Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kunci-kunci atau toolkit wajib ada dalam jok motor
Umum

Toolkit Yang Wajib Ada Dalam Jok Motor

Nggak bisa dipungkiri, peran sebuah motor memang menjadi pilihan banyak orang karena lebih praktis dan mudah digunakan. Tapi punya motor juga harus perhatikan segala aspek berkendara, salah satunya dengan selalu melengkapi beberapa atau minimal toolkit bawaan di dalamnya. Toolkit ini akan sangat membantu jika sewaktu-waktu si motor kesayangan tiba-tiba mogok di jalan. Oleh sebab itu, kalian harus tau siapkan apa saja perlengkapan wajib yang wajib ada dalam jok motor kalian. Ada banyak, tapi nggak ribet kok, mending simak aja yuk!

Ini sebagai pembuka ya, karena toolkit bawaan motor sekarang ini makin “ngirit”, nggak kayak dulu. Kalau motor era 2000-an, pasti deh dalam jok motornya pasti sudah dibekali beberapa alat-alat yang paling sedikit ada 5 buah. Seperti kunci busi, kunci kombinasi 10 dan 12, kunci 14 dan 17, obeng kombinasi, dan tang. Jadi nanti bakal diurai satu per satu. Maksudnya alat-alat yang harus kalian bawa itu, sob.

 

1. Toolkit Wajib Dalam Jok Motor 1, Kunci Pas dan Kunci L

toolkit standar bawaan motor

Kunci Pas dan Kunci L adalah hal yang wajib kalian sediakan di jok motor zaman now. Yup, motor keluaran baru sebagian besar punya baut hexagonal (segi delapan), terutama pada bagian bodi dan baut kaliper. Nah meski bakal jarang sekali buka baut kaliper di jalanan (karena cenderung bakal lari ke bengkel), ada baiknya dibawa saja. Mengingat ukurannya yang nggak terlalu gede dan makan tempat.

Beda sama yang satu ini, biasanya kalian akan langsung dibekali kunci pas saat membeli motor baru (meski beberapa pabrikan saja). Kunci pas yang wajib ada dalam jok motor kalian adalah kunci nomor 10, 12, 14 dan 17. Ukuran tersebut bisa dibilang angka keramat, sebab ukuran tersebut paling banyak dipakai untuk mengencangkan baut di motor, kecuali mesin yang kebanyakan pakai baut 8. Nah, soal kunci-kunci ini sebelumnya pernah dibahas dalam Youtube Belipart, berikut ini.

 

2. Kunci Wajib Dalam Jok Motor 2, Tang dan Obeng

Dua alat ini nggak boleh absen dari dalam jok motor. Sebab tang adalah salah satu alat paling serbaguna yang bisa kalian pakai untuk menjepit, memuntir hingga memotong kabel. Sedangkan obeng sangat dibutuhkan untuk membuka sebagian skrup yang ada pada body part. Nah, kalau motor kalian nggak disertai tang dan obeng pada saat pembelian, usahakan beli obeng dan tang dengan ukuran compact.

kunci serbaguna

Sebab Dan Cara Mengatasi Mesin Overheat Pas Touring.

 

3. Toolkit Busi Yang Sangat Penting

Karena busi adalah hal pertama yang harus kalian cek ketika motor ngadat terutama pas banjir, kunci busi harus selalu kalian bawa. Ini juga akan sangat berguna buat motor yang umurnya sudah lanjut atau motor 2tak, nih. Biasanya sering banget tuh buat ngecek busi. Dan pada beberapa set toolkit, kunci busi ini merupakan salah satu kombinasi untuk memutar obeng.

 

4. Lap Kanebo / PVA

Lap PVA atau yang lebih dikenal masyarakat dengan lap kanebo adalah salah satu peralatan yang wajib kalian bawa. Adakalanya setelah hujan turun, membuat jok motor jadi basah, dengan adanya kanebo ini bisa mengeringkan jok. Jadi celana kalian nggak bakal ikutan basah. Jangan sepelekan yang satu ini, kanebo ini juga bisa membantu kalian membersihkan area di sekitaran shockbreaker. Tujuannya agar kotoran yang menempel pada as shock nggak merusak seal suspensi. Dengan begitu, shockbreaker terhindar dari ancaman bocor dan umurnya bawal lebih awet.

 

5. Jas Hujan dan Rainsol / Cover Sepatu

jas hujan dipakai pengendara melewati hujan

Layaknya jodoh sob, kondisi jalan dan cuaca nggak akan pernah mudah ditebak. Bisa aja kalian pergi pas panas terik matahari masih menyengat, dan pulang dengan hujan mulai membumi. Saat seperti ini jas hujan bakal berguna jika kalian membawanya di dalam jok motor. Selain itu akan lebih lengkap jika ada kehadiran shoe cover, biar sepatu kalian nggak ikutan basah.

Youtube Belipart