitstop

Kondisi ini diperparah karena posisi one way starter Mio yang berada di belakang Pulley primer, diluar bak mesin sehingga tidak mendapat pelumasan sama sekali. Berbeda dengan Xeon dan Mio J yang posisi starter clutch-nya berada di dalam bak mesin sehingga lebih awet karena terlumasi oli mesin.

 

Mengatasi Starter Yamaha Mio Berisik

starter clutch atau one way clutch yamaha mio yang berisik

Pertama, bongkar dulu cover CVT pakai kunci T 8 kemudian lepas pulley primer (rumah roller) pakai kunci sok 17 lalu ambil one way starter yang ada di belakangnya. Setelah itu preteli satu persatu pelor-pelor clutch serta pegas nya menggunakan obeng minus (-) kecil. Coba dibersihkan dulu atau diganti pelornya saja tapi untuk pelor starter doang, Yamaha tidak menyediakan. Harus beli satu assy starter clutch YGP yang harganya 373 ribu atau punya STR yang cuma 120 ribuan aja.

One Way Clutch Yamaha Mio - STR

Produk STR yang cacat pada bahan atau produksi pabrikan selama 30 hari dari tanggal pembelian, maka akan digantikan secara cuma-cuma dan bebas biaya dengan melampirkan nota pembelian asli.

Youtube Belipart