Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
cara mencuci steam motor yang benar
Edukasi

Liburan Pergi Buat Steam Motor, Pastikan Caranya Benar!

Sobat bikers pasti tidak tahan jika badan kalian kotor. Begitu pula dengan motor, siapa yang tahan melihat motor kotor dan dekil? Oleh karena itu, steam motor tentunya menjadi hal wajib yang harus sobat lakukan. Tidak hanya untuk mempercantik tampilan motor sobat, mencuci motor juga bikin bodi motor lebih awet.

Mencuci motor biasanya bisa dilakukan sendiri di rumah, namun, buat sobat bikers yang tidak punya banyak waktu atau sekedar lagi “males” buat cuci motor sendiri pasti akrab dengan tempat cuci motor steam. Selain keterbatasan waktu, banyak orang yang mencuci motornya ke tempat steam dengan alasan “lebih bersih” ketimbang mencuci di rumah.

Bicara soal cuci Steam, banyak artikel yang berpendapat bahwa cuci steam adalah metode yang kurang pas saat mencuci motor. Ini disebabkan tekanan air yang sangat kencang sehingga dikhawatirkan akan merusak bagian motor terutama pada bagian mesin. Hal tersebut agak lebay, tetapi bisa juga benar, bukan berarti sobat bikers tidak boleh menggunakan metode cuci steam, loh ya. Memang tidak bisa dipungkiri kalau cuci steam memberikan hasil yang lebih bersih daripada menggunakan metode biasa. Disini, gue akan berikan informasi yang benar dalam mencuci steam simak cara-caranya dibawah ini :

 

 

Dinginkan Motor Terlebih Dahulu

Biasanya, sobat bikers kalau mencuci motor di tempat cuci steam, motor sobat akan langsung dicuci setelah kalian datang. Alhasil, saat dicuci mesin motor sobat masih panas. Nah, sebenernya ini gak boleh sob. Perlu kalian ketahui, mesin yang masih panas akan rusak apabila langsung terkena air, terutama pada bagian blok mesin dan pangkal knalpot. Bukan rahasia umum, dalam hukum fisika jika besi atau logam terkena panas akan memuai, sehingga saat disiram air secara langsung akan terjadi proses pendinginan paksa yang bisa menyebabkan keretakan pada mesin.

 

Gunakan Shampo Khusus Steam Motor

shampoo cuci steam motor

Menggunakan sabun deterjen atau sabun colek untuk mencuci bodi motor sangat  tidak diperbolehkan. Kenapa? Karena kalau sobat bikers perhatikan kandungan kimianya, kedua jenis sabun tersebut mengandung zat kimia yang bersifat korosif atau asam, sehingga, kalau digunakan akan menyebabkan cat di body motor sobat pudar dan lama-lama menghilang. Makanya, lebih baik sobat pastikan tempat steam motor langganan kalian menggunakan shampo khusus motor. Sabun atau shampo motor mempunyai PH yang bersifat netral atau 7, sehingga tidak akan menyebabkan korosi atau karat.

 

Tekanan Air Saat Steam Motor

Biasanya, tempat cuci steam akan mengatur tekanan ke pengaturan yang paling tinggi agar kotoran yang ada di motor sobat cepat turun. Namun, lagi-lagi, ini juga kurang tepat. Perlu sobat ketahui, kuatnya semprotan air bisa memperpendek usia soket-soket yang ada di motor, dan  memicu terjadinya konsleting pada motor. 

 

Jangan Lebay Saat Menyiram Mesin

Mesin yang terlihat kotor pasti membuat sobat gemas. Alhasil, banyak dari kalian yang menyiram mesin dengan air yang cukup banyak. Memang sih, mesin akan terlihat lebih bersih. Tetapi, disisi lain, menyiram mesin dengan air yang begitu banyak, akan menyebabkan air masuk ke komponen pengapian, sehingga motor sobat bisa mengalami kendala dan mogok. Selain itu, gue saranin sebisa mungkin sobat harus menutup knalpot dengan plastik agar air tidak masuk kedalam. “sobat bikers gak mau kan motornya udah bersih tapi pas dinyalain cuma ngadat-ngadat aja?”

 

Begini Cara Keringkan Motor Yang Benar

Terakhir, usahakan sobat menggunakan kain lap chamois yang benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah terjadinya baret pada body akibat kain lap yang tidak bersih. Lebih bagus lagi kalau sobat  bisa menggunakan kain microfiber, karena kain microfiber memiliki bahan yang sangat halus sehingga body motor sobat tidak lecet. 

Itulah cara mencuci steam motor yang baik. “gimana sob cukup mudah bukan?” coba diperhatikan cara-cara diatas agar motor kalian terhindar dari kerusakan. alhasil, bukan hanya orangnya saja yang indah dilihat tetapi motornya pun juga enak dipandang. So, Jangan lupa cuci motor sobat ya!

Youtube Belipart