Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
usaha bengkel dan toko sparepart motor belipart
Tips & TrikUmum

Strategi Usaha Bengkel Atau Toko Sparepart Dan Aksesoris Motor

Padatnya kendaraan tentu memberi dampak positif bagi sebagian orang. Peluang usaha baru imbas dari naiknya jumlah kendaraan roda dua ini bisa dilihat dengan jelas. Banyak pengusaha beralih untuk memilih usaha bengkel motor sebagai usaha yang dianggap sangat prospektif. Disamping itu usaha toko sparepart dan aksesoris sepeda motor juga menjadi trend yang terus meningkat karena tingginya permintaan pasar.

Peluang usaha yang masih terbuka lebar karena pasar yang begitu luas, sebab setiap tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini jugalah membuat pelaku usaha baru mulai melirik usaha bengkel atau toko Aksesoris dan Sparepart motor, karena peluang dan prospek omzet yang begitu besar. Lalu bagaimana cara yang tepat memulai usaha tersebut? simak pembahasan berikut ini!

 

1. Siapkan Modal Usaha Bengkel Motor modal usaha bengkel motor

Yup, modal adalah bagian terpenting yang nomor dua setelah niat. Untuk memulai usaha ini perlu strategi yang tepat agar prospek omzet yang ingin dicapai bisa terwujud. Misalnya dengan anggaran awal yang harus dibagi sesuai porsi yang mantap. Misalnya seperti berikut ini, sob :

  1. Menyewa tempat usaha (jika belum memiliki tempat sendiri), anggaran yang dibutuhkan untuk sewa tempat ini maksimal adalah 55% dari modal yang dipersiapkan. Termasuk sedikit renovasi bila perlu.
  2. Sarana dan prasarana yang ada di toko, seperti kunci-kunci dan peralatan bongkar motor atau bahkan drum oli. Alokasikan maksimal 15% dari modal.
  3. Jualan atau barang dagangan, anggaran yang dibutuhkan nggak perlu banyak-banyak sob, 25% saja . Kalian bisa pajang dulu sparepart apa yang paling laku, misalnya sparepart fast moving seperti oli, ban, kanvas rem dll.  Selain itu, dengan adanya #DUKUNGBENGKEL dari Belipart, kalian nggak perlu repot, Belipart bakal bantu “ngisi” stok jualan kalian. Nanti detailnya bakal gue jelasin di bawah, ya.
  4. Biaya operasional selama sebulan kedepan, ini bisa kalian jadikan pula “duit napas”. Sisa modal yang sebelumnya kalian sisihkan bisa dialokasikan kesini, untuk berjaga-jaga dan yang akan menghidupi bengkel selama sebulan.

 

2. Tentukan Lokasi Usaha atau Bengkel

Lokasi usaha sedikit banyak bakal mempengaruhi keberhasilan jangka pendek dari usaha bengkel atau toko Aksesoris dan Sparepart motor ini, sob. Hal ini dibutuhkan analisa dan langkah pengambilan keputusan yang tepat. Lokasi yang cocok untuk usaha ini adalah yang memiliki letak strategis secara ekonomi, yakni :

  1. Lokasi usaha bengkel kalian harus mudah dijangkau, seperti di pinggir jalan raya dekat dengan daerah tinggal yang kebanyakan penduduknya adalah pekerja. Mereka akan cenderung ke bengkel dengan sedikit mempermasalahkan biaya.
  2. Dan pastikan juga, bengkel kalian nantinya berada di daerah dengan jalan raya yang terdapat dua arah dan tanpa ada batas jalan di tengahnya, alias separator. Entah kalian sendiri merasa atau nggak, lebih pilih menyebrang daripada putar balik.
  3. Dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, Kampus, Perkantoran, Sekolah dll.

 

3. Sarana dan Prasarana Dalam Bengkel atau Toko

usaha bengkel atau toko sparepart dan aksesoris motor

Setelah lokasi sudah didapatkan dan dirasa sudah cocok, maka mempersiapkan sarana yang diperlukan untuk menunjang operasional usaha. Hal yang lumrah pada bengkel kebanyakan adalah rak barang, etalase, meja, kursi atau bangku, papan nama atau banner spanduk, dan buku termasuk nota.

