Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
7 tips persiapan touring
Tips & Trik

7 Persiapan Touring Motoran Sama Teman-Teman

Siapa yang nggak setuju kalo touring adalah kegiatan yang cukup asyik dilakukan bersama-sama. Menembus batas wilayah dan menyambangi tempat baru dengan motor kesayangan memang jadi tujuan utama melakukan touring. Meski menyenangkan, touring juga perlu beberapa persiapan. Selain untuk menunjang kenyamanan, biar Sobat Bikers bisa meminimalisir resiko kecelakaan dengan cedera parah. Berikut 7 persiapan touring yang bisa kalian manfaatkan. Check this out!

touring riding gear

1. Pentingnya Helm Sebelum Touring

Jangankan saat touring, berkendara sehari-hari saja sobat wajib menggunakan helm. Bukan sembarang helm, yang digunakan harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik helm half face maupun full face. Tapi ya jangan asal aman sob, sesuaikan ukuran helm dengan kepala pengendara. Sebab ukuran yang terlalu sempit atau bahkan kebesaran, otomatis bikin kepala jadi sakit dan nggak nyaman. 

Dan bagian helm yang satu ini juga nggak kalah penting, tali pengikat beserta pengancingnya. Pastikan tali helm memiliki komponen pengunci yang kuat dan aman.

 

2. Jaket dan Sarung Tangan Pelindung

Jaket yang merupakan pakaian perlindungan badan juga nggak kalah penting sebelum melakukan touring setelah helm. Penggunaan jaket dan sarung tangan sejatinya sangat dibutuhkan saat berkendara, selain menepis terpaan angin jaket juga meminimalisir cedera jika terjadi kecelakaan. Nah, jaket yang sebaiknya Sobat Bikers pilih adalah yang memiliki material tebal dan dapat menutupi tubuh hingga bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul. 

Akan lebih baik kalo jaket dan glove yang bakal kalian gunakan mempunyai protektor tambahan misal shell (perisai) pada bagian siku maupun bahu. Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan.

 

3. Sepatu Touring Yang Proporsional

Perlengkapan ini bertujuan agar pengendara memperoleh kenyamanan dan keamanan sekaligus saat melakukan perjalanan. Begitu pula alas kaki, pastikan kalian memakai sepatu yang ideal untuk touring. Riding boot yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

Disarankan gunakan sepatu riding yang terbuat dari bahan kuat, tahan air dan tentunya nyaman digunakan.

 

4. Siapkan Jas Hujan Sebelum Memulai Touring

Membawa jas hujan, memudahkan ketika touring di tengah guyuran hujan. Selain membuat nyaman, penggunaan jas hujan bisa membantu menjaga keamanan pengendara. Lebih baik sobat memilih jas hujan yang berwarna terang biar sobat bisa tetap jelas terlihat meski hujan lebat. 

Penggunaan jas hujan memang efektif melindungi tubuh, tapi kalo hujan yang turun cukup deras, sebaiknya sobat menepi. Tunggu hujan sampai reda. Berkendara di tengah guyuran hujan deras sebenarnya sangat berbahaya. Selain jalan jadi licin, kinerja pengereman pun nggak optimal, bahkan risiko tertimpa pohon yang tumbang bisa terjadi.

 

Baca juga : 4 Tips Box Motor Penting Buat Sobat Bikers Cermati

 

5. Obat-obatan dan P3K

Perlengkapan ini wajib dibawa. Karena selama perjalanan bisa saja Sobat Bikers dihadapkan pada hal-hal yang tak terduga. Untuk itu, perlu disiapkan kebutuhan obat, khususnya bagi bikers yang memiliki obat pribadi yang sangat penting.

 

6. Kendaraan

Memastikan kondisi sepeda motor. Periksa seluruh kondisi komponen mulai dari ban, rem, sistem kemudi dan mesin. Pemeriksaan dapat dilakukan di bengkel resmi, agar lebih terpercaya. Cek kondisi motor secara menyeluruh dan jika perlu bawalah ke bengkel resmi secara berkala sesuai jadwal servis berdasarkan jarak tempuh atau waktunya.

7. Kondisi Fisik

Terakhir, kebugaran tubuh. Motoran jarak jauh merupakan aktivitas yang cukup melelahkan. Sebelum touring, sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, hindari begadang dan konsumsi makanan sehat. Beristirahat jika sudah merasa lelah. Tujuannya menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik lelah atau mengantuk.

Youtube Belipart