Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kaca visor helm
Umum

Visor Helm Yang Mahal Malah Mudah Dilepas

Jenis bahan dalam pembuatan ternyata bukan satu-satunya faktor safety sebuah helm. Cangkang helm sebagai pelindung terluar ini diharuskan mampu menahan benturan hingga beberapa G (satuan gravitasi). Selain itu, ada pula bagian kaca polycarbonate yang merupakan pelindung terluar yang kuat dan tentu saja memiliki visibilitas yang mumpuni. Meski begitu, bagian ini sebenarnya juga menimbulkan resiko cedera yang lumayan ngeri apabila terjadi crash. Bisa saja pecahan komponen ini masuk ke dalam interior helm dan mengenai mata. Oleh karena itu, biar lebih aman dan tetap menjaga fungsinya, visor helm sengaja dibuat untuk mudah lepas. 

Nah, dari sini pasti diantara Sobat Bikers jadi bingung sama safety gear satu ini. Disatu sisi visor dibuat menempel kokoh pada helm, tapi disisi lain dibutuhkan agar mudah dilepas?

 

Visor Helm Yang Kuat Dan Lentur

kaca helm

Material kaca helm ini memang cukup lentur, karena pabrikan menggunakan bahan polycarbonate untuk pembuatannya. Meski begitu, kemungkinan untuk pecah tetap ada apalagi dalam kecepatan tinggi dan hantaman keras seperti kondisi saat balapan. Dari sini visor helm dirancang agar mudah terlepas saat terjadi benturan keras dengan menambahkan komponen pendukung. Tiap pabrikan merancang komponen tambahan ini berbeda-beda bentuk dan model namun dengan tujuan yang sama. Komponen inilah yang bernama ratchet.

 

Baca juga : 5 Fakta Helm Yang Bikers Nggak Menyadarinya

 

Fungsi Ratchet Penahan Kaca Helm

ratchet visor helm

Inilah mengapa beberapa helm berkualitas menggunakan semacam bracket atau dudukan, bukannya langsung dibaut ke helm. Model penahan kaca helm ini beragam, mulai dari ratchet, model knop, magnet, dan beberapa helm menggunakan tambahan seperti sidepod. Meski beda, tapi semua komponen bracket itu ditunjukkan biar kaca helm menempel kuat dan tetap mudah untuk dibongkar pasang.

 

Baca juga : Tips Beli Helm Yang Aman Dan Sesuai Kebutuhan

 

Alasan Harus Mudah Dilepas

filipe massa cedera akibat kaca helm yang pecah

Seperti yang diketahui, walaupun bahan Polycarbonate cukup lentur, tetapi kemungkinan windshield helm ini pecah atau terbelah cukup mungkin terjadi dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu, agar saat terjadi crash dan mengalami pecah, kepingan visor sebisa mungkin nggak masuk ke interior helm. Visor memang akan terlepas saat crash, tapi kalian nggak perlu khawatir, karena kemungkinan ini hanya akan terjadi jika kalian mengalami crash parah. Kalau cuma jatuh kepleset aja, maka visor akan tetap aman nempel di ratchet dan akan tetap melindungi dari kemungkinan masuknya kerikil ke dalam helm.

Youtube Belipart