Sarana dan prasarana toko harus diusahakan dengan Budget seminimal mungkin dan kalo memungkinkan kalian bisa gunakan barang yang ada di rumah, tanpa harus membeli lagi. Sebab sarana dan prasarana yang ada di toko adalah barang yang nggak bakal menghasilkan omzet atau keuntungan. Justru, belanja hal-hal inilah yang harus dihitung penyusutannya karena bakal mengurangi laba usaha kalian nantinya.

 

4. Peralatan Untuk Usaha Bengkel Motor

Peralatan bengkel atau tools seperti kompresor (wajib sih), bor, gerinda hingga mesin bubut lebih baik pilih yang berkualitas bagus agar awet. Disamping itu, kualitas yang baik bakal memudahkan kalian atau mekanik di bengkel. Dan penting juga dalam hal kelengkapan peralatan bengkel ini, supaya pengerjaan bisa dilakukan lebih cepat tanpa harus mondar-mandir.

 

5. Barang Dagangan Sparepart dan Aksesoris Motor

Dalam membeli produk jualan yang harus menjadi perhatian adalah pemilihan Distributor sparepart. Intinya adalah agar biaya belanja sparepart bisa lebih minim atau murah. Kalian harus memilih distributor yang memiliki reputasi yang baik, hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan faktor harga jual, kelengkapan produk keaslian produk, jaminan garansi serta layanan jual, yang diberikan supplier tersebut.

Hal lain yang perlu anda perhatikan dalam mempersiapkan produk jualan anda adalah tentang kelengkapan produk, suku cadang fast moving menjadi kategori utama yang harus kalian prioritaskan, akan tetapi jangan sampai lupa sediakan jenis-jenis produk intermediate atau middle moving.

Kelengkapan jenis onderdil ini harus disiasati pada kuantitas atau jumlah barangnya, kategori Fast moving jumlahnya diperbanyak sedangkan kategori intermediate atau middle moving maka jumlahnya lebih sedikit.

Produk toko Sparepart dan Aksesoris ataupun bengkel motor harus memenuhi 5 jenis produk berikut, yaitu :

  1. Sparepart aftermarket
  2. Suku cadang genuine part
  3. Variasi dan Aksesoris
  4. Oli
  5. Ban luar dan ban dalam

 

Nah, adanya program #DUKUNGBENGKEL dari Belipart, kalian bakal dapat berbagai kemudahan seperti permintaan barang, pengiriman barang, informasi barang, keaslian sparepart, konsultasi produk, pembayaran hingga harga yang murah. Kalian bisa membeli produk di Belipart secara grosir dengan “harga teman”. Enak banget kan? Selain itu bengkel kalian akan dibantu dalam hal promosi seperti Banner spanduk bengkel hingga kaos branding, GRATIS.

daftar mitra belipart

 

Baca juga : Analisis Usaha Bengkel Dan Toko Sparepart Motor Yang Menguntungkan

 

6. Strategi Pemasaran Toko Sparepart yang Baik

Hal yang sangat penting ini adalah pemasaran dan menyiapkan strategi yang tepat, banyak pemula belum berhasil dalam menjalankan usaha karena strategi pemasaran yang buruk. Padahal dalam usaha atau bisnis itu ibarat perang yang membutuhkan strategi yang tepat agar bisa memenangkan peperangan itu. Banyak sekali pemasaran yang bisa dilakukan untuk toko atau bengkel kelian baik dengan internet atau melalui media konvensional. Lakukan promosi pada teman atau kerabat terdekat lebih dulu, setidaknya mereka lah yang akan membantu kalian untuk menyebarkan “berita” tersebut.

 

Tanya-tanya aja dulu, siapa tau Kita bisa #DUKUNGBENGKEL kalian!

Youtube Belipart