Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
teknik pengereman yang benar saat musim hujan di jalanan yang basah
Tips & Trik

Teknik Pengereman Yang Benar Di Jalanan Basah, Tetap Greget Sob!

Saat ini di beberapa kota sudah memasuki musim penghujan, dan salah satu yang mesti diingat oleh pengendara sepeda motor adalah teknik pengereman di jalan basah. Ini sangat penting karena sepeda motor cuma punya dua ban. Dan hal ini menimbulkan beberapa kekhawatiran saat melakukan teknik pengereman saat kondisi jalanan yang basah. Sebab jujur, gue sendiri adalah salah satu orang yang agak parno kalo lagi bawa motor orang lain dijalanan macam gini. Ngeri kepleset, soalnya gue terbiasa andalkan rem depan daripada rem belakang. Tapi, kali ini gue bakal sampaikan ilmu bermanfaat dari MISTER BIPI tentang bagaimana teknik pengereman yang benar saat kondisi jalanan basah di musim hujan kayak gini. Simak tipsnya sob!

 

Teknik Pengereman Yang Benar Di Jalanan Basah

Teknik pengereman yang kurang tepat pasti bakal memperbesar resiko kecelakaan saat melintasi jalanan basah. Lalu bagaimana teknik mengerem yang baik ketika jalanan dalam kondisi basah karena air hujan?

Seperti yang dijelaskan MISTER BIPI, saat mengerem di jalanan yang basah lebih baik jika kalian melakukan kombinasi antara rem belakang dan depan secara berurutan. Tapi ingat, tingkat penekanannya  tergantung oleh karakter motor dan situasi jalannya. Hal tersebut pasti akan berbeda-beda untuk tiap motor yang kalian pakai berbeda. Sangat penting jika jalanan basah, licin, berpasir dan berbatu porsi pemakaian rem depan sedikit dikurangi lalu kemudian dengan penekanan rem belakang sedikit lebih keras. Urutannya bisa menekan tuas rem belakang dulu lalu bagian depan.

teknik mengerem yang benar di jalanan basah

Namun hal tersebut juga nggak mutlak, kalau kondisi aspal yang dilalui baik atau bagus, rem depan bisa ditarik sama-sama kuat seperti belakang supaya pengereman bisa lebih maksimal. Dengan pengereman yang tepat, walaupun dilakukan saat kondisi jalan hujan stabilitas motor tetap terjaga, sob. Nah, hal ini sudah gue buktikan yang ternyata efektif bahkan dijalanan yang tergenang air, loh. Kalian bisa lihat video YouTube kita di channel Belipart nanti ya. Dan jangan lupa Subscribe YT channel kita sekaligus klik tombol lonceng biar kalian dapat notifikasi gratis saat ada video baru. Klik ini sob!

 

Baca juga : Pengertian Tentang Aquaplanning, Bikers Wajib Tahu!

 

Bahaya Cara Pengereman Yang Salah

Kalau hanya rem depan yang ditekan, bisa bikin sepeda motor beserta pengemudi dan juga penumpangnya tergelincir. Terus kalau cuma memakai rem belakang, ban bisa mengalami selip namun motor malah nggak terkontrol istilah kerennya “Ngepot”. Nah dengan adanya tips dan teknik pengereman tadi, diharapkan bisa meminimalisir resiko tersebut, sob.

Masih beruntung, buat kalian yang masih pemula masih bisa berkendara aman meski di musim hujan kayak gini kok. Saat ini banyak produsen-produsen motor yang menyematkan sistem rem Anti-lock Braking System (ABS) pada produknya. Rem ABS adalah sebuah sistem rem yang ada di kendaraan mobil ataupun motor untuk mencegah penguncian roda saat pengendara mengerek secara mendadak. Sebelumnya juga sudah gue jelasin soal hubungan rem ABS dan musim hujan yang bisa kalian baca disini.

 

Atau disini : Keuntungan Motor Dengan Rem ABS Dan Musim Hujan

 

Rem ABS pada sepeda motor konon mampu meredam kecelakaan sepeda motor sampai 27%. Maka itu, harga motor yang memakai rem ABS akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan motor yang memakai rem biasa.

Youtube Belipart