Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & Trik

6 Cara Kenali Disc Pad Palsu ini Cegah Resiko Celaka Dijalan

Seperti yang sudah Mister BIPI bahas pada artikel sebelumnya, sparepart palsu sangat meresahkan konsumen. Menurut gue pribadi, bukan cuma rugi masalah uang, pake onderdil palsu bisa bahayain keselamatan, loh. Daya tahan komponen kayak gini nggak bisa diandalkan, risiko kehilangan nyawa di jalanan pun makin besar, sob.  

Nah, agar sobat Bikers tidak tertipu, 6 cara kenali disc pad palsu ala Mister BIPI berikut ini patut kalian simak baik-baik.

 

1. Kondisi Kemasan Terlihat Murah

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan untuk membedakan spare part asli dan palsu adalah dengan memeriksa kondisi kemasannya. Kardus kemasan asli memiliki material yang lebih tebal dan halus. Selain itu, kualitas kardus di kemasan spare part asli berwarna terang dan tidak pudar.

Beberapa suku cadang asli juga memiliki stiker hologram yang menempel pada kemasan. Nah, yang membedakan adalah label stiker spare part palsu lebih mudah terlepas dan logonya tercetak samar.

 

2. Kenali Disc Pad Palsu Dengan Periksa Kode atau Nomor Seri

perbedaan disc pad asli dan palsu

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk membedakan onderdil asli atau palsu adalah dengan memeriksa kode atau nomor seri yang ada. Tiap sparepart yang dijual oleh bengkel resmi sudah pasti memiliki nomor seri tertentu.

Nah, dari setiap nomor seri yang tercantum dalam suatu barang akan terdaftar di katalog resminya. Jika merasa ada yang janggal dalam hal itu, kalian perlu waspada dan berpikir dua kali untuk membeli part tersebut. Meski begitu, bukan berarti barang KW atau palsu tidak dilengkapi dengan nomor seri abal-abal.

Oleh karena itu, kita harus lebih jeli dalam memeriksa barang incaran. Sebab meskipun sudah dibuat semirip mungkin, produk palsu ini bakal ketahuan cacatnya.

 

3. Kondisi Fisik dan Spesifikasi Nggak Sesuai

Periksa kondisi fisik dan spesifikasi dari barang yang diincar. Kualitas pengerjaan spare part palsu terbilang asal-asalan. Beberapa bagian terlihat sudut atau sisi yang kasar dan tampak kurang rapi.

Selain itu, kalian juga bisa cek spesifikasi dari barang yang akan dibeli. Spesifikasi tersebut bisa kalian lihat dengan mengunjungi situs resmi. Sebab, meski part palsu dibuat semirip mungkin, tidak akan pernah menggunakan bahan dengan spek yang sama. Contohnya aja spion model tomok dengan merk branded, part asli menggunakan Alumunium Alloy, sementara yang abal-abal hanya menggunakan plastik ABS.

 

4. Tanyakan Garansi Resmi (jika ada)

Jika sudah dapat dipastikan memeriksa barang incaran tersebut dengan seksama, sebaiknya tanyakan garansi dari part tersebut. Umumnya, yang asli dibekali pabrikan dengan garansi yang panjang. Sementara produk palsu hanya diberikan garansi toko hanya dalam beberapa hari.

 

5. Harga Sparepart Palsu Yang Nggak Masuk Akal

 

harga disc pad honda
Harga Disc Pad Palsu Kurang Dari Setengah Harga Yang Asli

Ya, harga emang nggak bisa bohong. Harga spare part ORI pasti akan lebih mahal jika dibandingkan dengan spare part palsu. Seperti yang sudah Mr. BIPI jelaskan di atas, material yang digunakan sesuai spesifikasi seharusnya. Harga material inilah yang merupakan salah satu faktor mengapa harga part original bisa lebih mahal.

 

6. Beli Suku Cadang Berkualitas di Belipart.com

Nah cara menghindari sparepart palsu yang satu ini sangat mudah untuk kalian lakukan, sebab di Belipart.com menjamin semua sparepart yang dijual adalah ORI dan bukan abal-abal. Tanpa khawatir ditipu penjual nakal, beli suku cadang di Belipart.com malah dapat potongan harga dengan harga termurah.

Youtube Belipart