Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
modifikasi ban cacing
modifikasi ban cacing
ModifikasiProduct Knowledge

Ban Cacing Bikin Rugi atau Untung? Yuk Intip Kelebihan Kekurangannya

Ban cacing yang sempat booming di tahun 2000an ini nyatanya masih beredar hingga sekarang. Mister Bipi penasaran, apa sih kelebihan dan kerugian pake ban ini? Terlebih lagi, sekarang ini banyak anak muda yang sudah salah kaprah terhadap penggunaan ban ini. Tapi sebelum itu, yuk kita kenalan dulu sama ban satu ini

Karakteristik Ban Cacing

Ban ini sebenarnya masuk ke dalam jenis ban yang dimodifikasi. Ban ini punya ukuran yang lebih kecil dari biasanya yaitu 50/90 dan 60/80. Meski sebenarnya tiap brand punya ukuran yang beda-beda. Bentuknya juga lebih tipis dibandingkan dengan ban standar lain. Ban cacing ada yang berjenis tubeless dan juga tube type.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan:

– Dipercaya membuat tarikan gas menjadi lebih enteng
– Motor menjadi lebih cepat dan gesit
– Menambah panjang umur gear dan rantai

Kekurangan:

– Bentuknya yang kecil dan tipis, membuat ban lebih cepat aus dan tidak bisa meredam benturan saat berada dijalan bergelombang
– Motor akan mudah tergelincir dan slip pun tidak terhindarkan
– Motor menjadi kurang stabil
– Velg Mudah Penyok

Kelebihan kekurangan ban cacing
Kelebihan kekurangan ban cacing

Larangan Penggunaan Ban Cacing untuk Harian

Sudah jelas ya Sob, pada dasarnya penggunaan ban ini bukan digunakan untuk harian. Akan tetapi, ban khusus untuk balapan (drag-race) maupun kontes modifikasi. Sehingga, berdasar peraturan yang berlaku bagi bikers yang nekat, ancamannya adalah kurungan paling lama 1 bulan dan denda maksimal Rp 250 ribu.

Jadi, ngga usah jadi bikers yang neko-neko ya Sob. Pake ban yang normal-normal aja biar tetap selamat saat berkendara dan ngga ngeganggu sesama pengguna jalan lainnya. Terakhir, tang paling penting juga untuk keselamatan yaitu jangan sampai ketipu beli ban palsu ya Sob!

Youtube Belipart